Bukit Jemplang, Panorama Lembah Cantik di Kawasan Bromo - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Bukit Jemplang, Panorama Lembah Cantik di Kawasan Bromo

Gunung Bromo masih menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Timur, disamping Kawah Ijen. Pesona Gunung Bromo memang tidak diragukan lagi. Berada di Taman Nasional Tengger Bromo Semeru, Kawasan Gunung Bromo memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi. 

Tidak hanya mengandalkan Gunung Bromo saja sebagai tujuan utama, setiap sudut kawasan Gunung Bromo adalah panorama alam sempurna yang keindahannya sudah mendunia, salah satunya adalah Puncak Penanjakan. Selain itu, ada satu lagi yang tak kalah indah, yaitu Bukit Jemplang. 

Bukit Jemplang berada tak jauh dari Simpang Jemplang atau Pos Jemplang. Pos Jemplang sendiri adalah salah satu gerbang menuju Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sekaligus penghubung antara Kabupaten malang dengan kawasan taman nasional. Kawasan Simpang Jemplang ini berada sekitar 2 kilometer dari Kecamatan Ngadas Malang. 

Jadi, jika ingin ke Bukit Jemplang, bisa mengikuti rute dari Tumpang, Malang - Gubugklakah - Jemplang. Simpang Jemplang adalah satu-satunya jalan ke Taman Nasional dari Kecamatan Ngadas. Maka jangan heran kalau di area ini cukup dingin dan kadang berkabut. Tetapi panoramanya..... awesome!

Tak Hanya di Persimpangan


Jemplang merupakan pintu masuk warga Tengger yang berasal dari Malang untuk menuju ke Kawasan Kaldera Tengger. Menurut legenda, wilayah ini dijaga oleh Mbah Doreng yang merupakan cantrik atau pengikut dari Joko Seger dan Roro Anteng. 

Sebagai petilasang Mbah Doreng, sampai saat ini Jemplang masih dipelihara dan dirawat serta digunakan sebagai pengabdian kepada leluhur dengan cara memberi sesajen utama berupa dupa dan kemenyan serta rokok klobot yang dibungkus kulit jagung. 

Pesona Jemplang mulai terasa saat tiba di Simpang Jemplang yang juga menunjukkan arah ke Ranu Pane, Semeru dan Gunung Bromo. Tapi kali ini tidak kesitu guys, cukup berhenti sejenak dan menikmati pemandangan terbuka yang indah luar biasa indah saat pagi maupun sore hari. Baca : 15 Spot Terbaik Menikmati Kawasan Wisata Gunung Bromo. 

Di area Simpang Jemplang ada beberapa warung di tepi jalan. Dari atas tempat menyerupai jembatan yang dibatasi pagar besi ini tampak lembah hijau kawasan Gunung Bromo. Di sebelah kanan di kejauhan juga tampak Gunung Semeru. Jika cuaca tak berkabut, panorama di area terbuka luas ini sangat bagus. 

Kawasan Jemplang berada di ketinggian 2.300 mdpl. Namun, jangan lupa waktu jika menikmati pemandangan di kawasan ini karena mengenal Bukit Jemplang lebih dalam tentunya semakin seru. Nah, jika ingin ke Bukit Jemplang, dari persimpangan lanjutkan belok ke kiri. Tak jauh di sebelah kanan ada tanjakan jalan setapak kecil dan mulailah berjalan menyusurinya. 

Lembah Cantik Bukit Jemplang


Tak jauh naik sedikit di jalan setapak, ada gardu pandang yang didepannya ada jalan setapak menurun ke arah Bukit Jemplang. And here we go!, Bukit Jemplang menanti. Tidak membutuhkan banyak tenaga, panorama lembah indah terbuka terpampang seluas mata memandang, dibatasi lereng Gunung Widodaren dan Gunung Watangan dengan guratan indahnya. 

Tempat menikmati Bukit Jemplang ini memang tidak luas, tetapi banyak spot menarik yang bisa didapatkan. Lembah ini tampak kuning menggoda saat musim kemarau dan hijau subur saat musim penghujan. Jadi, mau datang musim apapun, keindahan yang ditawarkan pastinya berbeda dengan keindahannya masing-masing. 

Jika ingin turun ke dasar lembah, jalur memang cukup terjal dan curam dan lebih seperti tidak ada jalurnya, tapi masih terbilang aman dan cukup menantang untuk dilakukan. Dasar lembah adalah padang savana Bromo yang sangat luas, serta juga ada bukit teletubbies, spot favorit kawasan Bromo yang digemari banyak orang. 


Menurut masyarakat sekitar, kawasan Bukit Jemplang ini biasanya juga dimanfaatkan beberapa wisatawan, khususnya photographer, untuk membidik spot foto - milky way, yang sempurna. Jadi tidak masalah jika ingin menghabiskan waktu dengan camp di dasar lembah. Bahkan, bukan hanya wisatawan domestik saja yang tergiur dengan keindahan Bukit Jemplang, tetapi wisatawan mancanegara juga guys!

Meski tampak panas, ada dua bukit kecil di bawah lembah yang salah satunya cukup teduh karena ditumbuhi beberapa pohon, cocok untuk lokasi camp. Di sekitarnya juga ada jalan setapak yang biasanya digunakan oleh masyarakat tengger untuk beraktivitas di kawasan Gunung Bromo. 

Senja Romantis dengan View Manis



Jika ingin menikmati savana bromo tanpa jauh-jauh turun ke Kawasan Bromo, Bukit Jemplang bisa menjadi solusi. Lokasinya yang strategis, sunyi, tetapi tidak jauh dari keramaian ini bisa menjadi tempat paling nyaman untuk berwisata seharian. Kenapa?, karena selain pemandangan pagi yang indah dari Simpang Jemplang, pemandangan senja yang indah juga bisa didapatkan dari Bukit Jemplang. 

Menjelang sore, biasanya kabut akan turun perlahan ke dasar lembah, menutupi sedikit demi sedikit area di bawahnya. Berpadu dengan sinar jingga matahari yang seolah menguningkan rerumputan, menjadikan sajian alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.



Tips Wisata ke Bukit Jemplang : 

  1. Memasuki kawasan TNBTS diimbau tidak menggunakan sepeda motor matic.
  2. Patuhi aturan yang berlaku dalam kawasan TNBTS.
  3. Pakailah sandal anti selip karena area Bukit Jemplang cukup terjal. 
  4. Bukit Jemplang baik dikunjungi saat pagi dan sore hari.
  5. Kawasan Bukit Jemplang sangat panas, bawalah pelindung kepala untuk meminimalisir panas menyengat.
  6. Jika ingin turun ke dasar lembah, bawalah logistik yang cukup, terutama air. 
  7. Jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar jika ingin diantar ke spot-spot terbaik lainnya yang ada di dekat area bukit. Biasanya dipatok tarif Rp.100.000 - Rp.150.000/ grup. 
  8. Jangan mengotori area dengan buang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Bukit Jemplang : 

  • Lokasi : Jl. Bromo Semeru, Dusun Jarak Ijo, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : TNBTS Rp.30.000 , kendaraan TNBTS Rp.5.000 (roda 2) ; Rp.10.000 (roda 4)
  • Aktivitas : Bersantai, trackingcamping, olah raga.
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, gazebo, spot selfie, warung makan.
  • Wisata Sekitar : Blok Watugede, Watukuto, Gunung Batok, Pura Poten, Gua Widodaren, Laut Pasir Tengger, Padang Savana, Bukit Teletubbies, Coban Trisula, Ranu Pane. 
Baca Juga
>