Mendaki Gunung di Jawa Tengah:13 Pilihan untuk Pendaki Pemula - Manusia Lembah

Mendaki Gunung di Jawa Tengah:13 Pilihan untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang kini banyak diminati masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang mencari pengalaman baru dan tantangan fisik. Dari banyaknya gunung di Indonesia, beberapa gunung di Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi pendakian yang populer. Dengan pemandangan alam yang indah dengan rute pendakian yang cukup menantang masih cocok untuk pendaki pemula.

Setiap gunung memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari pemandangan alam yang menakjubkan hingga tingkat kesulitan yang bervariasi. Namun, tenang saja... di Jawa Tengah juga ada gunung yang cocok untuk pendaki pemula sekaligus bagi orang sibuk yang tidak punya waktu lama untuk piknik ke alam bebas. Meski cukup ringan, pemandangannya tak kalah indah lho!.

Berikut beberapa gunung yang bisa jadi opsi bagi yang pertama mendaki maupun pendaki pemula. Gunung-gunung berikut memiliki ketinggian sekitar 500 - 2.500'an mdpl saja.

Gunung di Jawa Tengah


1. Gunung Muria

Gunung Muria

Lokasi : Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Grobogan dan Blora pegunungan kendeng.
Tinggi* : 1602 - 1.700 mdpl
Estimasi** : ± 3 jam


Gunung di Jawa Tengah ini cukup populer, karena tak hanya keindahannya saja, tetapi di sekitar lerengnya juga ada makam Sunan Muria (Raden Umar Said). Namun tentu jalur untuk ziarah dan jalur pendakian tentu berbeda. Gunung Muria memiliki dua jalur pendakian yaitu via Desa Rahtawu (Kabupaten Kudus) dan Desa Tempur (Kabupaten Jepara).

Pegunungan Muria memiliki banyak puncak, tetapi yang populer dan sering jadi jujugan pendaki adalah Puncak Natas Angin dan Puncak B29. Jika melalui Rahtawu, pendakiannya memang manis-manis sedap, karena trek yang ringan hingga berliku membosankan akan mengantar hingga Puncak Abiyoso. Dari situlah perjalanan dilanjutkan melewati jalur naga di atas tebing bukit yang menampakkan pesona alam indahnya hingga puncak.

2. Gunung Andong

Gunung Andong

Lokasi : Kabupaten Magelang
Tinggi : 1.726 mdpl
Estimasi** : ± 1 jam 15 menit


Ini adalah salah satu gunung di Jawa Tengah yang pernah sangat populer karena trek yang ringan dan pendek. Dari enam jalur pendakian, via Dusun Sawit adalah yang paling populer. Selain pendakian, Gunung Andong juga sering dijadikan tempat rekreasi keluarga pada akhir pekan atua hari libur.

Ada tiga puncak yang bisa dicapai, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa dan Puncak Alap-Alap. Dari Puncak Jiwa, pemandanan alam dan beberapa gunung-gunung di Jawa Tengah tampak berdiri gagah, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Slamet dan Gunung Ungaran. Selain itu, ada trek jembatan setan yang memiliki pesona memukau untuk dilalui menuju Puncak Alap - Alap.

3. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Lokasi : Ungaran, Kabupaten Semarang
Tinggi : 2.050 mdpl
Estimasi** : ± 3 jam

Gunung di Jawa Tengah ini merupakan salah satu tujuan pendakian populer karena rute pendakian relatif mudah dan memiliki pemandangan yang indah. Pendakiannya bisa diakses dari beberapa titik yaitu via Gedong Songo, Jimbaran dan Promasan. Rute yang paling popuer adalah Jimbaran yang akrab disebut dengan basecamp mawar.

Pendakian Gunung Ungaran ini awalnya memang sangat ringan dan akan melewati kebun teh Medini. Namun setelah itu, cukup menguras tenaga karena lereng yang terus menanjak dan disini harus wajib sabar!. Semakin di atas, area terbuka dan tampak pemandangan pegunungan beserta hijaunya kebun teh yang menyegarkan mata.

4. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan

Lokasi : Perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan
Tinggi : 2.177 mdpl
Estimasi : ± 3 - 5 jam


Nama gunung di Jawa Tengah ini mungkin masih asing, tetapi justru sangat familier di kalangan pendaki Pekalongan. Ada dua jalur pendakian yaitu Desa Gumelem (Kabupaten Pekalongan) dan Desa Simego (Kabupaten Banjarnegara). Namun, jalur Desa Gumelem banyak dipikih karena lebih ringan dan tidak membingungkan.

Meski tidak lama, tetapi treknya cukup menantang dan ada tanjakan dengan kemiringan 80 derajat juga. Selain itu, ada beberapa sumur yang tersamarkan, jadi diharapkan berhati-hati jika mendaki malam hari. Di puncaknya, tampak Gunung Slamet menjulang gagah yang bisa menjadi tujuan selanjutnya setelah pemanasan di Puncak Raja, Gunung Rogojembangan.

5. Gunung Butak

Gunung Butak Jawa Tengah

Lokasi : Perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan
Tinggi* : 2.177 - 2.201 mdpl
Estimasi : ± 1 jam


Nama Gunung Butak tidak hanya di Jawa Timur saja, tetapi juga juda ada di Jawa Tengah. Gunung di Jawa Tengah yang tergolong pendek ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Jalur pendakian yang populer adalah via Sikatok Wonosobo.

Dari puncak Butak ini bia terlihat puncak pegunungan yang indah, seperti Gunung Slamet, Sumbing, Sindoro, Andong, Telomoyo, Ungaran, Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Kendil dan sebagainya. Meski tidak populer, gunung yang disebut-sebut sebagai anak Gunung Sindoro ini memiliki pesona yang menawan dan cocok untuk camping.

6. Gunung Prau

Gunung Prau

Lokasi : Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo
Tinggi* : 2.565 - 2.590 mdpl
Estimasi : ± 2 jam


Gunung di Jawa Tengah ini sangat populer karena menyajikan panorama alam yang sangat luar biasa. Selain itu, rute pendakian yang relatif mudah membuat banyak wisatawan mendakinya saat liburan ke Dataran Tinggi Dieng. Menariknya, Gunung Prau dikenal sebagai salah satu gunung dengan langit terbersih di Indonesia, sehingga sering dijadikan tempat observasi bintang bagi yang suka astronomi.

Jalur pendakian yang paling populer adalah via Patak Banteng karena relatif singkat dan sering dilewati para pendaki. Waktu terbaik mengunjungi Gunung Prau adalah menjelang sunrise, karena sunrise yang luar biasa dapat membius siapa saja yang datang. Bagi yang punya waktu singkat untuk liburan, tempat ini bisa menjadi alternatif!.

7. Gunung Kembang

Gunung Kembang

Lokasi : Dukuh Blembem Kaliurip, Desa Damarkasihan, Kecamatan Kreteg, Kabupaten Wonosobo.
Tinggi* : 2.340 mdpl
Estimasi : ± 5 - 7 jam


Ada dua jalur pendakian yang bisa dicoba untuk pendakian ke anak Gunung Sindoro ini yaitu Jalur Blembem dan Jalur Lengkong. Keduanya berada di dua kecamatan yang berbeda. Jalur Blembem Baru paling populer sering digunakan karena sangat ramah untuk semua pendaki.

Gunung berapi aktif ini masih memiliki aktivitas magma, sehingga ketinggiannya bisa bertambah setiap tahun. Seperti namanya, memang ada banyak jenis bunga yang bisa ditemukan seperti 100 jenis bunga anggrek dan bunga-bunga lain. Pemandangan gunung di Jawa Tengah ini sangat indah dengan background Gunung Sindoro yang gagah menjulang.

8. Gunung Kendil

Gunung Kendil

Lokasi : Ngarjosari, Kabupaten Wonogiri
Tinggi : 1.800 mdpl
Estimasi : ± 35 menit


Berada di sisi utara Gunung Sindoro, Gunung Kendil atau Bukit Sikendil iki kerap menjadi tujuan para pendaki, khususnya pemula. Bukan tanpa alasan, jarak tempuh ke puncak tidak begitu jauh dan cocok untuk pendaki pemula. Dari basecamp, tanjakan curam hanya ada pada tanjakan sebelum puncak yang sudah dilengkapi tali untuk berpegangan.

Keindahan sunset dari puncak menjadi daya tarik gunung di Jawa Tengah ini. Trek yang ringan dan pendek membuat waktu bersantai di puncak bisa lebih lama. Panorama gagahnya Gunung Sindoro pun tampak mempesona dengan guratan indah pada lerengnya.

9. Gunung Mongkrang

Gunung Mongkrang Jawa Tengah

Lokasi : Tlogo Dringo, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
Tinggi : 2.194 mdpl
Estimasi : ± 2-3 jam


Gunung di Jawa Tengah ini berada di lereng Gunung Lawu dan bisa didaki via Tlogo Dringo. Kawasan yang akrab disebut Bukit Mongkrang ini cocok untuk pendaki pemula karena trek yang mudah dan jalurnya jelas. Namun, biasanya banyak yang lebih memilih hanya sampai di Bukit Candi I dan II (± 1 jam) daripada berlanjut ke Puncak Bukit Mongkrang.

Kawasan Bukit Candi juga cocok untuk camping karena disini disuguhkan pemandangan menawan. Namun jika ingin berlanjut ke puncak Bukit Mongkrang, bisa dilanjutkan dengan turun lembah kemudian menanjak lagi. Pesonanya dari puncak pun tak kalah indah, karena berupa padang rumput ilalang yang berpadu dengan gagahnya Gunung Lawu.

10. Gunung Bismo

Gunung Bismo Jawa Tengah

Lokasi : Kecamatan Kejajar, Wonosobo.
Tinggi* : 2.332 - 2.365 mdpl
Estimasi : ± 2 - 4 jam

Gunung di Jawa Tengah ini memiliki setidaknya 5 jalur pendakian yaitu via Silandak, Maron, Pulosari, Doroduwur dan Sikunang. Namun, yang paling populer adalah via Silandak karena jalur yang jelas dan mudah. Jika ingin lebih ringan, sudah tersedia ojek yang bisa mengantar sebelum Pos 1.

Meski mendekati puncak kemiringannya curam, sudah ada tali yang disediakan untuk bantuan pendaki. Pemandangan dari puncak Gunung Bismo sangat indah dengan sajian utama Gunung Sindoro - Sumbing yang besar menjulang serta area Dataran Tinggi Dieng yang asri.

11. Gunung Jumbri (Bukit Cumbri)

Bukit Cumbri Jawa Tengah

Lokasi : Jatisari, Biting, Kec. Purwantoro, Kabupaten Wonogiri
Tinggi : 638 mdpl
Estimasi : ± 30 menit


Jalur yang populer untuk pendakian ke gunung Jumbri adakah via Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Gunung yang akrab disebut Bukit Cumbri ini cocok untuk pemanasan karena tidak ada tanjakan ekstrim. Gunung di Jawa Tengah ini cocok untuk menikmati sunrise dan sunset sambil bersantai.

Biasanya pendaki naik pada sore hari untuk camping, menunggu datangnya esok hari. Meski tingginya kurang dari 1.000 mdpl, pemandangan pagi dari Gunung Jumbri sangat indah. Dari sisi barat laut tampak Gunung Lawu, sisi selatan tampak Pegunungan Seribu dan sisi timurnya berupa perbukitan yang memanjakan mata.

12. Gunung Sigandul

Gunung Sigandul Jawa Tengah

Lokasi : Rejosari, Kec. Wonoboyo, Kabupaten Temanggung
Tinggi : 2.005 mdpl
Estimasi : ± 2 - 3 jam


Meski kurang populer, gunung di Jawa Tengah ini cocok untuk pendaki pemula karena waktu pendakiannya singkat dengan akhir yang menakjubkan. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui, yaitu via Dadapan, Gelangan Gunung atua basecamp 99 (Kelurahan Purwosari), via basecamp Sigandul dan via Bulu Rejosari.

Pendakian via Bulu cukup landai dan menyuguhkan pemandangan alam deretan gunung-gunung populer seperti Gunung Sibotak, Sindoro, Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Ungaran. Sedangkan via Dadapan jalurnya lebih jauh tetapi akan banyak spot menarik seperti beberapa air terjun, puncak Sibonang dan perkebunan kopi. Pilih mana?

13. Gunung Besek

Gunung Besek Jawa Tengah

Lokasi : Setren, Desa Bugelan, Kec. Kismantoro, Kabupaten Wonogiri
Tinggi : 850 mdpl
Estimasi : ± 10 menit

Bagi yang baru mencoba mendaki, Gunung Besek bisa menjadi tujuan selain Gunung Jumbri. Trek pendakiannya tidaklah terlalu menanjak dan sangat mudah untuk dilalui. Hal ini karena desa Bugelan sudah terletak cukup tinggi, sehingga memudahkan perjalanan.

Meski ketinggiannya di bawah 1.000 mdpl, pesona alamnya tak kalah indah. Di puncak, tampak hamparan hijau pegunungan berlapis-lapis yang memanjakan mata. Kawasan hutan pinus tampak berjajar rapi nan menyejukkan.

Itu adalah beberapa gunung di Jawa Tengah yang cocko untuk pendaki pemula. Setiap gunung memiliki keindahan dan tantangan tersendiri. Namun, perlu diingat bahwa pendakian gunung selalu memerlukan persiapan yang matang dan peralatan memadai untuk dapat menikmati pengalaman pendakian yang nyaman dan aman. Semoga Bermanfaat!

Note :
* Tinggi puncak berbeda karena memiliki banyak puncak
** Estimasi waktu pendakian normal, tanpa menghitung waktu istirahat