Jurang Tembelan, View Alam Cantik di Kabupaten Bantul - Manusia Lembah

Jurang Tembelan, View Alam Cantik di Kabupaten Bantul

Jalan-jalan ke Bantul, jangan lupakan wisata Jurang Tembelan Kanigoro. Tempat wisata di Jogja ini menjadi primadona pada pecinta alam karena menawarkan panorama yang indah dan menakjubkan. Seperti namanya, keindahan di tepi jurang yang hijau dan curam menjadi daya tarik yang spektakuler.

Lokasi wisata ini tidak jauh dengan beberapa wisata di Bantul lainnya, seperti Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, dan sebagainya. Berada di dataran tinggi, panoramanya yang istimewa mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan, lautan awan'pun tampak memukau di pagi hari yang layak untuk dinikmati.

Jurang Tembelan Kanigoro
Jurang Tembelan terletak di Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berada sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogja atau sekitar 50 menit perjalanan. Rute dan aksesnya sangat mudah, karena hanya perlu menuju ke Bantul dan biasanya ada penunjuk arah ke Hutan Pinus Mangunan.

Dari Bantul langsung saja arahkan ke Desa Girijati atau Hutan Pinus Mangunan, karena lokasinya tidak jauh dari tempat wisata tersebut. Jalan menuju ke dataran tinggi ini memang berkelok-kelok dan sesekali tidak terlalu mulus.
 

Daya Tarik Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro

Tempat wisata di Jogja ini masuk dalam jejeran wisata populer di Bantul. Lokasinya yang tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan membuatnya tidak pernah sepi wisatawan yang ingin sekaligus berwisata kesana. Lokasinya yang tersembunyi diantara bukit dan hutan membuatnya masih alami dan menyegarkan.

Pemandangan indah bisa disaksikan dari tepi jurang, yaitu hijaunya Pegunungan Sewu yang mengapit liukan Sungai Oyo. Hamparan sawah di sekitarnya juga menambah keasrian panorama di tepi jurang, memikat siapapun yang melihatnya. Menariknya, keindahan yang ditawarkan saat sunrise dan sunset berbeda lho!.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Jurang Tembelan Kanigoro

Seperti beberapa wisata kebanyakan, ada beragam spot foto menarik untuk mengabadikan momen di Jurang Tembelan. Ada beragam spot foto seperi pesawat, ayunan, kapal bambu dan sebagainya dengan view pemandangan sekitar. Bagi yang takut ketinggian, bisa menikmati panorama cantik sambil bersantai saja ya!.

Pemandangan yang disuguhkan menjadi daya tarik utama tempat ini. Ditambah beragam spot foto pilihan, akan membuat liburan semakin menyenangkan. Biasanya, banyak orang datang disaat pagi maupun menjelang sunset, karena pesona alamnya saat itu sangat menakjubkan.

Saat musim kemarau, sangat direkomendasikan mengunjungi Jurang Tembelan saat pagi karena lautan awan akan memenuhi dasar lembah. Perbukitan hijau tak akan lagi dibelah oleh aliran sungai, tetapi oleh awan dan kabut tipis yang mengelilinginya. Rona jingga saat sunset'pun juga tak kalah indah, apalagi jika cuaca cerah.

wisata jogja

Tidak hanya berjalan kesana kemari untuk mencari foto terbaik, sudah ada tempat duduk yang tersedia di dekat bibir jurang dan sisi area parkir. Di sisi tempat parkir sudah banyak penjaja makanan dan minuman ringan untuk melengkapi kebutuhan perut yang keroncongan....

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket masuk Jurang Tembelan sangat ekonomis, yaitu sekitar Rp. 2.500 / orang, belum termasuk tarif parkir. Jam operasionalnya 24 jam dan bisa dikunjungi kapan saja. Jika mau camping, sebaiknya menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu.

wisata jogja 

Tips :

  1. Pilih waktu yang tepat untuk dapat menikmati pemandangan. Direkomendasikan saat pagi hari dan di hari kerja.
  2. Pertimbangkan cuaca saat berkunjung. Saat musim hujan, pemandangan cenderung berkabut dan area wisata Jurang Tembelan cukup licin, sehingga wajib hati-hati.
  3. Bawalah pelindung kepala karena cuaca sangat panas saat siang dan minim pepohonan, karena lokasinya di pinggir jurang.
  4. Pakailah alas kaki yang nyaman agar tetap safety saat menikmati pemandangan dari spot satu ke spot yang lain.
  5. Jika tak ingin mengendarai kendaraan pribadi, maka cukup sewa motor. Ada banyak pilihan harga sewa motor di Jogja dan fasilitas yang disediakan oleh persewaan untuk liburan.
  6. Jika berencana stay dengan waktu cukup lama disana, bisa cari penginapan murah di Jogja.
  7. Jika ingin lebih mudah dan tidak ribet, bisa mencari paket wisata Jogja dengan fasilitas & tujuan beragam.
  8. Jangan mengotori area wisata dengan buang sampah sembarangan dan vandalisme.
 

Informasi Wisata Jurang Tembelan Kanigoro :

  • Lokasi : Dusun Kanigoro, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta (Map : Klik Disini)
  • HTM : ± Rp. 2.500
  • Jam Buka/Tutup : 24 jam
  • Fasilitas : Area parkir, warung makan, camp area, toilet, spot foto.
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto.
  • Wisata Terdekat : Taman Buah Mangunan, Seribu Batu Songgo Langit, Goa Gajah, Watu Mabur Mangunan.