Tegenungan Waterfall, Menjelajahi Alam Bali yang Menyejukkan! - Manusia Lembah

Tegenungan Waterfall, Menjelajahi Alam Bali yang Menyejukkan!

Pulau Dewata dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di dunia, dan Tegenungan Waterfall adalah satu destinasi indah yang ramia dikunjungi wisatawan. Pesonanya yang indah dengan suasana asri dan segar, menyajikan pengalaman wisata tak terlupakan. Ini adalah tempat ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Selain keindahannya yang memukau, wisata Bali ini sangat cocok untuk menghilangkan penat. Tak sedikit wisatawan yang pergi ke tempat ini untuk bersantai, menjelajah alamnya hingga menghabiskan waktu di dayclub yang ada di tepi sungainya. Berada di tengah hamparan hijau yang menyegarkan, membuat siapapun betah berlama-lama.

wisata bali 

Rute

Tegenungan Waterfall berada di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk kesana membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Ubud dan sekitar 1 jam dari Denpasar. Akses ke lokasi bisa dijangkau melalui jalan raya utama yang menghubungkan Denpasar - Ubud

Dari Ubud, arahkan kendaraan ke Jalan Raya Tegallalang dan teruskan hingga di pertigaan T-junction Tegallalang, kemudian belok kanan menuju Desa Kemenuh. Lanjutkan hingga tiba di persimpangan jalan raya Sukawati - Gianyar dan belok kiri. Ikuti jalan hingga tiba di Desa Tegenungan. Air Terjun Tegenungan berada di tepi jalan raya utama.

Sedangkan dari Denpasar, arahkan kendaraan menuju Jalan Raya by Pass Ngurah Rai dan ikuti jalan hingga di persimpangan Tohpati dan belok kanan menuju Desa Batubulan. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di persimpangan jalan raya Sukawati - Gianyar dan belok kanan. Ikuti jalan hingga tiba di Desa Tegenungan.

Daya Tarik Tegenungan Waterfall

wisata bali

Air Terjun Tegenungan memang sangat populer di kalangan wisawatan domestik hingga mancanegara. Destinasi wisata Bali ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah dan aliran sungai yang jernih, kecuali musim hujan ya. Lingkungan sekitarnya yang asri, hijau dan jauh dari keramaian membuatnya eksotik.

Akses yang mudah juga membuat Tegenungan Waterfall ramai dikunjungi wisatawan. Fasilitas yang memadai, spot cantik dan aktivitas menarik lainnya bisa dilakukan disana. Tidak hanya indah, puluhan tangga yang menjulur hingga dasar sungai akan membuat siapapun rela berolah raga.

air terjun tegenungan 

Sambutan unik dari masyarakat setempat adalah adanya kopi gratis (buat sendiri) di area parkir. Jadi, sebelum berolah raga menuruni tangga, bisa ngopi sejenak menyiapkan tenaga. Setelah membeli tiket masuk, giliran cuci mata dengan aneka dagangan khas Bali yang bisa dijadikan oleh-oleh!.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

omma dayclub bali

Untuk ke lokasi air terjun, harus menuruni puluhan anak tangga yang cukup melelahkan. Dari atas pucuk anak tangga, Tegenungan Waterfall dan Omma Dayclub Bali sudah tampak dari kejauhan. Jadi, siapkan energi sebelum melangkah ke bawah ya!.

Anak tangganya meski panjang tetapi cukup teduh. Selain ke air terjun, bisa santai sejenak di Omma Dayclub Bali yang dilengkapi kolam renang. Nuansa mewah di lingkungan hijau tepi sungai ini akan sangat menyenangkan. Bahkan, tak jauh dari sana, ada kolam alami dengan pancuran yang bisa dijadikan tempat relaksasi.

air terjun tegenungan 

Dari dayclub, perjalanan ke air terjun tidak terpaut jauh dan hanya perlu berjalan di jalanan sempit tepi sungai. Jalan berupa tanah padat ini cukup licin di beberapa titik, jadi pastikan menggunakan alas kaki anti selip yang nyaman dan aman. Di ujung jalan, tampak Tegenungan Waterfall dengan kolam besarnya.

air terjun tegenungan

Menikmati air terjun Tegenungan bisa dilakukan dengan banyak cara. Biasanya, wisatawan yang datang berenang di kolam di bawah air terjun hingga aliran sungainya. Ada juga yang menyeberang dan naik ke atas air terjun setinggi 15 meter dan lebar sekitar 10 meter ini.

Di atas, pemandangannya memang hanya berupa aliran sungai, tetapi kadang ada wisatawan yang bermain rock balancing, dimana batu-batu bertumpuknya menjadi tontonan unik sebelum terbawa aliran sungai yang lebih besar. Selain itu, area lereng dekat air terjun juga menjadi spot foto unik yang tidak bolek dilewatkan.

air tejrun tegenungan 

Area yang luas, hijau dan segar menjadikan Tegenungan Waterfall menjadi spot foto yang menarik. Berfoto dari kejauhan dan ketinggian dengan background air terjun yang indah masih menjadi favorit para wisatawan. Biasanya, setelah melakukan banyak aktivitas dilokasi air terjun, mereka akan bersantai di dayclub, menikmati musik dan sajian menu disana.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

omma dayclub bali

Harga tiket masuk Tegenungan Waterfall dibanderol sekitar Rp. 20.000 dan untuk anak di bawah 5 tahun tidak ada tiket. Wisata di Bali ini buka setiap hari mulai jam 06.30 - 18.30. Namun, untuk menghindari keramaian sebainya datang pagi hari. Kadang air terjun bisa ditutup untuk umum karena kondisi cuaca yang tidak mendukung atau untuk acara tertentu.


 

Tips :

  1. Sebaiknya tidak datang di musim hujan karena debit air besar dan keruh. 
  2. Datanglah pagi pagi untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang lebih tenang.
  3. Bawalah pakaian ganti jika ingin berenang maupun bermain air dan jangan lupa peralatan mandi.
  4. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking.
  5. Patuhi tatat tertib yang ada di area wisata Tegenungan Waterfall.
  6. Berhati-hatilah saat berenang atau berendam di bawah air terjun.
  7. Jika tak ingin mengendarai kendaraan pribadi,maka cukup sewa motor. Ada banyak pilihan harga sewa motor Bali murah dengan fasilitas yang disediakan oleh persewaan. Pilih sesuai budget.
  8. Jika berencana stay dengan waktu cukup lama disana, cukup cari penginapan murah di Bali. Disana terdapat banyak variasi harga. Pilih penginapan dengan review yang bagus agar liburan makin menyenangkan.
  9. Jika ingin lebih mudah dan tidak ribet, bisa mencari paket wisata Bali dengan fasilitas & tujuan beragam.
  10. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
 

Informasi wisata Tegenungan Waterfall :

  • Lokasi : Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali (Map : Klik Disini)
  • Buka/Tutup : Setiap hari 06.30 - 18.30
  • HTM : Rp. 20.000
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, cafe, area istirahat, dayclub, kios souvenir, kolam alami.
  • Aktivitas : Bersantai, trekking, berenang, rock balancing.
  • Wisata Terdekat : Jembatan Kaca Bali, Kemenuh Butterfly Park