Pesona Pantai Jebring Ngadipuro Blitar, Favorit Para Petualang - Manusia Lembah

Pesona Pantai Jebring Ngadipuro Blitar, Favorit Para Petualang

Nama Pantai Jebring mungkin sudah tidak asing, karena pantai ini sudah lama populer di kalangan travelers. Hanya saja, karena akses yang terbilang susah, pantai Jebring jarang dikunjungi wisatawan di luar kota Blitar.

Bagi yang suka keliling pantai, Pantai Jebring bisa menjadi salah satu destinasi yang tepat di Blitar Selatan. Bukan hanya menyimpan panorama alam yang indah, Pantai Jebring juga dikelilingi beberapa pantai lain yang bisa sekaligus dikunjungi dengan jarak yang tidak terpaut jauh.

pantai jebring
Pantai Jebring berada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Berada sekitar 23 kilometer dari Kota Blitar. Pantai ini searah dengan beberapa pantai tersembunyi lainnya seperti Pantai Keben, Pantai Wedi Ireng, Pantai Princen dan lain-lain.

Berbeda dengan wisata pantai di Blitar seperti Pantai Tambakrejo yang sangat populer, Pantai Jebring ini belum dikelola menjadi tempat wisata, meski tiap hari libur pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Namun tenang, karena pantai ini sudah dikelola oleh warga sekitar menjadi salah satu pantai yang bisa jadi pilihan liburan.

Rute ke Pantai Jebring

Akses jalan ke Pantai Jebring sama dengan akses ke Pantai Keben, sehingga masih tergolong sulit, sama seperti jalur-jalur pantai tersembunyi di Blitar pada umumnya.

Rute ke Pantai Jebring bisa melalui alternatif berikut :

1. Blitar - Lodoyo (Sutojayan) - Ngeni - Banyu Urip - Pantai Jebring.
  2. Blitar - Kademangan - Tambak Rejo - Beringin Serang - Pasar Ngeni - Dusun Banyu Urip - Pantai Jebring.

Rute setelah dari Ngeni, akan sampai di pertigaan Jorongan / Nyamil / Sidomulyo. Disini ada dua petunjuk arah, jika ke kiri Pantai Serang dan ke kanan Pantai Pudak. Ambil jalur ke Pantai Pudak dan ikuti jalur sampai tiba di perempatan Dusun Banyuurip dengan petunjuk arah ke 10 pantai di Desa Ngadipuro. Pantai Keben, Pantai Jebring dan Pantai Princen mengikuti arah ke kanan.

Ikuti arah sampai di pertigaan yang terdapat peta wisata pantai. Disitu, silahkan melihat jalur beberapa pantai yang bisa dikunjungi sekaligus, karena ada beberapa pantai lain yang tidak disebutkan di petunjuk awal tadi. Jika sudah, lanjutkan arah ke kiri mengikuti petunjuk. Jalur ini akan melewati proyek Jalur Lintas Selatan (September 2020) dan ikuti arah ke kanan ke arah pantai. Ikuti arah sampai ada petunjuk arah ke Pantai Keben dan Pantai Jebring. Lanjutkan ke arah Pantai Jebring.

Info & Tips :

• Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena akses yang cukup sulit mendekati area pantai.
  • Sudah ada petunjuk arah yang jelas. Jangan lupa jika bertemu proyek JLS, ambil arah ke kanan ke arah selatan.
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Panorama Pantai Jebring

pantai jebring

Pesona Pantai Jebring sebenarnya tidak hanya dikenal masyarakat Blitar saja, tetapi juga wisatawan luar kota. Karena nama pantai ini tidak terlalu populer dan belum resmi menjadi tempat wisata, maka pantai ini cenderung sepi dan jarang dikunjungi. Mungkin pantai ini hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal di akhir pekan saja.

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Jebring, jalan turunan cor-cor'an yang cukup curam menyambut hingga sampai di area pantai luas dan teduh. Area Pantai Jebring sangat luas dan teduh karena ada banyak pohon cemara udang yang membuat nuansa di pantai menjadi sejuk.

Pantai ini dibatasi bukit hijau di sebelah barat dan tebing tinggi di sebelah timur. Warna pasir pantainya cenderung coklat kehitaman karena kandungan bijih besi. Awalnya biji besi di pantai Jebring pernah ditambang tahun 2010 - 2014. Karena penambangan itulah akses jalan ke Pantai Jebring ini terbuka.

Di sebelah timur pantai ini ada Pantai Princen, sedangkan di bagian baratnya ada aliran sungai, kemudian ada Pantai Kepala Kucing yang dibatasi oleh Patuk Uyah, bukit karang yang menjorok ke laut dan biasanya digunakan spot memancing warga sekitar.

Patuk Uyah dari Pantai Jebring

Panorama dari Patuk Uyah ini lumayan cantik lho, jadi jangan sia-siakan ke Pantai Jebring tanpa naik ke Patuk Uyah. Hanya saja, harus melewati aliran sungai dulu guys, dan yang terpenting, tetap hati-hati. Aliran sungai ini bertemu pada satu titik yang cukup luas, sehingga banyak orang yang menyebutnya danau.

Meski luas dan terbilang teduh, Pantai Jebring sama dengan pantai-pantai yang lain, yaitu panas di sepanjang garis pantainya. Kecantikan Pantai Jebring ada di sebelah timur, karena di area ini ada karang besar berbentuk unik (batu payung). Biasanya, banyak orang mengambil spot foto di area ini dan menjadi ciri khas Pantai Jebring. Berada di bawah tebing tinggi, ada sedikit tempat berteduh selain pohon cemara yang melambai di kejauhan.

Untuk urusan perut, tidak perlu kawatir, karena ada warung kecil, gazebo dan bangunan lain di Pantai Jebring. Warung semi hunian ini menyediakan makanan kecil dan aneka minuman yang bisa dipesan. Bahkan, pemilik warung mengaku kalau memang tinggal di Pantai Jebring, jadi hampir dipastikan buka setiap hari.

Wisatawan yang datang ke Pantai Jebring tidak hanya sekedar wisata dan memancing. Biasanya juga mandi di area sungai, hingga camping ceria untuk melengkapi liburan asyik di Blitar Selatan. Pantai yang luas, sepi dan ada warung tunggal. Hm... menarik bukan?!

Cheers...

Tips Wisata di Pantai Jebring :

1. Jika bingung mencari lokasi pantai, jangan segan untuk tanya kepada masyarakat sekitar.
  2. Gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang masih sulit. Jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.
  3. Jangan lupa mengunci motor dengan aman karena tidak ada tempat parkir setukangnya yang menjaga.
  4. Area Pantai Jebring sangat panas di siang hari dan hanya sedikit area teduh. Bawalah pelindung kepala dan sunblock.
  5. Pakailah sandal anti selip untuk trekking.
  6. Tergolong pantai selatan dengan ombak yang besar, sebaiknya tidak berenang di area pantai. Renang di area sungai bisa menjadi solusi.
  7. Di Pantai Jebring tidak ada fasilitas apapun. Bawalah makanan dan minuman sendiri untuk bekal.
  8. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan vandalisme.

Informasi Wisata Pantai Jebring :

• Lokasi : Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM :
  • Aktivitas : Bersantai, bermain pasir, memancing, camping.
  • Fasilitas : Warung, gazebo
  • Wisata Sekitar : Pantai Weiitem, Pantai Princen, Patuk Uyah.