Eling Bening Semarang, Wisata Santai & Fotogenik di Ketinggian - Manusia Lembah

Eling Bening Semarang, Wisata Santai & Fotogenik di Ketinggian

Eling Bening merupakan salah satu wisata di Semarang yang populer karena menawarkan keindahan alam yang indah. Disini tidak hanya bisa bersantai menghabiskan waktu liburan saja, tetapi juga terdapat spot-spot unik yang bisa menjadi koleksi di social media. Cukup jauh dari pusat kota, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

Wisata Semarang satu ini berada di puncak bukit dan menyuguhkan paket wisata lengkap yang dapat membuatmu betah menghabiskan waktu. Berbagai fasilitas komplit dan aneka aktivitas seru bisa kamu coba. Tak perlu kuatir urusan perut juga, karena ada resto yang siap memuaskan nafsu makan.
 
Eling Bening Semarang
Eling Bening berada di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu wisata di Ambarawa yang lagi ngehits ini bisa kamu kunjungi dengan rute Semarang - Tembalang - Gombel - Ungaran - Bawen - Ambarawa. Dari Ungaran jarak tempuhnya sekitar 19,2 kilometer dan kamu bisa lewat tol maupun non-tol.

Eling Bening Semarang

Wisata Semarang

Dibuka pada tahun 2015, wisata baru di Semarang kala itu cukup menyedot perhatian wisatawan. Padahal, dulunya area ini direncanakan menjadi vila pribadi, tetapi karena view yang indah, maka area tersebut dibuka untuk masyarakat umum dalam bentuk resto. Tempat ini pun kemudian terus dikembangkan hingga sekarang menjadi wisata kekinian bagi semua kalangan.

Tidak hanya resto saja, di Eling Bening ada kolam renang, taman bunga dan camping ground. Satu yang menarik perhatian adalah lokasinya yang ada di puncak perbukita Ngrawan menyajikan pesona alam yang indah dari ketinggian. Pasalnya dari tempat ini tampak gugusan gunung-gunung dan danau.

Wisata Semarang  

Menghadap Danau Rawa Pening, tampak juga beberapa gunung seperti Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo dan Gunung Gajah. Sedangkan di bagian barat bisa terlihat Gunung Sumbing dan Sindoro. Hamparan sawah yang hijau dengan latar gagahnya pegunungan sangatlah menyejukkan mata, apalagi banyak tempat bersantai yang tersedia.

Wahana dan Aktivitas Menarik

eling bening semarang

Bukan tempat wisata namanya kalau tidak ada wahana yang mengundang perhatian. Selain menyuguhkan pemandangan dan resto elit, disini juga ada kolam renang mewah di ketinggian untuk menyegarkan diri. Ada dua kolam di Eling Bening, yaitu di samping resto dan kolam renang utama di ujung area wisata.

Tentunya ada tiket lagi jika ingin berenang yaitu sekitar Rp. 20.000. Lokasi kolam renang yang di ujung'pun juga menghadap view alam lepas di tempat terbuka. Sehingga siapapun yang datang tidak hanya sejuk di mata tapi juga bakal sejuk di badan.

Kolam renang Eling Bening 

Resto Eling Bening menyuguhkan berbagai menu yang bisa dipilih sesuai selera. Menu makanan disini dibanderol sekitar Rp. 15.000 - Rp. 50.000, mulai dari menu tradisional dan kekinian. Menyantap makanan di tepi kolam akan menciptakan sensasi luxury yang patut dinikmati di tempat wisata ini.

Bagi yang suka berfoto, ada ikon menarik yang selalu menyedot perhatian, yaitu spot Bahtera Naga. Meski tidak sebesar bahtera yang sesungguhnya, desainnya cukup lebar dan indah. Bahtera yang dicat putih ini dibangun menjorok keluar agar siapapun yang kesana bisa merasakan sensasi alam yang lebih bebas.

bahtera naga
 

Fasilitas

Tempat wisata Eling Bening memiliki sederet fasilitas lengkap yang tentunya akan membuat nyaman dan aman, seperti spot foto, restoran, kolam renang, area outbound, play ground, taman bunga, mushola, toilet dan kamar mandi.

Resto Eling Bening

Restoran hits dengan view ketinggian tentunya akan menambah nafsu makan. Jika ingin suasana lebih hijau, ada garden resto yang biasanya dijadikan tempat pesta acara-acara tertentu seperti pernikahan dan ulang tahun.

Selain nyaman untuk wisatawan dewasa, Eling Bening juga menyuguhkan play ground untuk anak-anak. Area ini juga bisa dinikmati anak-anak hingga orang dewasa lho!, tapi tentunya tidak semuanya. Disini ada permainan seperti ayunan, kolam anak dan permainan outbound seperti fliying fox, hill tracking dan archery area.

Harga Tiket dan Jam Operasional

bahtera naga

Harga tiket masuk Eling Bening Semarang dibanderol sekitar Rp. 30.000 di hari biasa dan Rp. 40.000 di akhir pekan. tempat wisata ini buka mulai pagi jam 07.00 hingga malam jam 19.00. Jadi, jangan segan untuk menikmati sunset dari ketinggian untuk melengkapi perjalanan di Semarang!.

View yang indah dan tempat wisata yang luas dan bersih, membuat tempat ini ramai wisatawan. Puncak wisatawan biasanya pada siang hari. Sehingga jika ingin liburan lebih privat dan tenang, bisa mengunjunginya pada weekday.

Tips :

  1. Waktu terbaik berkunjung adalah hari biasa.
  2. Jika budget pas-pasan'sebaiknya membawa bekal sendiri.
  3. Jangan lupa membawa baju ganti jika ingin berenang.
  4. Berhati-hatilah saat di Bahtera Naga karena licin saat hujan.
  5. Bagi yang membawa anak, pastikan pengawasannya karena lokasi wisata Eling Bening ada di ketinggian dan banyak jurang di sekitar.
  6. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
 

Informasi Wisata Eling Bening :

  • Lokasi : Jl. Sarjono, Bawen, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Map : Klik Disini).
  • Buka / Tutup : 07.00 - 19.00
  • HTM : ±Rp. 30. 000 - Rp. 40.000
  • Tiket Parkir : ±Rp. 15.000 (mobil) dan ±Rp. 5.000 (motor)
  • Fasilitas : Area parkir, spot foto, restoran, gazebo, kolam renang, area outbound, play ground, taman bunga, mushola, toilet dan kamar mandi.
  • Aktivitas : Bersantai, berenang, gathering, bermain, berkemah, outbound.
  • Wahana : Kolam renang (±Rp. 20.000), Bahtera Naga, archery area, hill tracking area dan flying fox.
  • Wisata Terdekat : Dusun Semilir, Benteng Pendem Ambarawa.
\