Pantai Pudak - Pesona Sunyi dan Alami Blitar Selatan - Manusia Lembah

Catatan Perjalanan, Informasi Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pantai Pudak - Pesona Sunyi dan Alami Blitar Selatan

Pantai Pudak Blitar. Bicara tentang Blitar, tentu kaya akan pesona pantai selatannya yang aduhai dan tidak kalah dengan deretan pantai di Gunungkidul maupun Malang selatan. Tidak sedikit tempat wisata pantai di Blitar yang sudah mengundang decak kagum para wisatawan maupun para petualang. Meski hanya beberapa yang sudah resmi dikembangkan menjadi tempat wisata, pantai-pantai baru dengan pesona menawan satu persatu mulai dikenal, salah satunya adalah Pantai Pudak. Siapa yang tahu bahwa pantai tersembunyi satu ini ternyata menyimpan panorama indah?

pantai pudak
Pantai Pudak
Pantai Pudak terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berada sekitar 23 kilometer dari Kota Blitar. Tidak seperti wisata pantai Pantai Tambakrejo yang sudah populer, akses jalan ke Pantai Pudak masih tergolong sulit, tapi pasti tampak biasa saja bagi masyarakat sekitar yang menggantungkan hidup di area perkebunan yang mengelilingi pantai. 

Rute ke Pantai Pudak bisa melalui alternatif berikut :
  1. Blitar - Lodoyo (Sutojayan) - Ngeni - Banyu Urip - Pantai Pudak.
  2. Blitar - Kademangan - Tambak Rejo - Beringin Serang - Pasar Ngeni - Dusun Banyu Urip - Pantai Pudak. 

Sampai di perempatan Dusun Banyuurip sudah ada petunjuk ke Pantai Pudak dan Pantai Jebring. Bukan hanya itu, ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi sekaligus yang searah dengan Pantai Pudak yaitu Pantai Bakung, Pantai Benelan, Pantai Dungdowo, Pantai Selok Dadap dan Pantai Selok Kancil. Tenang.... rasakan dulu sapaan awal dari Pantai Pudak ini.

pantai pudak
Petunjuk Arah Mendekati Area Pantai
Akses ke Pantai Pudak memang masih sulit dan rusak karena jalur berupa makadam berbatu yang terjal. Tidak hanya sulit, perjalanan melalui ladang perbukitan yang panjang dan panas di siang hari cukup membuat lelah di jalan. So, keep spirit. Akses ke Pantai Pudak yang sulit ini justru menjadikan pantai ini tetap alami, bersih dan tenang. 

Setelah melewati jalan sulit berliku, giliran langkah kaki yang harus menembus semak pepohonan untuk sampai ke bibir pantai. Perjalanan yang panjang, menguras tenaga sekaligus menguras bensin akan terbayar dengan hamparan pantai pribadi yang menyapa di balik rimbunnya pepohonan. 

pantai pudak
Pantai Pudak #2
Yah... Pantai Pudak memang belum resmi dibuka sebagai tempat wisata karena akses yang jauh dan sulit diakses. Pesona Pantai Pudak tidak jauh beda dengan tempat wisata pantai di Blitar yang lain. Hanya saja, kesunyian layaknya belum pernah tersentuh oleh banyak wisatawan menjadikan nilai plus bagi Pantai Pudak. Di area pantai ini dialiri oleh hilir sungai yang mengering saat musim kemarau tiba. 

Laut biru dengan ombak khas pantai selatan yang menggebu-gebu semangat menggugah selera siapapun untuk segera berjabat dengan air laut Pantai Pudak. Pasir putihnya lembut, bersih dan nyaris tanpa karang di sepanjang mata memandang, sehingga aman untuk bermain-main di tepi pantai. Garis pantainya melengkung tidak begitu panjang sehingga asyik untuk ditelusuri. 

pantai pudak
Silent...
pantai pudak
Pantai Pribadi

Pantai Pudak berada di tengah dua tebing karang yang berdiri kokoh menjadi pembatas. Sebuah pulau karang tampak tak jauh dari bibir pantai, menjadi ciri khas Pantai Pudak. Memiliki waktu senggang untuk menjamah pantai pribadi sementara ini sangat mengasyikkan. 

Kesunyian dan angin semilir yang bersatu dengan suara ombak akan membuat siapapun jatuh cinta, seolah-olah melupakan penderitaan jalan terjal untuk pulang yang akan datang.


Keadaan Pantai Pudak yang begitu bersih mempesona ini menjadi alasan kenapa tempat ini cocok sekali untuk camp. Sepi pengunjung, tidak ada fasilitas serta jauh dari pemukiman membuat Pantai Pudak sangat cocok untuk menyepi sejenak dari hiruk pikuk kota. Tapi, jangan lupa kalau jalan terjal masih menantimu pulang.


pantai pudak
Cheers...

Tips Wisata di Pantai Pudak :
  1. Jika bingung mencari lokasi pantai, jangan segan untuk tanya kepada masyarakat sekitar. 
  2. Gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang masih sulit. Jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.
  3. Meski sudah ada petunjuk arah selepas Dusun Banyuurip, jalan di area perkebunan cukup membingungkan karena ada beberapa percabangan. 
  4. Jangan lupa mengunci motor dengan aman karena tidak ada tempat parkir se'tukangnya yang menjaga.
  5. Area Pantai Pudak sangat panas ketika siang hari dan hanya sedikit area teduh. Bawalah pelindung kepala dan sunblock agar tidak terbakar sinar matahari.
  6. Pakailah sandal anti selip untuk trekking. 
  7. Tergolong pantai selatan dengan ombak yang besar, sebaiknya tidak berenang di area pantai.
  8. Di Pantai Pudak tidak ada fasilitas apapun. Bawalah makanan dan minuman sendiri untuk bekal.
  9. Karena kebersihannya masih terjaga, jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan vandalisme.