Air Terjun Kanto Lampo, Satu Keindahan Alam Tersembunyi di Bali - Manusia Lembah

Air Terjun Kanto Lampo, Satu Keindahan Alam Tersembunyi di Bali

Air Terjun Kanto Lampo mungkin belum menjadi wisata Bali yang populer. Namun, keeksotisannya sudah membius banyak wisatawan, tak hanya domestik tapi juga mancanegara. Bahkan, yang suka wisata tersembunyi di Bali pasti mengenal air terjun cantik satu ini.

Tak hanya pantai saja, wisata alam lain di Pulau Dewata memang beragam, salah satunya ada air terjun. Dari sekian banyak air terjun di Bali, beberapa sangat digandrungi wisatawan seperti Tegenungan WaterfallTukad Cepung, Leke-leke dan satu lagi ada Kanto Lampo Waterfall. Meski terdengar asing, nama ini sudah populer di kalangan traveler.

kanto lampo waterfall
Air Terjun Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Desa beng, Kecamatan Gianyar. Berjarak sekitar 30 kilometer dari Denpasar dan sekitar 1 kilometer dari Taman Kota Gianyar. Lokasinya mudah dijangkau kendaraan roda dua maupun roda empat.

Wisata Air Terjun Kanto Lampo

Kenapa dinamakan kanto lampo?

Bukan tanpa alasan, penamaan ini karena adanya pohon yang tumbuh di sekitar sungai yang benama kanto lampo. Sedangkan air terjunnya terbentuk dari luapan air dari dalam tanah yang tersumbat. Air tanah itu digunakan untuk saluran irigasi.

kanto lampo waterfall
Kantor & Pos Masuk

Lokasi wisata di Bali ini cukup tersembunyi. Setelah dari area parkir, akan berjalan melewati pos masuk dan kantor, kemudian mengikuti arah jalanan turun. Sampai di bawah, akan bertemu jalan aspal dan ikuti arah hingga sampai di loket registrasi di depan gerbang.

kanto lampo waterfall
Loket

Untuk sampai ke air terjun Kanto Lampo, dari tangga gerbang kembali menuruni tangga sampai area sungai. Meski jalan hutan menuruni tangga beton cukup melelahkan, suara deras dari air terjun akan membuat semangat kembali menggelora. Mendekati lokasi, ada petunjuk arah ke air terjun, kolam, tempat ganti dan toilet yang bisa dijadikan pilihan awal. 

kanto lampo waterfall
Tangga Beton ke Air Terjun

Air Terjun Bertingkat

Berbeda dari air terjun pada umumnya, air terjun Kanto Lampo berada di sisi tebing sungai. Sehingga untuk menikmati keeksotisanya, memang harus turun ke sungai dan basah-basah'an. Keindahan air terjun setinggi 15 meter ini sangat sempurna jika dilihat dari depan.

kanto lampo waterfall

Bentuk permukaan dinding batu hitam yang berundak membuat air yang dijatuhkan tidak terlalu deras. Menariknya, sungai diapit oleh dinding batu yang dikelilingi pepohonan hijau yang sejuk. Selain indahnya tirai alam, suasana yang teduh, sejuk dan segar membuat siapapun betah berlama-lama di area ini. 

kanto lampo waterfall
Di Ujung tangga

Namun, berlama-lama tidak berlaku bagi yang ingin menikmati keindahan, karena antri untuk berfoto juga tidak sebentar. Aliran air terjun Kanto Lampo yang menyebar layaknya tirai membuat siapapun yang datang ingin berfoto secara menyeluruh. Maka jangan heran kalau untuk menikmati derasnya air, tidak bisa sebentar karena banyak yang bakal antri untuk berfoto.

kanto lampo waterfall
Warna Sungai di Musim Penghujan

Sambil menunggu, aliran sungai yang berwarna biru jernih bisa dijadikan pilihan menghabiskan waktu. Sungai kecil yang diapit dinding batu hitam membuatnya tampak eksotik. Namun, jika masuk musim penghujan, warna airnya cenderung kecoklatan.
 

Kolam Alami dan Gua

Ingin menghabiskan waktu lebih lama di air terjun Kanto Lampo?, maka ada kolam alami yang bisa digunakan untuk relaksasi. Kolam yang disebut wading pool berada tepat di sisi sungai dan terdiri dari dua area yang dipisahkan oleh dinding tipis. 

kanto lampo waterfall

Selain kolam, di area wisata juga terdapat pura, Tan Hana Cave, toilet & kamar mandi, kamar ganti dan loker. Di dinding batuan hitam terdapat gua yang konon katanya tempat para kolonialis menyusun strategi melawan rakyat Bali.

Biasanya, spot foto selain di air terjun utama adalah di sepanjang aliran sungai yang diapit oleh dinding batuan hitam. Jika bingung untuk menemukan spot dan hasil terbaik, bisa menggunakan jasa para photografer yang ada di lokasi.
 

Tips :

  1. Belum ada transportasi umum ke lokasi wisata. Jika tak ada kendaraan bisa sewa ojek atau sewa motor murah di Bali.
  2. Waktu yang cocok untuk datang adalah pagi hari.
  3. Bawalah baju ganti agar bisa melihat dan menikmati keindahan air terjun Kanto Lampo secara keseluruhan, serta perlengkapan mandi.
  4. Gunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip.
  5. Patuhi tata tertib area wisata.
  6. Berhati-hatilah saat naik di dinding batu air terjun untuk berfoto.
  7. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi wisata Air Terjun Kanto Lampo

  • Lokasi : Jl. Kaliasem lingk.kelod kangin, Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. (Map : Klik Disini).
  • Buka/tutup : 07.00 - 18.00
  • HTM : Rp. 20.000 / orang domestik
  • Tiket Lain : Prewedding Rp. 300.000 ; Special Photo Rp. 300.000 ; Shooting Video Rp. 1.000.000 ; Shooting Film Rp. 3.000.000.
  • Fasilitas : Kolam, toilet, kamar mandi, kamar ganti, loker.
  • Aktivitas : Berenang, bermain air, bersantai.
  • Wisata Terdekat : Goa Rang Reng Waterfall, Tribumana Waterfall, Twin Hill