Pantai Suluban Bali, Pantai Tersembunyi Surganya Surfing - Manusia Lembah

Pantai Suluban Bali, Pantai Tersembunyi Surganya Surfing

Pantai Suluban mungkin tidak sepopuler pantai-pantai lain di Bali. Namun, bagi pecinta surfing, pantai di Bali ini memang banyak diminati. Tak hanya menawarkan pemandangan indah, pantai yang panjang dan tempat yang nyaman membuatnya cocok untuk destinasi liburan.

Meski jarang terdengar, kepopuleran pantai ini tidak kalah dengan pantai Kuta. Wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara banyak yang menghabiskan waktu bersantai dan olah raga disini. Dikenal juga dengan nama Pantai Blue Point, memang banyak spot yang ditawarkan.

Pantai suluban Bali
Pantai Suluban terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya diapit oleh Pura Uluwatu dan Pantai Padang-Padang. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan karena cenderung sepi dan tenang, tetapi tetap menawarkan pemandangan eksotik.

Pantai Suluban Bali

Bagaimana tidak tenang dan sepi?, pantai ini berada tersembunyi di balik tebing dengan pantainya yang tidak terlalu besar. Untuk datang kesana juga harus menyiapkan tenaga, karena dari tempat parkir harus berjalan menuruni tangga-tangga sampai ke area pantai. Tangga-tangga ini melewati cafe dan perkotoan ditengah hijaunya pepohonan.

Sekilas, saat melewatinya pasti tidak menduga ada pantai cantik yang tersembunyi di balik pertokoan. Namun, inilah keunikan pantai Suluban, dimana ekspetasi kadang tidak sesuai dengan realita. Justru pantai kecil, indah yang tak terduga ini menawarkan banyak keindahan.

Pantai suluban Bali 

Dibanding pasir putih lembut yang luas, Pantai Suluban justru menawarkan bongkahan batu karang dan minim pasir putih. Samudra luas akan langsung terlihat, dan mau tidak mau hanya basah-basahan di laut cara yang sempurna untuk menikmati wisata di Bali satu ini.

Asal Usul Nama Pantai Suluban

Bukan tanpa alasan kenapa wisata pantai di Bali ini dinamakan Suluban. Suluban berasal dari kata "mesulub" yang berarti berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia. Pasalnya, pantai lepas ini diapit dua tebing tinggi, dimana harus melewatinya jika ingin ke pantai.

Dua tebing yang mengapit ini menyerupai lorong, dan itu adalah jalan ke bibir pantai. Curug tebing yang mirip goa'pun menambah keunikan saat berjalan ke arah pantai. Air laut yang masuk sedikit demi sedikit di antara dua tebing seakan mengundang untuk segera datang.

Pantai Tersembunyi Surganya Surfing

pantai tersembunyi di Bali
Pesisir Pantai

Jangan heran kalau beberapa wisatawan datang dengan papan selancarnya, karena pantai ini memang tempat selancar yang sangat populer. Hanya saja, Pantai Suluban lebih direkomendasikan untuk peselancar profesional karena banyak tebing-tebing batu yang cukup berbahaya jika terhempas ombak.

Saat air laut pasang, banyak peselancar yang mencoba menaklukkan ombak Pantai Suluban. Papan selancar pun juga disewakan di sekitar pertokoan yang ada di sepanjang jalan. Dengan tarif sekitar Rp. 300.000 - Rp. 500.000 per dua jam, menantang ombak Pantai Suluban pun bisa dilakukan.

pantai tersembunyi di Bali
Ujung Ceruk

Selain bermain selancar, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti bermain air, berenang di tepian pantai, berfoto, snorkeling hingga menonton surfing dari ketinggian. Yup!, siapapun bisa menontonnya sambil bersantai di cafe atas tebing di sekitar pantai.

Menikmati Panorama dari Ketinggian

pantai tersembunyi di Bali
Tangga ke Cafe dari Ceruk Tebing

Jika puas bermain di tepian pantai, menikmati pemandangan lepas pantai sembari bersantai sangat direkomendasikan. Ada beberapa cafe di atas tebing yang menyajikan pemandangan lepas Pantai Suluban. Cafe terdekat ada tepat di area pantai dan untuk kesana, harus menaiki tangga yang ada di tengah curuk tebing.

Pemandangan dari ketinggian sangat memikat mata. Laut lepas luas berwarna biru dengan peselancar-peselancar yang sedang menari di atas ombak sangat menghibur. Cafe juga menyediakan tempat duduk untuk bersantai, ada juga yang melengkapinya dengan kolam renang untuk suasana eksklusif.

pantai tersembunyi di Bali
Cafe Eksklusif

Cafe lengkap dengan kolam renang adalah cafe privat khusus pelanggan, tepat di seberang pantai. Tentunya ada tarif tertentu untuk bisa menggunakan fasilitasnya, yaitu ±Rp. 200.000. Selain itu masih ada beberapa cafe yang bisa dipilih untuk bersantai menikmati Pantai Suluban.

Bukan hanya menonton para peselancar yang menarik disini, tetapi menunggu momen sunset juga sayang untuk dilewatkan. Jika kurang puas dan ingin sekalian menikmati sunrise, sudah ada penginapan di dekat Pantai Suluban seperti Sandat Mas Cottages, Dreamsea Bali, Uluwatu Surf Villas, Blue Point Bay Villas & Spa. Tarifnya beragam dan bisa dipilih sesuai dengan fasilitas yang diinginkan.

pantai tersembunyi di Bali
Cheers...
 

Tips :

  1. Jika tidak punya kendaraan, bisa sewa motor di Bali dengan harga variasi dan jenis motor beragam.
  2. Waktu terbaik adalah sore hari untuk menikmati pemandangan.
  3. Jika ingin surfing, tunggu air pasang, karena cukup berbahaya saat air surut.
  4. Pasir putih di Pantai Suluban minim dan pantainya banyak batuan karang, jadi wajib hati-hati jika ingin bermain air, berenang maupun surfing.
  5. Bawalah pelindung kepala dan sunblock karena area cukup panas.
  6. Bawalah minum lebih karena naik turun tangga ke pantai cukup melelahkan.
  7. Jangan lupa membawa pakaian ganti.
  8. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
  9. Apabila ingin lebih lama, bisa menginap di hotel Bali dekat area Pantai Suluban.
  10. Jangan lupa merekomendasikan Pantai Sulubah jika menggunakan jasa paket wisata di Bali.

Informasi Pantai Suluban Bali

  • Lokasi : Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : - (tarif parkir)
  • Fasilitas : Area parkir, restoran dan cafe, toilet, toko souvenir, penyewaan papan selancar, penginapan.
  • Aktivitas : Berenang, snorkeling, surfing, bersantai.
  • Wisata Terdekat : Pantai Uluwatu, Pantai Padang-Padang.