Tukad Cepung, Air Terjun Eksotis & Tersembunyi dari Bali - Manusia Lembah

Tukad Cepung, Air Terjun Eksotis & Tersembunyi dari Bali

Bali selalu menghadirkan pesona alam yang mampu memikat banyak wisatawan hingga mancanegara. Alam yang indah dengan adat budaya asli yang masih kental membuat Pulau Dewata ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan, karena dari laut hingga gunung, menyajikan panorama alam yang luar biasa. 

Selain pantai-pantai yang indah yang mengelilinginya, Bali juga memiliki banyak air terjun eksotis yang bisa dinikmati. Memang banyak wisata air terjun di Bali yang indah untuk dipilih, salah satunya adalah Air Terjun Tukad Cepung. Air terjun ini sangat tersembunyi hingga dianggap sakral oleh masyarakat. Namun kini, air terjun Tukad Cepung bagaikan surga baru yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

tukad cepung bali
Air Terjun Tukad Cepung terletak di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Berjarak sekitar 8 kilometer dari kota Bangli dan sekitar 39 kilometer dari Kota Denpasar. Air Terjun Tukad Cepung mejadi salah satu air terjun di dekat Ubud yang paling banyak dikunjungi. Jadi pastikan mengunjunginya ya guys!.

Cara ke Air Terjun Tukad Cepung 

Tempat wisata Air Terjun Tukad Cepung ini bisa diakses dengan mudah menggunakan roda dua maupun roda empat. Perjalanan dari Ubud ke Tukad Cepung juga tidak membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Dari Canggu atau Denpasar, perjalanan ke Tukad Cepung bisa memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Tempat wisata ini sangat mudah diakses dan rute sudah tersedia jelas di google maps

Untuk ke Tukad Cepung bisa menyewa kendaraan (motor/mobil) maupun menyewa jasa tour guide di Bali. Biasanya tour ke Tukad Cepung termasuk dalam tour ke Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Tibumana, Pura Lempuyang, Tegalalang dan sebagainya tergantung jasa yang dipakai. 

Wisata Penuh Petualangan

air terjun di bali

Dulunya tempat ini hanya didatangi penggiat spiritual. Di area Air Terjun Tukad Cepung, ada Tirta Nawa Ratna, yaitu tempat penglukatan yang ada beberapa meter dari air terjun. Setiap rahinan purnama, tilem, kajeng kliwon, banyak yang datang untuk melukat. 

Tukad Cepung menjadi lebih terkenal setelah Sara Underwood, model asal Amerika memposting fotonya di instagram dengan latar belakang air terjun yang indah. Bahkan lokasi ini juga menjadi pilihan foto prewedding yang menakjubkan. Maka jangan heran kini banyak wisatawan berbondong-bondong untuk menikmati pesonanya. 

Tidak mudah untuk mencapai air terjun ini, dan jangan harap langsung bertemu dengan air terjun setibanya di tempat parkir, karena Air Terjun Tukad Cepung sangat berbeda dengan air terjun yang ada di Bali. Air terjun ini dikelilingi tebing, jadi tentu saja harus turun ke dasar tebing untuk menemukan secuil surga yang fenomenal di social media ini. 

tukad cepung bali

Setelah membayar tiket yang tidak jauh dari tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan paving menurun untuk memulai petualangan menembus hutan sampai bawah tebing. Namun tenang... sudah ada tangga-tangga beton yang dibangun sampai bawah untuk memudahkan wisatawan menjangkau lokasi air terjun yang dapat ditempuh sekitar 20-30 menit. 

air terjun tukad cepung bali

Bahkan ada toilet kecil di tengah perjalanan untuk menjaga area yang pernah disakralkan ini tetap suci. Bagi yang ingin basah-basahan nantinya, bisa mengganti pakaian di toilet. Tak hanya toilet saja, ada beberapa warung kecil di sepanjang jalur yang bisa menjadi tempat istirahat atau mengisi logistik. Semakin ke bawah, warung-warung kecil ini tidak ada. Jadi persiapkan dengan baik di awal daripada lelah di jalan ya guys!

Suasana alami dan segar, ditambah area teduh di tengah hutan dapat mengobati sedikit rasa lelah yang terasa. Hingga sampai terdengar suara gemericik air, maka tidak lama untuk melihat air terjun eksotis yang mulai naik daun ini. Ujung dari tangga beton adalah sebuah sungai, yang jika kekiri adalah air terjun utama dan sebelah kanan ada air terjun kecil lain di tengah vegetasi hutan. So, silahkan pilih mau kemana dulu. 

Si Cantik di Bawah Tebing

tukad cepung bali

Celah tebing sempit dan tinggi tampak seperti gerbang masuk ke air terjun utama yang memiliki aliran deras, meski tidak tinggi. Air Terjun Tukad Cepung memiliki ketinggian sekitar 15 meter saja, tetapi memiliki panorama yang sangat mempesona yang bisa dilihat dari berbagai titik. 

air terjun tukad cepung

Air terjun Tukad Cepung diapit tebing-tebing tinggi, tersembunyi diantara bebatuan besar dan menyisakan celah kecil di bagian atasnya, sebagai tempat sinar matahari masuk. Maka jangan heran banyak orang datang dan rela berpetualang kebawah untuk mengambil bidikan foto yang sempurna disamping menikmati keindahan alam yang tidak terbantahkan.

tukad cepung bali

Jika dulu orang-orang enggan datang kesini dan hanya didominasi masyarakat yang melakukan melukat. Sekarang jangan tanya lagi, karena wisata air terjun di Bali ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan mancanegara yang ingin mengambil foto cantik dimana perpaduan alam tampak sempurna di dalamnya.

Spot langsung air terjun utama dengan biasan cahaya matahari dari atas air terjun adalah salah satu bidikan sempurna wisatawan. Lekukan-lekukan tebing berlumut hijau dengan latar belakang air terjun yang dikelilingi hutan basah dengan sorotan sinar matahari juga menjadi daya tarik karena menciptakan efek cahaya yang menakjubkan. Untuk itu, wisatawan rela antri untuk mendapatkan kenangan cantik di air terjun eksotis Pulau Dewata ini. 

Jangan hanya fokus pada air terjun utama saja, karena ada banyak tempat lain untuk cuci mata. Berjalan ke arah aliran air sungai, tepatnya ke arah kanan dari ujung tangga, ada beberapa air terjun kecil lain yang bisa dijadikan tempat relaksasi. Suasana aliran air dan gemericik air terjun menciptakan suara alam yang menentramkan memecahkan keadaan sunyi di tengah hutan, membuat siapapun pasti terasa nyaman berlama-lama. 


Tips Wisata di Air Terjun Tukad Cepung :

  1. Datanglah pagi saat cuara cerah untuk mendapatkan view sempurna. 
  2. Gunakan sandal, karena ada beberapa titik yang mengharuskan berjalan menyusuri air.
  3. Bawalah bekal yang cukup untuk perjalanan ke bawah hingga kembali nantinya.
  4. Jangan lupa membawa baju ganti.  
  5. Jika tidak ingin basah-basahan, sebaiknya membawa jas hujan atau payung. 
  6. Merupakan tempat yang disakralkan, jagalan sikap selama berada di tempat wisata. 
  7. Jangan membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme di area wisata Air Terjun Tukad Cepung. 

Informasi Wisata Air Terjun Tukad Cepung :

  • Lokasi : Jl. Tembuku, Tembuku, Kabupaten Bangli. (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 08.00 - 18.00 WITA
  • HTM : Rp. 15.000 (dewasa) ; Rp.10.000 (anak-anak) ;  Parkir gratis
  • Wisata Sekitar : Teras Sawah Tegalalang, Pura Kehen, Beji Guwang Hidden Canyon, Air Terjun Tangkup, Air Terjun GoaRaja. 
Baca Juga