Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Jika Jawa Timur banyak menyimpan peninggalan bersejarah, Jawa Tengah menyimpan banyak cerita sejarah. Tetapi keduanya tidak jauh berbeda karena sama-sama merupakan daerah cincin api. Jawa Tengah memiliki 35 gunung di atas ketinggian 1.000 mdpl dan 300 gunung (perbukitan) dengan ketinggian dibawah 1.000 mdpl. Dari sekian banyak gunung tersebut, selain bisa di daki, ada juga yang menjadi primadona yang populer di kalangan wisatawan.

Dengan banyaknya gunung dengan ketinggian 3.000 mdpl, Jawa Tengah menjadi tempat yang ramah pendaki, khususnya bagi pendaki pemula maupun wisatawan yang hanya sekedar ingin ngadem. Baik gunung berapi maupun gunung yang berstatus istirahat, keduanya menyajikan panorama alam yang indah dan menggoda, dengan trek yang tentu tidak bisa dilupakan.

Berikut 10 gunung tertinggi di Jawa Tengah :

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet berada di lima kabupaten yaitu Brebes, banyumas, Pubalingga, Tegal dan Pemalang. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl dan merupakan gunung berapi yang masih aktif.
gunung slamet
Gunung Slamet
Puncak Gunung Slamet terhampar luas dengan kawah aktif lebar yang bisa dilihat dengan jelas. Jika cuaca cerah, penorama lautan awan Gunung Slamet bisa dibilang very stunning and awesome!. Konon, ada mitos yang menyatakan bahwa meletusnya Gunung Slamet akan membelah Pulau Jawa. Thinking....

2. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing berada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Dengan tinggi 3.371 mdpl, bisa dibilang trek pendakian Gunung Sumbing cukup berat dan menantang karena sepanjang pendakian jarang ditemui trek yang landai. Gunung ini memiliki kawah aktif yang bisa disaksikan langsung dari puncak maupun turun ke kawah. Gunung Sumbing memiliki tiga puncak utama yaitu Puncak Kawah, Puncak Buntu dan Puncak Rajawali sebagai puncak tertinggi. 
gunung sumbing
Gunung Sumbing

3. Gunung Lawu

Gunung Lawu berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung berketinggian 3.265 mdpl ini sangat populer di kalangan pendaki maupun peziarah karena terdapat petilasan Prabu Brawijaya di puncaknya. Selain itu, kehadiran warung yang diklaim tertinggi di Indonesia berlabel Mbok Yem ini, sangat menguntungkan bagi siapapun yang melakukan pendakian ke Gunung Lawu.
Gunung Lawu
Gunung Lawu
Gunung Lawu memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah dan Hargo Dumiling. Selain terdapat petilasan, masih tampak sisa-sisa bangunan bersejarah yang dinamakan Pasar Dieng. Mendaki Gunung Lawu tidak perlu membawa banyak logistik jika ada Mbok Yem yang selalu ada. Kapan lagi makan nasi pecel di atas awan.

4. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu berada di Kabupaten Magelang, Boyolali, Semarang dan Kota Salatiga. Gunung berketinggian 3.142 ini merupakan gunung favorit pendaki setelah Gunung Lawu karena menyajikan trek yang cukup ringan dengan pemandangan savana yang indah. Gunung api bertipe strato ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo sebagai puncak tertinggi.
Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

5. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro berada di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung api aktif bertipe strato ini memiliki ketinggian 3.136 mdpl dan bersebelahan dengan Gunung Sumbing. Kedua gunung tersebut dipisahkan oleh jalan raya lintas kota. Gunung Sindoro memiliki dua kawah kembar di puncaknya yang mengepulkan asap belerang. Pendakian tiga gunung gagah berawalan S di Jawa Tengah ini dikenal di kalangan pendaki sebagai 3S.
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro

6. Gunung Merapi

Gunung Merapi bersebelahan dengan Gunung Merbabu.  Gunung berapi paling aktif di Indonesia ini pernah menjadi judul film masa lalu yaitu "Misteri Gunung Merapi". Gunung yang dulunya dikenal dengan adanya Mak Lampir ini memiliki siklus letusan 4 tahun sekali. Letusannya pada tahun 2010 telah mengubah bentuk Puncak Garuda menjadi Puncak Limas.
Gunung Merapi
Gunung Merapi
Kini, pendakian hanya sampai pasar bubrah sebagai pos terakhir. Pendakian ke puncak Gunung Merapi tidak diperkenankan, didukung adanya cctv yang dipasang di puncak. Jika pendaki tetap ngeyel atau melakukan pelanggaran, tentu ada resiko yang harus diterima. So, keep safety and conquer your self, your egoism.

7. Gunung Prau

Ingin mencari view yang sangat mempesona di Jawa Tengah?, Gunung Prau tempatnya. Gunung Prau berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan menjadi batas antara tiga kabupaten yaitu Batang, Kendal dan Wonosobo. Berada di area wisata populer dengan trek yang ringan serta pemandangan yang sangat mempesona membuat Gunung Prau selalu kebanjiran wisatawan setiap minggunya.
Gunung Prau
Gunung Prau
Gunung Prau memiliki momen istimewa yaitu the golden sunrise dimana matahari pagi yang muncul akan menampakkan kegagahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang di atas awan membentuk gugusan panorama yang sangat mengagumkan. 

8. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan berada di Kabupaten Banjarnegara dan Pekalongan. Gunung berketinggian 2.117 mdpl mungkin satu-satunya gunung di daftar 10 gunung tertinggi di Jawa Tengah yang kurang populer dan jalur pendakiannya belum dibuka, meski ada jalur pendakiannya. Jalur pendakian Gunung Rogojembangan masih sangat rapat karena jarang dilalui pendaki. Sehingga, menyewa jasa guide dari masyarakat sekitar bisa menjadi solusi terbaik untuk pendakiannya. 
Gunung Rogojembangan
Gunung Rogojembangan

9. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran berada di Kabupaten Semarang. Sebagian besar wisatawan mengenal Gunung Ungaran dengan berbagai wisata sejuk khas pegunungan. Tetapi bagi pendaki, gunung berketinggian 2.050 mdpl yang memiliki view indah di lerengnya ini tetap menjadi tujuan. 
Gunung Ungaran
Gunung Ungaran
Terdapat kebuh teh luas di Gunung Ungaran yang menarik minat wisatawan, selain untuk mendaki gunung. Meski ringan di awal, Gunung Ungaran memiliki trek yang cukup terjal setelah perkebunan teh. Jadi, jangan senang dulu !. Meski begitu, panorama di lereng nya bias dibilang cukup menggoda.

10. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo berada di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Gunung api bertipe strato ini memiliki keunikan dengan adanya landasan paralayang yang disebut-sebut tertinggi di Indonesia. Gunung berketinggian 1.894 mdpl ini memiliki pemandangan hamparan beberapa gunung indah yang sayang untuk diabaikan begitu saja. 
Gunung Telomoyo
Gunung Telomoyo
Berbeda dengan yang lain, untuk ke puncak tidak perlu susah payah dengan mendaki. Sudah ada akses jalan aspal yang dibangun hingga sampai ke puncak. 

Itu adalah 10 gunung tertinggi di Jawa Timur yang tentu memiliki panorama alam berbeda tetapi tetap menggoda. Selain pendaki, wisatawan juga tak segan menyisir Gunung Prau yang dikelilingi banyak puncak dengan pemandangan menawan. Gunung-gunung dengan karakter yang berbeda pasti membuat siapapun ingin berlalu lalang naik turun mengejar puncak dan pesonanya. So, where to go?

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah"

Post a Comment