Pantai Gondo Mayit - Pesona Tersembunyi Blitar Selatan - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pantai Gondo Mayit - Pesona Tersembunyi Blitar Selatan

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit. Gondo Mayit, mendengar nama pantai ini sudah membuat merinding karena namanya yang seram. Namun, tempat wisata pantai ini tidak seseram namanya. Banyak wisatawan yang tertarik dengan Pantai Pasetran Gondo Mayit. Bukan saja karena namanya yang seram maupun kemistisan tempatnya, pesona alam dan keindahan Tempat Wisata Pantai di Blitar ini pun mengundang para wisatawan untuk menengoknya.

pantai gondo mayit

Tempat Wisata Pantai Pasetran Gondo Mayit terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai Pasetran Gondo Mayit juga dikenal sebagai Pantai Pasir Putih setelah dibuka menjadi tempat wisata.



Rute ke Pantai Pasir Putih Gondo Mayit :

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit bisa diakses dengan kendaraan pribadi. Rute ke Pantai Gondo Mayit dari Kota Blitar bisa mengambil jalur ke arah Kademangan dan Tulungagung. Ikuti arah menuju Pantai Tambak Rejo, karena lokasinya berada di sebelah tempat wisata Pantai Tambak Rejo Blitar. 

Hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari kota Blitar dengan jalan beraspal yang berbelok-belok.  Dari Desa Tambak Rejo, ada tiga cara ke Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit, yaitu :

  1. Dari pertigaan jalan sebelum Pantai Tambakrejo, belok kiri dan ikuti arah ke Pantai Pasir Putih. Jalan cukup terjal tetapi aman untuk kendaraan roda dua. 
  2. Dari Pantai Tambakrejo berjalan menyeberang sungai di sebelah kiri pantai, kemudian naik-turun bukit untuk ke seberang. 
  3. Menyewa perahu nelayan dari Pantai Tambakrejo untuk ke Pantai Pasir Putih. Tetapi kini menyewa perahu sudah jarang dilakukan, bisa dibilang sudah tidak ada lagi. 


Info & Tips :
  • Selain kendaraan pribadi biasanya bisa ditempuh dengan transportasi umum (angkot) dari Terminal Patria Blitar. Menjelang sore biasanya angkot tujuan ke selatan sudah tidak beroperasi. 
  • Jika sedang beruntung (datang di pagi hari), maka tidak perlu membeli tiket masuk kawasan Pantai Tambakrejo karena masih tutup.
  • Jika suka sedikit tantangan dan petualangan, menyeberang bukit bisa menjadi solusi menarik, karena view indah banyak ditemukan di atas bukit.

Asal Usul Nama Pasetran Gondo Mayit

pantai gondo mayit
Pantai dan Bukit Pasetran Gondo Mayit
Pantai ini indah, tetapi namanya terdengar menyeramkan. Kenapa dinamakan Gondomayit?. Dalam bahasa jawa, Gondo berarti 'bau' dan mayit yang berarti 'mayat'. Namun bukan berarti banyak mayat bergelimpangan disini, karena nama Gondo Mayit mulai ada sejak jaman penjajahan

Memang banyak simpang siur kenapa nama pantai pasir putih Blitar ini seram. Konon, dahulu di lokasi tersebut banyak ditemukan banyak jenazah di jaman penjajahan, sehingga menimbulkan bau menyengat. 

Tak hanya kisah tentang mayat,tempat ini semakin mistis karena dipercaya sebagai tempat persinggahan Nyi Roro Kidul. Maka akhirnya tempat wisata pasir putih ipi pun dikenal dengan nama Pasetran Gondo Mayit. 


Naik - Turun Bukit ke Pasir Putih Gondo Mayit 


Kini pesona tempat wisata Pasir Putih Gondo Mayit Blitar ini mulai tersohor sejak dibukanya jalan langsung ke lokasi pantai. Sehingga, tidak banyak wisatawan yang mau susah-susahan naik turun bukit dari Pantai Tambak Rejo

Sebenarnya mendaki bukit di sebelah kiri Pantai Tambak Rejo juga tidak begitu melelahkan karena jalan setapak sudah cukup jelas. Justru, panorama dari atas bukit yang mempesona sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Di pertengahan bukit akan terlihat laut lepas, bentangan Pantai Tambak Rejo dan Pantai Gondo Mayit yang menawan.


pantai pasir putih gondo mayit
Bukan puncak bukit...
Di puncak bukit ada sebuah gubuk kecil untuk beristirahat sejenak sambil merasakan angin semilir pantai. Saat hari libur dan kala ramainya wisatawan, tempat ini biasanya menyediakan makanan ringan dan minuman.

Dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyeberangi bukit ini. Jika musim hujan, jalan becek cukup menghambat perjalanan sehingga waktu menyusuri bukit lebih lama. Sampainya menuruni bukit, tampak Pantai Pasetran Gondo Mayit yang indah, luas dan ombak panjangnya yang bergemuruh menyapu pantai.

Pesona Pantai Pasir Putih Gondo Mayit 

pantai pasir putih gondo mayit

Air laut di Pantai Gondo Mayit sangat bening, mengundang siapapun untuk terjun menikmati sejuk air dan hempasan ombaknya. Bibir pantai yang tidak cukup dalam membuat bentuk ombak memanjang sangat indah. 

Meski pesisirnya tidak dalam, ombak di Pantai Gondo Mayit terbilang besar dan keras, khas ombak pantai selatan. Pantai Gondo Mayit tidak berada di cekungan seperti Pantai Tambak Rejo, sehingga ombaknya pasti lebih besar. Jadi, daripada berenang, disarankan hanya bermain di tepi pantai dan tidak terlalu ke tengah.

pantai pasir putih gondo mayit
Sepi tapi Rame
Berbeda dengan dulu, kini sudah ada warung - warung kecil di sepanjang Pantai Pasir Putih Gondo Mayit yang bisa menjadi tempat beristirahat. Jika tidak, ada pula beberapa gazebo kecil di tepi pantai yang bisa disinggahi untuk menikmati pantai maupun tidur siang. 

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit tidak hanya menyajikan ayunan air laut dan suara ombak keras. Ada beberapa spot menarik di pantai ini yang tentu saja bakal menjadi tujuan photographer, pecinta pantai dan tak lupa juga pelaku spiritual. 


Berikut beberapa spot menarik di Pantai Pasir Putih Gondo Mayit :


1. Bukit Pantai Tambak Rejo - Gondo Mayit


Kini memang tak banyak yang menyempatkan naik ke atas bukit ini karena tempatnya yang cukup melelahkan ditempuh dari lokasi parkir Pantai Pasir Putih. Padahal dari atas bukit ini, pemandangan sangat indah dan memikat mata.

Ada beberapa spot di area bukit ini yang sangat menarik untuk menikmati pantai. Ada beberapa bukit karang menjorok ke laut yang lumayan eksotis untuk dijadikan spot foto. Ditambah ombak besar yang menerjang, tentu menjadi view yang amat sempurna.


Untuk naik ke bukit ini cukup terjal dan melelahkan, tapi jangan salah dengan pesonanya yang pasti akan membuat siapapun berlama-lama mengabadikan momen ke dalam kamera.



2. Pasetran Gondo Mayit

pasetran gondomayit

Di atas Puncak Gondo Mayit ada sebuah pesanggrahan yang dibuat dan dipercaya masyarakat sekitar sebagai persinggahan Ratu Laut Kidul. Tempat inilah yang disebut Pasetran Gondo Mayit. Konon di sekitar area bukit inilah dulu tercium bau mayat karena digunakan untuk pembuangan korban di zaman penjajahan.

Karena sering didatangi para pelaku spiritual, jalan setapak sudah dicor untuk mempermudah naik ke atas. Tempat ini terbuka untuk umum, entah itu ingin melakukan kegiatan spiritual ataupun hanya sekedar duduk menikmati pemandangan.

Menikmati pemandangan sunset dari atas Puncak Gondo Mayit ini juga tak kalah indah karena matahari sore akan tampak jelas dari atas bukit. Namun jangan lupa tetap jaga sikap karena di ujung bukit ada area tertentu yang terdapat banyak dupa dan bunga sajen. 


3. Pantai Tanpa Nama

pantai gondomayit

Berjalan ke timur dari pantai dan puncak bukit, ada sebuah pantai yang tidak begitu ramai. Pantai yang selokasi dengan Pantai Gondo Mayit ini memang tidak sepopuler tetangganya, karena area pantai yang dipenuhi batu karang dan tertutup bukit Gondo Mayit.

Meski jarang dikunjungi wisatawan yang datang, pantai ini tempat yang asyik bagi yang suka memancing. Tak jarang ada beberapa orang yang sibuk memancing di tempat ini. Bukan hanya itu, lokasinya yang cukup lapang, sepi dan bersih, cocok sekali bagi yang ingin camp

Saat surut, pantai ini menunjukkan dataran karangnya yang cukup cantik berwarna hijau karena lumut. Tempat ini tidak cocok untuk bercengkrama saja karena area karang yang lebih mendominasi daripada pasir putihnya. 


Menikmati Pantai Pasir Putih Gondo Mayit ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika ingin mengeksplor semua keindahan dari berbagai sudutnya. Tapi sayang, pantai yang dulunya masih perawan dan harus susah payah untuk menggapainya, kini kotor penuh sampah karena kurangnya kesadaran para wisatawan maupun masyarakat.



Vidio Pantai Pasetran Gondomayit klik disini.


Tips Wisata ke Pantai Pasetran Gondo Mayit : 

  1. Lebih baik sedia payung atau topi karena lokasi tempat wisata pantai Pasetran Gondo Mayit sangat panas ketika siang hari dengan minimnya pohon atau tempat untuk berteduh. 
  2. Selain untuk wisata, area pantai ini biasanya juga dikunjungi oleh para pelaku spiritual, jadi jagalah sikap di area wisata. 
  3. Jangan berenang di area bibir pantai karena ombak sangat besar. Jika ingin bermain air, cari tempat yang cukup aman, seperti di dekat bukit untuk meminimalisir ombak. 
  4. Waktu yang cocok untuk berkunjung adalah sore hari.
  5. Jagalah kebersihan di area pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme. 



Informasi Wisata Pantai Pasir Putih Gondo Mayit : 

  • Lokasi : Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, East Java 66173 (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : 
  • Aktivitas : Bersantai, bermain pasir, tracking, kegiatan spiritual.
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, kamar mandi, warung makan.
  • Penginapan Terdekat : Villa Puncak Pantai Tambak Rejo.
  • Wisata Sekitar : Pantai Tambak Rejo, Pantai Banteng Mati.

Baca Juga :