Pantai Melasti, Pesona Alam & Budaya Bali yang Menakjubkan! - Manusia Lembah

Pantai Melasti, Pesona Alam & Budaya Bali yang Menakjubkan!

Pantai Melasti menjadi salah satu wisata pantai di Bali yang banyak mendapat perhatian. Wisata cantik ini menawarkan keindahan alam khas pantai selatan yang mampu mengundang wisatawan domestik hingga mancanegara. Bahkan, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan yang membuat siapapun betah berlama-lama.

Bukan rahasia lagi kalau pantai di Bali sangat beragam dengan pesona yang berbeda satu sama lain. Melasti adalah salah satu wisata pantai yang dibuka sekitar pertengahan tahun 2020. Memang banyak berderet pantai di Bali Selatan, entah itu yang tersembunyi maupun yang tidak dan Pantai Melasti adalah salah satu yang tersembunyi.

pantai melasti ungasan
Pantai Melasti terletak di Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya tersembunyi di balik tebing dan kadang disamakan dengan Pantai Pandawa. Berada tersembunyi di balik tebing, Pantai Melasti memang sama dengan Pantai Pandawa, tetapi keduanya memiliki keunikan masing-masing dan keindahan yang tentunya berbeda.

Rute

Wisata di Bali ini berjarak sekitar 16,7 kilometer dari Bandara Ngurah Rai Bali dan bisa ditempuh sekitar 30 menit. Perjalanan akan melewati Bypass Ngurah Rai, Garuda Wisnu Kencana, Jalan Pura Batu Pageh dan Jalan Melasti. Akses jalan sudah sangat baik dan mulus, bisa untuk roda dua maupun roda empat.

Dari Bandara bisa melalui Jalan Goa Gong. Di perempatan Jimbaran ambil arah ke Garuda Wisnu Kencana (GWK), kemudian ambil jalur kiri ke Jalan Pura Batu Pageh dan lanjutkan ke Jalan Balai Banjar Kelod hingga masuk Jalan Melasti. Setelah melewati Bayan Tree Hotel & Resort, ambil arah kiri dan ikuti jalan bekelok hingga sampai di area pantai.

Daya Tarik Pantai Melasti Ungasan

wisata di bali
Area Masuk - Keluar Wisata Pantai Melasti

Melasti adalah ritual pembersihan yang menjadi adat masyarakat di Bali, dan biasanya dilakukan sebelum Hari Raya Nyepi. Nama pantai Melasti diambil dari nama tersebut karena lokasinya sering digunakan untuk upacara Melasti yang merupakan upacara tradisional di Bali. Tidak sedikit wisatawan yang iku menonton upacara tersebut saat dilangsungkan di pantai ini.

Berada di balik tebing, wisata yang menerapkan konsep Harmonisasi Tri Hita Karana ini menyuguhkan perpaduan alam pantai dan budaya yang bisa dinikmati dalam satu lokasi. Sehingga banyak hal menarik disini selain pantai, yaitu :
  • Tebing Kembar (The Twin Hills) : Tebing kokoh yang dipisahkan akses jalan dan menjadi spot foto favorit wisatawan.
  • Kori Agung : Berisi Bhoma (simbol pelindung yang tumbuh dari bumi) yang bermakna pembersihan diri. Lokasinya seringkali dijadikan tempat Pantai Melasti Prewedding.
  • Taman Angsoka : Taman dengan tatanan yang memperhatikan konsep pertamanan bali dan didirikan berdasar kisah Ramayana.
  • Anjungan Watugangga : Difungsikan untuk upacara agama dan sebagai pemecah ombak.
  • Pertunjukan Tari Kecak
  • Kuliner

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

pantai melasti sunset

Tentu ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Melasti Ungasan, karena area pantai yang luas dengan berbagai fasilitas dan tempat dekoratif menarik. Selain menyusuri garis pantai panjangnya, ada spot beragam yang bisa dijadikan spot foto terbaik, seperti taman, tepi pantai, tebing kembar, dan sebagainya. Selain itu, ada banyak dudukan kayu maupun gazebo di tepian pantai untuk bersantai menikmati suasana sunset.

pantai melasti sunset

Menikmati suasana luxury bisa didapatkan dengan bersantai di bawah payung hingga menikmati pantai selatan di beberapa beach club yang tersedia. Mulai menikmati kuliner ala Bali hingga minuman ringan sambil berbaring di tepi pantai menjadi aktivitas wajib yang bisa dicoba. 

Setiap sore di akhir pekan juga ada pertunjukan Tari Kecak yang bisa disaksikan di tepi pantai. Tarian khas Bali berdurasi sekitar 1 jam ini akan melengkapi liburan di Pantai Melasti. Jika ingin yang lebih sakral, bisa mengunjungi pantai sebelum Hari Raya Nyepi, karena bisa sekaligus menyaksikan upacara Melasti.

Tari kecak bali

Berencana menikah?, ada fasilitas Pantai Melasti Prewedding yang bisa jadi pilihan. Ada banyak spot yang cocok untuk prewedding. Menariknya, tersedia Wedding Dressing Room untuk memudahkan wisatawan memilih konsep sesuai selera. Paket prewedding Pantai Melasti dibanderol sekitar Rp. 500.000 - 1 juta rupiah.
 

Fasilitas Pantai Melasti

pantai di bali

Selain itu, Pantai Melasti juga menyediakan fasilitas out bond dan family gathering yang dibanderol sekitar 1 - 2 juta rupiah tergantung jumlah peserta. Bagi yang ingin dokumentasi ciamik, bis amenyewa jasa foto dokumentasi untuk pribadi, keluarga, company, social media dan photoshoot dengan peserta maksimal 10 orang. Foto dokumentasi tersebut dibanderol sekitar Rp. 500.000.

Sedangkan untuk phoshoshoot bisnis busana dan lain-lain maksimal peserta adalah 5 orang. Foto dokumentasi tersebut adalah untuk 3 jam, dan jika lebih akan dikenakan biaya event / shooting dengan harga sekitar 5 - 20 juta rupiah.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga tiket masuk Pantai Melasti Ungasan dibanderol Rp. 2.000 - Rp. 8.000 (domestik) dan belum termasuk tarif parkir. Pantai Melasti buka selama 24 jam dan bisa dikunjungi kapan saja sesuai keinginan. Jangan lupa kalau setiap sore (Jumat - Minggu) ada pertunjukan Tari Kecak di Panggung Budaya Praharsacitta yang bisa disaksikan mulai jam 18,00 dengan harga tiket sekitar Rp. 135.000.

pantai melasti bali
Cheers...
 

Tips :

  1. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari.
  2. Bawalah budget yang cukup untuk bersantai di bawah payung tepi pantai, karena untuk mendapat fasilitas tersebut harus membeli minuman atua makanan di cafe pemiliknya di tepian pantai.
  3. Karena pantai selatan, sebaiknya tidak berenang terlalu ke tengah.
  4. Jika ingin melakukan event/shooting, wajib mengajukan surat permohonan ijin lokasi maksimal 3 hari sebelumnya.
  5. Ada beberapa penginapan di Pantai Melasti Ungasan jika ingin menikmati waktu lebih lama
  6. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme.
 

Informasi Wisata Pantai Melasti Ungasan :

  • Lokasi : Jl. Melasti Ungasan, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali. (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : Rp. 2.000 -  Rp. 8.000 (domestik)
  • Aktivitas : Berenang, bersantai, kuliner, photoshoot, shooting, outbond & family gathering, menonton Tari Kecak, menyaksikan upacara Melasti.
  • Fasilitas : Area parkir, taman, spot foto, beach bar, Wedding Dressing Room, Melasti Mart, paket foto dokumentasi, penyewaan motor klasik/sport & mobil klasik/sport.
  • Wisata Terdekat : Pantai Karma Kandara, Pantai Green Bowl, Pantai Pandawa