Pantai Banteng Mati Blitar - Si Perawan yang Mulai Dikenal - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pantai Banteng Mati Blitar - Si Perawan yang Mulai Dikenal

Pantai Banteng Mati Blitar. Bagi sebagian besar masyarakat di Blitar, Pantai Banteng Mati bukanlah sesuatu yang baru. Tetapi bagi beberapa masyarakat di luar Blitar, pantai ini pastinya membuat penasaran. 

Layaknya Pantai Pasir Putih Gondo Mayit yang banyak membuat penasaran dengan nama yang seram didengar, Pantai Banteng Mati juga telah mengundang banyak travelers yang bernafsu menyibak pesona tersembunyinya. 

pantai banteng mati

Banteng Mati belum dibuka untuk tempat wisata, tetapi letaknya yang berdekatan dengan pantai populer di Blitar - Pantai Tambakrejo, mengunjungi Pantai Banteng Mati ini cukup mengasyikkan. 

Pantai Banteng Mati berada di sebelah timur Desa Tambakrejo, yaitu Dusun Sidorejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berada sekitar 5 kilometer dari Pantai Tambakrejo

Cara ke Pantai Banteng Mati

Dari Kademangan, ikuti petunjuk arah yang ada di setiap perpotongan jalan. Kondisi jalan sudah sangat baik dan beraspal sehingga nyaman untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sebelum memasuki area wisata, ada biaya retribusi yang dikenakan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menyusuri sawah-sawah di kanan-kiri jalan. Mendekati tempat wisata Pantai Tambakrejo, ada pertigaan ke kiri dan ikuti jalur ke arah Pantai Pasir Putih. 

Ikuti jalur utama, melewati belokan ke arah Pantai Pasir Putih. Kemudian, ada pertigaan kecil di depan gubuk - ada palangnya, berupa jalur makadam dan cor-coran. Ikuti jalur tersebut masuk ke perkebunan penduduk.

Tetap ikuti jalur utama sampai ada pertigaan di dekat gubuk kecil, ambil jalur ke kiri. Jalurnya sedikit menurun dan memutari bukit. Jalur makadam dan tanah berbatu akan mengantar sampai di pertigaan lagi yang lurus menanjak dan kekiri. Pilih kekiri hingga sampai di area Pantai Banteng Mati. 

Info & Tips : 

  • Jalur sempit dan berupa makadam, sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua. 
  • Banyak percabangan yang membingungkan, sebaiknya tanya masyarakat sekitar yang ditemui. 

Pesona Pantai Banteng Mati

pantai banteng mati

Pantai Banteng Mati dikenal juga dengan Mbantengan. Sudah lama dikenal penduduk sekitar, tetapi baru-baru ini keindahan panoramanya sudah menyibak ke permukaan. Meski belum menjadi tempat wisata resmi, Pantai Banteng Mati sedang dipersiapkan untuk menjadi salah satu tempat wisata di Blitar yang populer. 

Area sekitar pantai Banteng Mati yang dulunya masih tertutup, kini sudah terbuka, dilengkapi gubuk yang lumayan lebar di sisi pantai untuk beristirahat. tak hanya itu, di area pantai yang luas ini juga telah dilakukan penanaman bibit cemara yang kelak akan menambah kecantikan Pantai Banteng Mati.


Baca : Pantai Gondo Mayit - Pesona Tersembunyi Blitar Selatan

Sekilas, tempat wisata pantai ini masih sepi dari wisatawan dan hanya dikunjungi oleh masyarakat sekitar yang ingin menikmati sore. Garis pantainya melengkung diapit dua bukit yang menjadi batas dengan pantai - pantai lain di sebelahnya.
pantai banteng mati

Seperti pantai kebanyakan, pasir putih pantai Banteng Mati sangat halus dan bersih, mengingat alamnya masih tampak alami. Ombak di Pantai Banteng mati cukup besar, tetapi tidak sebesar ombak di Pantai Gondo Mayit

Tempat wisata pantai dengan area yang tidak cukup luas ini memiliki panorama yang indah, meski terbatas. Bagian kanan dan kiri pantai memang dipenuhi batuan karang. Jadi jika ingin berenang tipis-tipis, sebaiknya tidak di area itu agar bisa leluasa. Namun juga jangan terlalu berenang ke tengah. 

Alkisah Pantai dan Banteng Mati

Kenapa pantai ini disebut Banteng Mati? 

pantai banteng mati

Menurut masyarakat sekitar, dulunya area tersebut merupakan hutan lindung dan banyak dihuni oleh banteng. Pada suatu waktu, salah satu banteng kakinya terjerat di batuan karang pantai dan tidak bisa melepaskan diri, akhirnya banteng itu mati ditempat. 

Lambat laun, ketika masyarakat mulai menghuni di sekitar area tersebut, area hutan lindung dibuka dan di tebas untuk dialihfungsikan menjadi kebun tebu. Pantai disana pun dikaitkan dengan kisah banteng terjerat dan dijuluki Pantai Banteng Mati. 
Kelak, rencana kedepannya Pantai Banteng Mati ini akan dibuka menjadi wisata. Ada ide bahwa pulau karang di sebelah barat akan dipotong agar menyerupai Pantai Balekambang Malang. Oh... nooo...

Pantai Banteng Mati Barat

Pantai Banteng Mati ternyata ada ekstraknya!. Lelah bercengkrama cerita di Pantai Banteng Mati Timur, saatnya melanjutkan perjalanan ke barat untuk menyibak pesona Pantai Banteng Mati Barat. 

Untuk ke Pantai Banteng Mati Barat bisa membawa kendaraan ke arah pertigaan terakhir yang menanjak tadi. Jadi dari Banteng Mati Timur ikuti jalan kembali hingga di pertigaan, kemudian belok kanan ke arah makadam menanjak. 

Di atas bukit, akan tampak Pantai Banteng Mati Barat dan Timur. Kemudian, lanjutkan berjalan menurun ke arah barat. 

Pantai Banteng Mati Barat ini memang lebih rimbun, sehingga untuk ke pantainya bisa mencari jalan terobosan sendiri. Bisa dibilang, bagian barat ini adalah bonus agar lebih sempurna mengunjungi tempat wisata pantai di Blitar yang susah dijangkau ini. 


Berbeda dengan bagian timur, Pantai Banteng Mati Barat ini lebih unik dan instagramable. Pantainya memiliki garis pantai yang panjang, tetapi tidak seluruhnya berpasir. Separuh area pantainya tertutup oleh batuan karang yang ditumbuhi lumut hijau, diikuti batuan yang menutup seluruh area pantainya. 

Sedangkan di bagian baratnya, ada area hamparan pasir putih bersih bagi yang ingin bermain air dan bersantai yang lebih mainstream. Dengan komposisi lengkap dan spot sempurna, mengabadikannya lewat kamera tidak boleh disia-siakan begitu saja. 

Meski cukup melelahkan untuk menggapai Pantai Banteng Mati Barat, pesona yang ditawarkan memang terbilang indah, terlebih saat sunset. Melengkapi petualangan dengan camp semalam di pantai pribadi ini sepertinya ide yang sangat menarik!.

Tips Wisata di Banteng Mati :

  1. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik. 
  2. Saat musim hujan, jalan ke arah Pantai Banteng Mati sangat becek dan akan mempersulit perjalanan. 
  3. Jangan ragu untuk bertanya pada masyarakat sekitar yang sedang berkebun, karena jika nyasar pasti akan lebih banyak rintangan cabang yang membuat frustasi. 
  4. Gunakan sandal anti selip, karena perjalanan ke Pantai Banteng Mati Barat lumayan melelahkan.
  5. Sebaiknya tidak berenang terlalu ke tengah untuk keamanan. 
  6. Bawalah bekal karena di area pantai hanya ada gubuk untuk beristirahat.
  7. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme.
pantai banteng mati
Cheers...

Informasi Wisata Pantai Banteng Mati Blitar : 

  • Lokasi : Dusun Sidorejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : -
  • Aktivitas : Bersantai, bermain pasir, tracking, camping.
  • Fasilitas : Gubuk 
  • Penginapan Terdekat : Jati Homestay.
  • Wisata Sekitar : Pantai Pasir Putih Gondo Mayit, Pantai Tambakrejo.

>