Pendakian Gunung Ungaran 2.050 mdpl via Basecamp Mawar

Pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran (Pos Mawar). Meski sebagian besar wisatawan mengenal Ungaran dengan berbagai wisata sejuk khas pegunungan, bagi para pendaki, Gunung Ungaran tetap menjadi tujuan. Gunung Ungaran adalah gunung berapi stratovulcano dengan ketinggian 2.050 mdpl. Gunung Ungaran yang tidak terlalu tinggi ini sangat cocok bagi pendaki pemula meski medan pendakiannya tidak bisa diremehkan begitu saja. Adanya kebun teh di jalur pendakian juga menarik minat para wisatawan untuk mendaki ke kaki Gunung Ungaran.
gunung ungaran
Gunung Ungaran
Gunung Ungaran masuk di dalam daftra 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah. Gunung Ungaran berada di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ada beberapa jalur pendakian Gunung Ungaran yang bisa dilalui yaitu :
  1. Jalur pendakian via Gedong Songo
  2. Jalur pendakian via Jimbaran
  3. Jalur pendakian via Promasan 
Jalur favorit para pendaki adalah jalur pendakian Gunung Ungaran via Jimbaran atau lebih dikenal dengan jalur basecamp mawar maupun pos mawar. Pendakian via jimbaran tidak memerlukan waktu panjang dengan jalur pendakian yang sudah sangat jelas. No wonder why climbers like this track.

Untuk menuju ke Pos Mawar Gunung Ungaran, bisa menggunakan beberapa rute transportasi :
  1. Dari Semarang langsung menuju ke arah Ungaran. Pos Mawar satu jalur dengan wisata Umbul Sidomukti. Ikuti jalan di gerbang Kawasan Wisata Candi Gedong Songo dan ikuti hingga pasar Jimbaran. Di pasar Jimbaran ada gang bertuliskan Basecamp Mawar dan ikuti jalan tersebut. 
  2. Dari terminal Terboyo cari bus jurusan Bandungan dan turun di Pasar Jimbaran. Dilanjutkan dengan ojek ke Pos Mawar.
  3. Dari arah Magelang, Klaten, Solo, Salatiga dan Jogjakarta bisa melalui Ambarawa, kemudian ambil arah Desa Baran dan lanjut ke atas sampai Pasar Bandungan. Dari Pasar Bandungan ambil arah wisata Umbul Sidomukti untuk mencapai basecamp mawar.
  4. Dari daerah sekitar Temanggung dan Wonosobo bisa lewat arah Sumowono, kemudian ambil arah Bandungan. Dari Bandungan ambil arah wisata Umbul Sidomukti untuk mencapai basecamp mawar.
Basecamp mawar merupakan tempat persinggahan para pendaki sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Ungaran. Selain tempat singgah, tak jarang area pos mawar digunakan untuk camping karena lokasi yang menarik ditambah pemandangan kota Semarang dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi. Adanya beberapa warung yang berjajar di sekitar pos menambah nyaman suasana ngadem di Pos Mawar.


Basecamp Mawar - Pos 1

Sebagai awal pendakian, jalur yang dilalui sudah cukup jelas, melewati jajaran warung sebelum masuk ke kawasan lereng gunung. Trek masih ringan, cukup terbuka dan tidak terlalu menanjak, dikelilingi perdu, semak, rumput dan jarang pepohonan besar. Pemandangan Kabupaten Semarang masih terlihat di sisi kanan jalur pendakian.
pos 1 gunung ungaran
Pos 1
Pos 1, berupa tempat kecil datar dengan penutup seng di sisi kiri jalur pendakian. Pos 1 cocok untuk beristirahat maupun berteduh sejenak sebelum melanjutkan pendakian Gunung Ungaran.


Pos 1 - Pos 2

Beranjak dari Pos 1, jalur pendakian awal masih cenderung sama hingga masuk di hutan lereng gunung. Jalur pendakian Gunung Ungaran via Pos Mawar akan mulai masuk kawasan yang cukup rapat karena jalur memasuki hutan lereng Gunung Ungaran, bisa dibilang jalur pendakiannya adalah memutari gunung. Dengan trek yang datar, teduh dan dingin, pendakian akan tampak menyenangkan.

Adanya aliran air menandakan pendakian ke Pos 2 sudah melewati setengah jalan. Aliran sungai di jalur pendakian adalah sumber air pertama di jalur pendakian Gunung Ungaran via Pos Mawar ini. Setelah melewati aliran air sungai, tanjakan berbatu menanti di depan sebagai sambutan Pos 2 sudah menanti.
pos 2 gunung ungaran
Pos 2
Pos 2, tidak berbeda jauh dengan Pos 1 dengan sebuah shelter beratap seng dengan suasana yang lebih teduh dibandingkan Pos 1. Lokasi di depan shelter cukup luas bisa untuk mendirikan sekitar 2-3 tenda isi 2/3.


Pos 2 - Pos 3

Jalur pendakian dari Pos 2 ke Pos 3 tidak terpaut jauh, dengan medan yang sama, cenderung landai dengan pemandangan pepohonan rimbun yang masih menjadi penyelamat dari sengatan matahari. Medan tanah padat yang berubah menjadi jalur makadam menandakan akan sampai di Pos 3.

Pos 3, dikenal juga dengan Kolam Renang merupakan bak tempat penampungan air yang menyerupai kolam renang. Jangan heran kalau terdapat pondok di lokasi ini karena area ini adalah area Perkebunan Kopi Sikendil.



Pos 3 - Kebun Teh

Jalur pendakian Gunung Ungaran berlanjut dengan medan makadam. Area masih terbuka dengan jalur makadam yang mulai menanjak ringan. Tak jarang ada beberapa motor hilir mudik di sekitar jalur makadam.

Satu-satunya hal menyejukkan di jalur pendakian Gunung Ungaran via Pos Mawar adalah adanya perkebunan teh yang menjadi angin sejuk dalam pendakian yang cukup menguras tenaga. Perkebunan teh Medini terpampang luas dihiasi perbukitan hijau, menjadikan ini pemandangan yang sangat menyegarkan. How the beautiful landscape guys..

perkebunan teh medini
Kebun Teh Medini
Kebun teh merupakan pertemuan pendakian Gunung Ungaran via Mawar dan via Promasan. Beristirahat panjang sambil memandang hamparan kebun teh sangat menarik untuk dilakukan sebelum pendakian dilanjutkan.


Kebun Teh - Puncak Gunung Ungaran

Pendakian Gunung Ungaran yang sebenarnya dimulai dari perkebunan teh. Jalur makadam menanjak akan mengantar sampai pintu hutan. Perdu, semak dan rumput yang rapat mendominasi pendakian sebelum masuk di hutan Gunung Ungaran. Disinilah pendakian yang sebenarnya dimulai. So, you have to ready to track the ascent !
trek pendakian gunung ungaran
Trek ke Puncak Gunung Ungaran
Jalur pendakian sepenuhnya didominasi oleh trek tanah padat yang sempit, terjal dan menanjak. Dikelilingi pepohonan yang rimbun dan teduh, beberapa tempat di jalur pendakian bisa digunakan untuk beristirahat. Tak jarang trek menyuguhkan jalur pendakian terjal dimana batang-batang pohon sangat bermanfaat menjadi tumpuan untuk mendaki. Enjoy your climbing patiently guys.

Area mulai terbuka ketika hutan sudah terlewati dan puncak Gunung Ungaran tampak menjulang di depan. Rerumputan panjang mendominasi trek menanjak yang berubah menjadi bebatuan terjal. Area yang terbuka menampakkan area di sekitar Gunung Ungaran seperti perkebunan teh, perbukitan hijau dan lembah hijau kekuningan yang terhampar indah. Beberapa batuan besar berdiri menonjol kuat di lereng Gunung Ungaran, bisa dipilih dimana lokasi yang pas untuk beristirahat maupun menantikan sunrise, and maybe you should enjoy nature for a moment here. Menikmati pemandangan alam yang pas dari ketinggian, tanpa terhalang pepohonan, jangan dilewatkan begitu saja. This is a fitting spot.
pendakian gunung ungaran
Fitting Spot
Ada satu bukit yang perlu dilewati sebelum sampai di puncak Gunung Ungaran, masih dengan trek yang sama, menanjak dan berbatu terjal. Mendekati puncak Gunung Ungaran, jalur kembali ke tanah padat yang cukup landai, sebagai sambutan di tujuan utama. 
puncak gunung ungaran
Puncak Gunung Ungaran
Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yaitu Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran yang paling tinggi dengan ketinggian 2.050 mdpl. Puncak Gunung Ungaran berupa area datar yang ditandai dengan tiga tugu dan papan nama sekaligus bendera merah-putih. Ada camp area tak jauh dari puncak yang bisa digunakan untuk camp. Dari puncak Gunung Ungaran, di sekitar bisa tampak Kota Semarang, Laut Jawa, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dengan Rawa Peningnya, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau. Gunung Ungaran yang tidak terlalu tinggi membuat pemandangan di bawah sekaligus pegunungan tinggi lain yang menjulang tampak sempurna. Interested here?

Tips Pendakian Gunung Ungaran via Mawar :

  1. Lengkapi logistik di basecamp mawar yang sudah menyediakan beberapa warung
  2. Sumber air ada di antara pos 1 - pos 2 dan penampungan air pos 3. Lebih baik membawa air kemasan yang lebih terjamin. Setelah pos3, tidak ada sumber air, persiapkan logistik air yang cukup.
  3. Waspadai ketika musim hujan, jalur pendakian ke puncak sangat licin. 
  4. Jika cuaca tidak cukup baik, sering terjadi angin kencang di area terbuka setelah hutan hingga di puncak. Tetap pertimbangkan perubahan cuaca untuk menentukan lokasi camp maupun summit. 
  5. Tidak disarankan untuk camp di puncak utama Gunung Ungaran. Untuk mendirikan tenda bisa di belakang puncak untuk mengantisipasi angin kencang.
  6. Jagalah kebersihan dan buang sampah di tempat yang sudah disediakan, tepatnya di dekat area kebun teh.

Itinerary Pendakian Gunung Ungaran via Pos Mawar :
Basecamp - Pos 1 : 15 menit
Pos 1 - Pos 2 : 25 menit
Pos 2 - Pos 3 : 20 menit
Pos 3 - Kebun Teh : 10 menit
Kebun Teh - Puncak : 1 jam 30 menit
  
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pendakian Gunung Ungaran 2.050 mdpl via Basecamp Mawar"

Post a Comment