Blog Tentang Catatan Perjalanan, Informasi Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pendakian Gunung Sindoro 3.136 mdpl via Kledung

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Gunung Sindoro, biasa disebut Sindara atau Sundoro merupakan gunung volcano aktif berbentuk kerucut dengan tipe Strato. Selain memiliki kawah aktif pada puncaknya, Gunung berketinggian 3.136 mdpl ini memiliki ladang edelweis yang cukup memanjakan mata para pendaki. Gunung Sindoro berdampingan dengan Gunung Sumbing yang dipisahkan oleh jalan raya lintas kota, sehingga tidak dibutuhkan jarak yang jauh untuk mendaki kedua gunung tersebut.
gunung sindoro
Gunung Sindoro

Gunung Sindoro masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Sindoro terletak di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. 


Ada beberapa jalur untuk pendakian Gunung Sindoro, yaitu : 
  1. Jalur pendakian via Kledung 
  2. Jalur pendakian via Sigedang - Tambi 
  3. Jalur pendakian via Sibajak - Temanggung 
  4. Jalur pendakian via Jlumprit - Dusun Katekan 
Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung adalah jalur yang umum digunakan karena akses yang mudah. Rute untuk mencapai Desa Kledung, bisa diakses dari Semarang dengan bus jurusan Wonosobo. Perjalanan sekitar 3 jam untuk mencapai basecamp pendakian Gunung Sumbing yang terletak tepat di seberang jalan raya. 

Basecamp berupa aula luas yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sebelum atau sesudah pendakian. Ada beberapa penjual makanan, tukang ojek dan toko di sekitar basecamp. Kamar mandi juga tersedia di dekat area parkir yang ada di depan aula.

Basecamp - Pos 1

Jalur pendakian Gunung Sindoro menuju ke pos 1, akan melewati ladang penduduk. Jika berjalan kaki akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan jalan makadam yang rapi. Setelah melewati batas ladang penduduk dengan hutan akan sampai di Watu Gede.
jalur pendakian gunung sindoro via kledung
Melewati Ladang Penduduk

Pos 1 berada di ketinggian 1.900 mdpl dan terdapat sebuah shelter. Pos 1 bisa disebut juga sebagai pintu masuk hutan. Siapkan tenaga dengan baik sebelum melanjutkan pendakian.


Pos 1 - Pos 2

Jalur pendakian Gunung Sindoro dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan rute jalan landai berupa tanah padat yang cenderung landai, menembus jalan setapak di tengah hutan. Pos 2 berada di ketinggian 2.120 mdpl. Berupa area landai yang cukup luas dengan sebuah shelter. 

Pos 2 - Pos 3

Bisa dibilang pendakian Gunung Sindoro via Kledung ini dimulai dari pos 2, karena trek yang lebih terjal ada di depan mata. Jalur pendakian dari Pos 2 ke Pos 3 berupa trek menanjak berupa tanah padat bercampur bebatuan.

Jarak antara Pos 2 dan Pos 3 lumayan jauh dan dengan trek menanjak berbatu, pastinya sangat menguras tenaga, tapi ada beberapa area datar yang bisa digunakan untuk beristirahat. Mendekati pos 3 pendakian Gunung Sindoro, jalur semakin menanjak dengan trek full bebatuan besar.
jalur pendakian gunung Sindoro
Jalur Pos 1-Pos 2 vs Jalur Pos 2-Pos 3

Pos 3 berada di ketinggian 2.530 mdpl. Disini adalah tempat paling strategis, luas dan menjadi favorit para pendaki untuk mendirikan tenda, meski kadang ada gangguan babi hutan. Untuk tempat alternatif camp lain bisa naik lagi hingga ke hutan lamtoro. Kadang ada tenda-tenda yang dibangun di sisi sepanjang jalur pendakian ke hutan lamtoro. 

Baca Juga :

Pos 3 - Pos 4

Dari Pos 3 menuju ke puncak Gunung Sindoro jalannya masih akan tetap berupa trek menanjak dan berbatu. Setelah melewati hutan lamtoro yang cukup panjang akan tiba di pos 4.

Pos 4 - Batu Tatah merupakan area luas terbuka yang terjal. Pemandangan di pos 4 Gunung Sindoro sangat indah terlebih ketika sunrise. You must stop here to see the sunrise and enjoy the mist. Gunung Sumbing yang bersebelahan tampak berdiri dengan gagah menemani sinar mentari yang muncul perlahan. 

Pos 4 - Puncak

Selepas Watu Tatah, trek tetap terbuka dan terus menanjak hingga tiba di dataran landai Padang Edelweis. Padang edelweis berupa rerumputan tinggi, cantigi dan pepohonan edelweis yang tumbuh terhampar dengan subur. Padang edelweis akan menjadi pemandangan indah yang menyambut sebelum sampai di puncak.


padang edelweis gunung sindoro
Padang Edelweis
Puncak Gunung Sindoro berupa dataran landai di bibir kawah. Disebelah timurnya terdapat dua kawah kembar seluas 210 x 150 meter dan dibatasi dinding kawah yang mengitarinya. 

Berjalan memutari bibir kawah Gunung Sindoro juga menarik, tapi tetap perhatikan arah gas belerang. Gunung Sumbing yang meruncing tetap menjadi pemandangan utama ketika sampai di Puncak Gunung Sindoro.

puncak gunung sindoro
Kawah Gunung Sindoro
puncak gunung sindoro
Puncak (Dinding Kawah) Gunung Sindoro


Tips Pendakian Gunung Sindoro via Kledung : 

  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  2. Untuk menghemat tenaga dan waktu, lebih efisien menggunakan jasa ojek hingga ke Pos 1. 
  3. Persiapkan logistik dengan baik terutama air, karena tidak ada sumber air. 
  4. Waspadai kemunculan babi hutan di area Pos 3. Pakailah beberapa Tips Mencegah Gangguan Babi Hutan di Alam Bebas.
  5. Tempat camp strategis ada di Pos 3. Jika tempat camp penuh, bisa camp di hutan lamtoro atau di tempat landai di sisi jalur pendakian ke Pos 4, itu juga kalau masih belum penuh. 
  6. Pakailah masker di Puncak Gunung Sindoro untuk menahan bau belerang dari kawah aktif.
jalur pendakian gunung sindoro via kledung
Cheers... 

Itinerary pendakian Gunung Sindoro via Kledung:
Basecamp – Pos 1 : 1 jam
Pos 1 – Pos 2 : 1,5 jam
Pos 2 – Pos 3 : 2 jam
Pos 3 – Pos 4 : 2 jam
Pos 4 – Puncak : 2 jam

Baca Juga :
3 Tips Backpacking Untuk Pemula
Sejarah Letusan Tambora, "Pompeii Dari Timur"
Pendakian Gunung Arjuno 3.339 mdpl via Lawang