Top 10 Pantai Tersembunyi di Blitar, Jangan Ragukan Keindahannya - Manusia Lembah

Top 10 Pantai Tersembunyi di Blitar, Jangan Ragukan Keindahannya

Berwisata ke Blitar, jangan hanya wisata ziarah saja guys!. Blitar selatan menyimpan wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Bagi pecinta pantai, sesekali mencoba adrenalin menyusuri jalanan susah untuk melihat secuil pesona cantik tersembunyi, pastinya sangat seru!.

Memang tidak banyak pantai di Blitar yang bisa menjadi tujuan destinasi wisata dan kebanyakan karena terhalang medan serta akses yang sulit. Dari sekian banyak pantai yang tersebar di pesisir selatan, hanya beberapa yang resmi dibuka menjadi tempat wisata. 

Meski begitu, tidak sedikit orang yang justru pergi ke pantai-pantai lain yang bisa dibilang masih tersembunyi, meski faktanya sudah menjadi sajian setiap hari masyarakat sekitar. Nah, lambat laut, pantai-pantai tersembunyi di Blitar selatan mulai menunjukkan pesona keindahan dan keunikannya. 

Berikut beberapa pantai tersembunyi di Blitar yang memiliki panorama indah :

1. Pantai Umbul Waru

pantai di blitar
Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.
Map : Klik Disini

Pantai ini sering disebut juga dengan Air Terjun Umbul Waru. Meski tersembunyi, Pantai Umbul Waru menjadi salah satu destinasi wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Tidak hanya indah, pantai ini sangat unik karena memiliki air terjun di pantainya, yang jarang ditemukan pada beberapa pantai di Blitar. 

Sayangnya, menikmati pantai ini tidak bisa dilakukan saat air laut sedang pasang, karena ombaknya sangat besar. Namun saat surut, jangan tanyakan lagi keindahannya. Pantai luas dengan pasir yang bersih diapit tebing akan menjadikanmu layaknya ada di pantai pribadi. Biasanya, pantai ini sering dijadikan tempat memancing dan kegiatan canyoning. 

2. Pantai Banteng Mati

Lokasi : Dusun Sidorejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar,
Map : Klik Disini

Ini adalah salah satu pantai yang mulai dikembangkan di Blitar Selatan. Pantai Banteng Mati memang sudah lama dikenal dan kini sedang dipersiapkan untuk menjadi tempat wisata resmi yang populer di Blitar. Bagaimana tidak?, pesonanya juga tak kalah indah dipandang!. 

Pantai Banteng Mati memiliki ombak yang lumayan tenang karena diapit tebing di kanan kirinya. Pantai ini juga tidak hanya ada di satu lokasi saja. Jika ingin memuaskan diri dengan panorama banteng mati, melipir sedikit ke Pantai Banteng Mati Barat juga bisa dicoba, khususnya menjelang sunset. 

3. Pantai Wedi Ciut, Peh Pulo

pantai di blitar

Lokasi : Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar.
Map : Klik Disini

Peh Pulo mungkin sudah banyak dikenal, tetapi untuk ke Wedi Ciut, tidak semua orang mau mencobanya. Pantai Wedi Ciut ada di sebelah Pantai Peh Pulo dan untuk kesana, harus bersusah payah dahulu naik turun bukit. Pantai ini adalah solusi bila ingin mendapatkan suasana tenang dan sunyi di tempat wisata Pantai Peh Pulo. 

Sesuai namanya, pantai ini tidak terlalu luas dan memang ciut alias sempit, tetapi cukup menenangkan dengan panorama indah serta ombak khas pantai selatan yang berdebur kencang. Jika ingin berpetualang ria ke Pantai Wedi Ciut, jangan lupakan membawa logistik dan pelindung panas. 


4. Pantai Gayasan

pantai di blitar

Lokasi : Krajan, Tumpak Kepuh, Bakung, Blitar.
Map : Klik Disini

Salah satu destinasi wisata pantai di Blitar ini terbilang cukup unik, karena memiliki warna pasir pantai bervariasi mulai dari putih, coklat hingga hitam. Di pantai ini juga terdapat sungai yang berkelok ke tengah, tampak membelah pantai menjadi dua bagian.

Pantai ini terbilang indah dilihat dari ketinggian, dan menyenangkan disapa langsung di bawah. Dikelilingi bukit hijau yang menawan, menikmati pantai ini bisa dilakukan dimanapun. Mau di pasirnya, atau agak ke atas bukit?, semua kelelahan akan terbayar melihat pesona pantai selatan ini. 

pantai di blitar

Lokasi : Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar.
Map : Klik Disini

Pantai Gubit Mas adalah pantai tersembunyi yang memang benar-benar tersembunyi, karena untuk kesana, harus trekking sekitar hampir satu jam dari Pantai Jolosutro. Untuk ke pantai satu ini memang tidak mudah karena perjalanan cukup jauh, menyibak hutan dan naik turun bukit, tetapi petualangan yang dirasakan, pasti amazing!.

Pantai penuh petualangan ini berada di dekat hilir sungai. Area pantai Gubit Mas tidak luas, tetapi sangat panas. Jadi jangan lupa bawa logistik yang cukup dan perlengkapan trekking yang nyaman jika ingin menyepi ke pantai indah ini. Lokasi yang cukup jauh, sepi, ditambah panorama yang indah, mencoba camping sangat direkomendasikan. 

6. Pantai Pudak

pantai di blitar

Lokasi : Dusun Banyu Urip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.
Map : Klik Disini

Satu lagi pantai tersembunyi yang masih menyajikan jalur makadam berbatu adalah Pantai Pudak. Akses ke pantai ini memang terbilang sulit dan penuh perjuangan, karena harus mbrasak turun ke pantai jika ingin menikmati sensasi pasir putihnya. Pantai Pudak masih sangat bersih, jauh dari keramaian dan tidak terlalu lebar, sehingga layaknya jadi pantai pribadi.

Pasir putihnya nyaris tanpa karang di sepanjang mata memandang, sehingga aman untuk digunakan bermain di tepi pantai. Keadaan Pantai Pudak yang begitu bersih mempesona ini menjadi alasan kenapa tempat ini cocok sekali untuk camp. 

7. Pantai Keben

pantai di blitar

Lokasi : Banyu Urip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar.
Map : Klik Disini

Pantai di Blitar ini disebut-sebut sebagai yang paling bagus di Ngadipuro. Untuk mendapatkan pantai cantik ini tentu tidak mudah, karena untuk ke pantai tersembunyi ini, membutuhkan perjuangan yang tidak mudah dan sangat sulit. Namun, setelah sampai, jangan ragukan keindahannya guys!

Pantai Keben berbentuk melengkung membentuk teluk kecil layaknya bulan sabit. Meski tidak luas, pantai ini sangat bersih, dengan air yang bening, serta pasir putih yang lembut. Paduan sempurna untuk pantai cantik yang lama bersembunyi. Untuk mengunjungi pantai kelas berat ini, jangan lupa menyiapkan logistik, fisik dan kendaraan yang matang. 

8. Pantai Bakung

Lokasi : Banyu Urip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar.
Map : Klik Disini

Tak jauh dari Pantai Pudak, Pantai Bakung menanti tak jauh di sebelahnya. Kedua pantai ini memang bertetangga, dibatasi oleh Pantai Dung Dowo. Meski berada di lokasi yang sama, dengan akses yang tidak mudah, tetapi panorama keduanya jelas berbeda. 

Pantai Bakung lebih menyajikan ke hamparan pasir putih dan  karang-karang hijau menawan yang menyembul ke daratan, terlebih sore hari saat surut. Meski sedikit lebih luas, Pantai Bakung hanya cocok untuk bercengkrama menikmati pemandangan sore.

9. Pantai Bukit Indah

pantai di blitar

Lokasi : Dusun Panggung Pucung, Desa Kali Gambir, Kecamatan Panggungrejo, Tulungrejo, Wates, Blitar.
Map : Klik Disini

Layaknya Umbul Waru, pantai di Blitar ini juga terdapat air terjun. Bedanya, air terjun tidak ada di tepi pantai, tetapi tidak jauh dari bibir pantai. Memang membutuhkan perjuangan untuk ke pantai ini, karena harus jalan kaki menyeberang sungai. Namun, siapa yang tidak tertarik dengan wisata alam two in one ini?

Pantai Bukit Indah menyajikan hamparan pasir putih yang panas dikelilingi perbukitan hijau. Di sisi pantainya ada muara sungai, dimana pada ujungnya terdapat air terjun yang bisa sekaligus dikunjungi, sebagai penyegar suasana. Jadi ingin kemana dulu?, Air Terjun Umbul Baros dan Pantai Bukit Indah menanti!

10. Pantai Jebring

pantai di blitar

Lokasi : Banyu Urip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar.
Map : Klik Disini

Pantai Jebring adalah salah satu wisata pantai yang menuju populer di Blitar, meski letaknya tersembunyi. Pantai ini memiliki bentang pantai yang luas dengan pasir hitam yang eksotis. Kabarnya dulu pantai ini pernah menjadi tambang besi. Meski begitu, pantai ini kini mulai ramai pengunjung. 

Pantai luas ini memiliki ombak yang keras dan area pasir yang luas, sehingga bisa digunakan untuk bermain sepuasnya. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Princen dan jika laut tidak pasang, bisa sekalian menyusuri pasir hitam ke Pantai Princen untuk menghabiskan waktu. 

Selain beberapa destinasi wisata pantai yang populer, Blitar masih banyak menyimpan pantai cantik di pesisir selatannya. 10 pantai tersembunyi di atas hanya beberapa dari sekian banyak pantai tersembunyi lain, tetapi memiliki panorama unik dan indah yang membuatnya memiliki nilai plus. 

Di samping pantai-pantai tersebut, masih ada banyak pantai tersembunyi lain seperti Pantai Geger Sapi, Pantai Kaliurang, Pantai Legundi, Pantai Garuda, Pantai Wedi Ireng, Pantai Serit dan lainnya.


Tips wisata pantai di Blitar :

  1. Tergolong sulit, persiapkan fisik dan kendaraan dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan. Sebaiknya menggunakan kendaraan roda 2. 
  2. Lokasi masih minim petunjuk arah. Bertanyalah dengan penduduk sekitar jika bingung. 
  3. Bawalah perbekalan yang cukup, karena area pantai tersembunyi belum dikelola dan tidak ada fasilitas apapun. 
  4. Pakailah sandal anti selip untuk trekking
  5. Area pantai sangat panas, bawalah topi, payung dan sunblock.
  6. Tidak disarankan untuk berenang di pantai selatan.
  7. Jangan merusak dan mengotori area pantai dengan membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel