Pendakian Gunung Sindoro 3.136 mdpl via Kledung

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Gunung Sindoro, biasa disebut Sindara atau Sundoro merupakan gunung volcano aktif berbentuk kerucut dengan tipe Strato. Selain memiliki kawah aktif pada puncaknya, Gunung berketinggian 3.136 mdpl ini memiliki ladang edelweis yang cukup memanjakan mata para pendaki. Gunung Sindoro berdampingan dengan Gunung Sumbing yang dipisahkan oleh jalan raya lintas kota, sehingga tidak dibutuhkan jarak yang jauh untuk mendaki kedua gunung tersebut.
gunung sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro terletak di batas Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Ada beberapa jalur untuk pendakian yaitu :
  1. Jalur pendakian via Kledung
  2. Jalur pendakian via Sigedang - Tambi
  3. Jalur pendakian via Sibajak - Temanggung
  4. Jalur pendakian via Jlumprit - Dusun Katekan
Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung adalah jalur yang umum digunakan karena akses yang mudah. Rute untuk mencapai Desa Kledung, bisa diakses dari Semarang dengan bus jurusan Wonosobo. Perjalanan sekitar 3 jam untuk mencapai basecamp pendakian Gunung Sumbing yang terletak tepat di seberang jalan raya. 

Basecamp berupa aula luas yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sebelum atau sesudah pendakian. Ada beberapa penjual makanan, tukang ojek dan toko di sekitar basecamp. Kamar mandi juga tersedia di dekat area parkir yang ada di depan aula.

Basecamp - Pos 1

Jalur pendakian Gunung Sindoro menuju ke pos 1, akan melewati ladang penduduk. Jika berjalan kaki akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam dengan jalan makadam yang rapi. Setelah melewati batas ladang penduduk dengan hutan akan sampai di Watu Gede. 
jalur pendakian gunung sindoro via kledung
Melewati Ladang Penduduk
Pos 1 berada di ketinggian 1.900 mdpl dan terdapat sebuah shelter. Pos 1 bisa disebut juga sebagai pintu masuk hutan. Siapkan tenaga dengan baik sebelum melanjutkan pendakian.


Pos 1 - Pos 2

Jalur pendakian Gunung Sindoro dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan rute jalan landai berupa tanah padat yang cenderung landai, menembus jalan setapak di tengah hutan. Pos 2 berada di ketinggian 2.120 mdpl. Berupa area landai yang cukup luas dengan sebuah shelter


Pos 2 - Pos 3

Bisa dibilang pendakian Gunung Sindoro via Kledung ini dimulai dari pos 2, karena trek yang lebih terjal ada di depan mata. Jalur pendakian dari Pos 2 ke Pos 3 berupa trek menanjak berupa tanah padat bercampur bebatuan. Jarak antara Pos 2 dan Pos 3 lumayan jauh dan dengan trek menanjak berbatu, pastinya sangat menguras tenaga, tapi ada beberapa area datar yang bisa digunakan untuk beristirahat. Mendekati pos 3 pendakian Gunung Sindoro, jalur semakin menanjak dengan trek full bebatuan besar.
jalur pendakian gunung Sindoro
Jalur Pos 1-Pos 2 vs Jalur Pos 2-Pos 3
Posberada di ketinggian 2.530 mdpl. Disini adalah tempat paling strategis, luas dan menjadi favorit para pendaki untuk mendirikan tenda, meski kadang ada gangguan babi hutan. Untuk tempat alternatif camp lain bisa naik lagi hingga ke hutan lamtoro. Kadang ada tenda-tenda yang dibangun di sisi sepanjang jalur pendakian ke hutan lamtoro. 

Baca Juga : 

Pos 3 - Pos 4


Dari Pos 3 menuju ke puncak Gunung Sindoro jalannya masih akan tetap berupa trek menanjak dan  berbatu. Setelah melewati hutan lamtoro yang cukup panjang akan tiba di pos 4.
Pos 4 - Batu Tatah merupakan area luas terbuka yang terjal. Pemandangan di pos 4 Gunung Sindoro sangat indah terlebih ketika sunrise. You must stop here to see the sunrise and enjoy the mist. Gunung Sumbing yang bersebelahan tampak berdiri dengan gagah menemani sinar mentari yang muncul perlahan. 
 

Pos 4 - Puncak

Selepas Watu Tatah, trek tetap terbuka dan terus menanjak hingga tiba di dataran landai Padang Edelweis. Padang edelweis berupa rerumputan tinggi, cantigi dan pepohonan edelweis yang tumbuh terhampar dengan subur.  Padang edelweis akan menjadi pemandangan indah yang menyambut sebelum sampai di puncak.
padang edelweis gunung sindoro
Padang Edelweis
Puncak Gunung Sindoro berupa dataran landai di bibir kawah. Disebelah timurnya terdapat dua kawah kembar seluas 210 x 150 meter dan dibatasi dinding kawah yang mengitarinya. Berjalan memutari bibir kawah Gunung Sindoro juga menarik, tapi tetap perhatikan arah gas belerangGunung Sumbing yang meruncing tetap menjadi pemandangan utama ketika sampai di Puncak Gunung Sindoro.
puncak gunung sindoro
Kawah Gunung Sindoro
puncak gunung sindoro
Puncak (Dinding Kawah) Gunung Sindoro

Tips Pendakian Gunung Sindoro via Kledung :
  1. Untuk menghemat tenaga dan waktu, lebih efisien menggunakan jasa ojek hingga ke Pos 1.
  2. Persiapkan logistik dengan baik terutama air, karena tidak ada sumber air. 
  3. Waspadai kemunculan babi hutan di area Pos 3. Pakailah beberapa Tips Mencegah Gangguan Babi Hutan di Alam Bebas.
  4. Tempat camp strategis ada di Pos 3. Jika tempat camp penuh, bisa camp di hutan lamtoro atau di tempat landai di sisi jalur pendakian ke Pos 4, itu juga kalau masih belum penuh.
  5. Pakailah masker di Puncak Gunung Sindoro untuk menahan bau belerang dari kawah aktif. 
jalur pendakian gunung sindoro via kledung
Cheers... 
Tim "Unyeng-Unyeng" di Pos 2

Itinerary pendakian Gunung Sindoro via Kledung:

Basecamp – Pos 1 : 1 jam
Pos 1 – Pos 2 : 1,5 jam
Pos 2 – Pos 3 : 2 jam
Pos 3 – Pos 4 : 2 jam
Pos 4 – Puncak : 2 jam

Baca Juga : 
3 Tips Backpacking Untuk Pemula
Sejarah Letusan Tambora, "Pompeii Dari Timur"

Pendakian Gunung Arjuno 3.339 mdpl via Lawang

Share :

Facebook Twitter Google+

40 Responses to "Pendakian Gunung Sindoro 3.136 mdpl via Kledung"

  1. Kalo ke pos 1pake motor ada parkirnya ngga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma ada tempat yang buat mangkalnya ojek bang, kalau parkir pendaki ya tetep di bc

      Delete
  2. informasi kalo untuk air terakhir kita bisa ambil dmana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada sumber air di jalur pendakian, jadi air trkhir ya beli dulu dibawah,,

      Delete
  3. lebaran pendakian buka gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya buka.. hubungi langsung ke bc nya saja.

      Delete
  4. Kalo ngecamp di pos 4 tidak bisa ya gan? atau memang disarankan untuk camp di pos 3 saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi masih enak pos 3 gan, luas dan datar,,

      Delete
  5. Replies
    1. Sya cewek gan. Turun cepat, total sekitar 3-4 jam'an

      Delete
  6. Saya pernah berdiri di puncak sana kang..

    ReplyDelete
  7. Mau tanya, kalau mau naek tapi cuma 2 orang apakah bisa? bulan januari 2017 kira kira dibuka ga ya? Mohon infonya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. G msalah gan,cm kalau kepastian buka/tutup jalur pendakian bs mnghubungi bc langsung..

      Delete
  8. saya tgl 2 jan ke sindoro min
    naik sindoro tik-tok memungkinkan ga min ?
    kalo memang bisa dari bc brngkat jam berapa ? sampek bc jam berapa ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memungkinkan trgantung fisik. Kalau mau tektok bisa brangkat malam dgan itenerary waktu skitar 9 jam gan.

      Delete
  9. Tgl 28 januari ini rencana kami mau ke sindoro,lokasi ideal buat ngecamp di pos berapa ya min?

    ReplyDelete
  10. rencana tgl 26 feb mau mendaki, kalau mendaki gunung sindoro tapin sendirian gmana ya gan?diijinkan gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ga masalah, yg pnting tau jalur n safety.

      Delete
    2. Bukannya pendakian minimal 3 orang yahhh

      Delete
    3. Klo praturn yg baru kurng tw jg gan,, tp klo d gunung mski sndiri paling2 ttp bnyak barengan. gnung kn jarang sepi 😁

      Delete
  11. waah sindoro buatku ada cerita tersendiri kak. ini gunung yang pertama saya taklukan. perjuangannya luar biasa pokoknya

    ReplyDelete
  12. Min kalo dari jkt ke sindoro enakan naik jalur mana biar bisa ngehemat waktu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat jalur yang paling rame aja gan, via Kledung, biar transport jg kagak susah,,

      Delete
  13. min, ada tanggal2 tertentu untuk pendakian gak ya? terus kalau mau mendaki sendiri, kira2 bisa bergabung dengan kelompok lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada,bs kpan aja. Bs lah gabung sm yg lain pastinya.

      Delete
  14. Sekiranya kalo bermalam di puncak bisa gk yah mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Camp dmn aj Bisa tp lbih baik camp d tmpt yg nymn n safety.

      Delete
  15. Ada yg bilang Pos 3 rawan babi dan maling. Lebih aman di sunrise camp sekitar 30 menit dr Pos 3. Bener gak? Tapi ada juga yang bilang udah ada Pak Kuat yang menjaga Pos 3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau babi di pos 3 prnah tau, maling kagak pernah.. di lokasi camp2an jg aman kx bang. kalau mitos Pak Kuat kurng tau sy,hehehee

      Delete
  16. Min kalo tiket / simaksinya kira2 berapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimin klu dari terminal wonososbo itu pake bis lg apa angkot?

      Delete
  17. Mimin klu dari terminal wonosobo ke bc pake angkutan bus apa angkot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik bus... lngsung brhnti di depan BC itu

      Delete
    2. Bisa minta info kalo naik kereta dari tasik trun dmna..trus naik apa lg biar langsung nympe bc..?

      Delete
  18. Klo mo summit, tenda kudu tetap dibawa atau bisa dititip di pos 3 mbak?

    ReplyDelete