Pendakian Gunung Slamet 3.428 mdpl via Bambangan

Pendakian Gunung Slamet via Bambangan. Gunung Slamet merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang masuk dalam jajaran cincin api. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi ke-2 di Jawa setelah Gunung Semeru, serta merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Adanya berbagai Mitos dan Misteri di Gunung Slamet, gunung ini dikenal angker di masyarakat maupun kalangan pendaki. Meski begitu, pemandangan indah dan  trek yang menantang tidak menyurutkan pendaki untuk menginjakkan kaki di tanah tertinggi Jawa Tengah tersebut.
gunung slamet
Gunung Slamet
Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Dengan begitu, ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mendaki Gunung Slamet. 


Beberapa jalur pendakian Gunung Slamet :
  1. Jalur pendakian via Bambangan  - Purbalingga
  2. Jalur pendakian via Baturraden - Purwokerto
  3. Jalur pendakian via Guci - Tegal
  4. Jalur pendakian via Kaliwadas - Brebes
  5. Jalur pendakian via Kaligua - Bumiayu
  6. Jalur pendakian via Dukuhliwung - Tegal
Pendakian Gunung Slamet via Bambangan merupakan jalur yang paling sering didaki karena merupakan rute terpendek. Rute menuju ke basecamp, dari Purwokerto naik bus ke tujuan Purbalingga atau Pemalang dan turun di pertigaan Serayu. Perjalanan disambung dengan mobil bak angkutan pedesaan menuju desa Bambangan, desa terakhir di kaki gunung Slamet. 

Basecamp - Pos 1

Dari basecamp, pendakian gunung Slamet dimulai dengan jalan aspal hingga ke gerbang pendakian yang tidak terpaut jauh dari basecamp. Pendakian awal dimulai dengan menyusuri perkebunan penduduk di jalan setapak. Terus ikuti jalan setapak, jika ada pertigaan belok kiri. Patokan menuju ke pos 1 adalah adanya lapangan yang lumayan luas. Setelah melewati lapangan, jalur mulai menanjak hingga sampai di pos 1 - Pondok Gemirung (Gardu Pandang).
pos 1
Pos 1 - Pondok Gemirung

Pos 1 - Pos 2

Pos 1 - Pondok Gemirung, berada di ketinggian 1.935 mdpl. Berupa shelter yang luas dan cocok untuk beristirahat maupun nongkrong sejenak sebelum melanjutkan perjalanan selanjutnya. Pendakian gunung Slamet dari pos 1 ke pos 2 sudah mulai masuk ke area hutan dengan jalur yang tertutup pepohonan rapat. Jalur berupa tanah padat dan terus menanjak dan sedikit ditemui area dataran hingga sampai di pos 2 - Walang.
pos 2
Pos 2 - Walang

Pos 2 - Pos 3

Pos 2 - Walang, berada di ketinggian 2.220 mdpl. Berupa tanah datar yang cukup luas untuk beristirahat dari lelahnya tanjakan selepas di pos 1. Area ini cukup teduh dengan dipayungi pepohonan besar yang akarnya bisa digunakan untuk duduk maupun bersandar melepas lelah. Selepas dari Pos 2, perjalanan menuju ke pos 3 sedikit lebih ringan namun tetap menanjak di tengah lebatnya hutan dan semak-semak hingga ke pos 3 - Cemara.
pos 3
Pos 3 - Cemara

Pos 3 - Pos 4

Pos 3 - Cemara, berada di ketinggian 2.465 mdpl. Berupa tanah datar yang lebih kecil dibanding dengan pos 2. Menuju ke pos selanjutnya, trek masih didominasi vegetasi hutan di kanan kiri dengan trek yang tetap menanjak hingga ke pos 4 - Samarantu.
pos 4 samarantu
Pos 4 - Samarantu

Pos 4 - Pos 5

Pos 4 - Samarantu, berada di ketinggian 2.635 mdpl. Berupa area datar yang tidak terlalu luas. Selepas pos 4, jalur tetap menanjak dan ketika mendekati pos 5, vegetasi mulai terbuka, Jarak antara pos 4 dan pos 5 tidak terlalu jauh.
Baca : 

Pos 5 - Pos 6

Pos 5 - Pondok mata air, berada di ketinggian 2.775 mdpl. Pos 5 merupakan salah satu tempat favorit pendaki untuk bermalam. Di pos ini terdapat sumber air musiman yang ada saat musim hujan. Terdapat shelter yang bisa digunakan untuk bermalam bagi pendaki, selain itu tanah lapang juga ada di beberapa bagian di sekitar shelter. Menuju ke pos 6 tidak terlalu jauh dengan vegetasi yang mulai berkurang.
pos 6
Pos 6 - Samyang Rangkah

Pos 6 - Pos 7

Pos 6 - Samyang Rangkah, berupa tanah datar sempit yang ada di jalur pendakian. Dari pos 6 ke pos 7 trek mulai terbuka dan pemandangan di sekitar mulai tampak. Sebelum pos 7 ada sebuah dataran yang bisa untuk mendirikan tenda. Setelah itu tinggal melewati satu tanjakan sempit dan akan tiba di pos 7.
pos 7
Pos 7 - Samyang Jampang

Pos 7 - Plawangan

Pos 7 - Samyang Jampang, berada di ketinggian 2.990 mdpl. Merupakan tempat favorit untuk camp sebelum summit ke puncak gunung Slamet, karena lokasinya yang pas sekaligus terdapat shelter untuk bermalam dan juga beberapa tempat datar untuk mendirikan tenda. Dari pos 7, deretan Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu akan tampak jika tidak tertutup kabut.
Menuju ke Plawangan, jalur akan terus menanjak dan terbuka karena sudah keluar hutan hingga sampai di batas vegetasi.

Plawangan - Puncak Gunung Slamet

Selepas dari batas vegetasi, lintasan menuju puncak gunung Slamet semakin menarik dan menantang. Layaknya pendakian ke trek pasir Gunung Semeru, jalur pendakian yang dilalui cukup terjal yang terdiri dari bebatuan dan kerikil yang labil. Selain itu batu yang dipijak juga rawan jatuh dan longsor di sepanjang jalur pendakian. Tidak ada pohon untuk menjadi pegangan jadi pendakian menuju ke puncak Slamet harus berhati-hati.
trek pendakian gunung slamet
Trek Menuju Puncak Slamet
Puncak Slamet dengan ketinggian 3.428 mdpl sering disebut dengan Puncak Surono, dari sini pendaki dapat melihat kaldera luas yang disebut dengan Segoro Wedi. Selain itu, pemandangan lautan awan yang luas juga sangat indah untuk menikmati matahari terbit di ufuk timur. Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Prau nampak kecil di tengah lautan awan, selain itu di sisi lain juga tampak berdiri kokoh Gunung Ciremai.
puncak gunung slamet
Puncak Gunung Slamet
Untuk menuju Segoro Wedi, harus turun menyusuri daerah berpasir menuju kawah. Dari bibir kawah akan tampak lubang kawah besar yang menyembulkan gas belerang. Bila ingin turun melalui jalur Guci, pendaki harus melewati kompleks kawah untuk memilih jalur yang diinginkan.
Kawah Gunung Slamet

Tips Pendakian Gunung Slamet via Bambangan : 
  1. Tidak ada sumber air di sepanjang jalur pendakian, jadi pertimbangkan logistik terutama air.
  2. Pos yang strategis untuk untuk camp adalah di Pos 5 dan Pos 7 yang terdapat shelter dengan area yang tidak terlalu terbuka.
  3. Matikan alat elektronik dengan sinyal ketika cuaca buruk (petir).
  4. Saat musim kemarau, sebaiknya tidak membuat api unggun kecuali kondisi darurat, karena hutan rawan terbakar. Gunakan Teknik Membuat Api Unggun yang Aman.
  5. Berhati-hatilah ketika summit di trek berpasir. Waspadai adanya batu yang bisa jatuh.
  6. Bawalah masker ketika mendekati kawah untuk meminimalisir bau belerang.
  7. Sebaiknya tidak turun ke area kawah aktif.
Cheers...
 
Itinerary Pendakian Gunung Slamet :
Basecamp - pos 1 : 1 jam
Pos 1 - Pos 2 : 1 jam 30 menit
Pos 2 - Pos 3 : 1 jam
Pos 3 - Pos 4 : 40 menit
Pos 4 - Pos 5 : 50 menit
Pos 5 - Pos 6 : 20 menit
Pos 6 - Pos 7 : 30 menit
Pos 7 - Plawangan : 45 menit
Plawangan - Puncak : 1 jam 15 menit
Puncak - Kawah : 20 menit

Share :

Facebook Twitter Google+

33 Responses to "Pendakian Gunung Slamet 3.428 mdpl via Bambangan"

  1. saya juga abis lebaran tgl 10 muncak.. k slamet

    ReplyDelete
  2. tanggal 24-25 muncak yu k slamet 081327432768

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Kurang tau skrng. Mungkin 10 ribuan gan,,

      Delete
  4. Tgl 8-11 mau ke slamet, YG mau join wa aje 085693127010
    Jabodetabek only

    ReplyDelete
    Replies
    1. misi gann, numpang info, butuh anggota buat tgl 4 sy berangkat dari bandung (kiaracondong) mulai muncak di tgl 5, sms aja 0852 4724 3457, ketemu di bambangan jg yes.

      Delete
  5. Saya mau muncak tgl 22 ada yg mau bareng via bambangan
    085659882627

    ReplyDelete
  6. Saya mau muncak tanggal 24 via bambangan. Ayo joint jabodatabekar

    ReplyDelete
  7. InsyaAllah nanti 15/16 Sept Via Bambangan

    ReplyDelete
  8. yuukkk yg mau muncak tanggal 10 september Via Brambangan; 598a3876

    ReplyDelete
    Replies
    1. start dari mana mas?
      aku rncana tgl 10 juga dr semarang

      Delete
  9. Rencana tanggal 15-18 september mau ke slamet. Berdoa doang star jakarta siapa tau ada barengan

    ReplyDelete
  10. rencana mau k slamet dr jakarta tgl 1 oktober, mintak kontak basecamp dong min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni coba..
      Jalur Bambangan : 085726000335 (P.Sugeng); 085726666912 / 085725107774 (Mas Didin)
      Jalur Guci : 085643755398 (Mas Uceng)
      Jalur Kaliwadas / Kali Gua : 085742035447 (Aji Satriani)
      Jalur Prabasari : Basecamp 08562927831

      Delete
  11. Tanggal 18 sept jalan dari jakarta, yang mau join bilang aja

    ReplyDelete
  12. Makasih Informasinya, @Cee PriscaFelic Kalo boleh tau dari terminal purwokerto ke pertigaan serayu berapa lama ya ? trus dri pertigaan serayu ke Base camp berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga lama,, paling dari purwokerto sampe bc sekitar 2-3 jam,,

      Delete
  13. maaf mas/mba saya dari bandung tar bulan desember ke slamet tapi kereta menuju purwokerto udah abis dan kemungkinan pake kereta yg menuju kroya karena ada yg mengusulkan pake kereta menuju kroya aja. nah dari kroya kira2 pake kendaraan apa ya? kalo ada yg punya kontak mobil pick up yg bisa disewa mohon infonya hehe. mohon bantuannya,terimakasih. salam rimba

    ReplyDelete
  14. INSYA ALLAH tanggal 18 November kami dari stasiun senen menuju stasiun purwokerto langsung nanjak ke gunung slamet ,, Bismillah semoga lancar dari berangkat sampe pulangnya..yang mau bareng yuk monggo watsap kemari 085778068320

    ReplyDelete
  15. waa .. pengen 'nostalgia' ke sana lagi.. sekalian sama merbabu ..

    ReplyDelete
  16. ane baru aja turun dr slamet
    mantap gan treknya,gak ada bonusnya

    ReplyDelete
  17. jalur bambangan memang jadi favorit, saya yang deket situ belum pernah kesana, jangan lupa persiapan yang matang situasi yang tepat , pulang pergi ngga ada masalah, jangan lupa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing.

    ReplyDelete
  18. Ada yang tau bulan ini selamet buka apa engga ya? Via bambangan

    ReplyDelete
  19. numpang promosi klo mau ke bambangan dari stasiun purwokerto ada mobil dengan tarif 250-300rb terngantung nego. bisa juga ke dieng. tlpn/wa 0815-4264-4446

    ReplyDelete