Pantai Keben & Tebing Ngloncor, Bulan Sabit di Blitar Selatan - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pantai Keben & Tebing Ngloncor, Bulan Sabit di Blitar Selatan

Keindahan pantai - pantai di Blitar memang masih menjadi rahasia bagi sebagian traveler. Namun kini, cantiknya deretan pantai selatan di bumi Bung Karno ini telah mengundang berbagai wisatawan dari berbagai daerah.


Dari beberapa wisata pantai yang sudah populer, nama Pantai Keben masih jarang didengar, meski sebagian wisatawan lokal sudah sangat mengenalnya. Pantai Keben merupakan salah satu pantai cantik di Kabupaten Blitar yang terkenal dengan bentuk bulan sabitnya. Hal ini pasti membuat banyak orang penasaran. 

pantai keben

Pantai Keben berada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Berada sekitar 23 kilometer dari Kota Blitar. Pantai ini searah dengan beberapa pantai tersembunyi lainnya seperti Pantai Jebring dan Pantai Princen.


Rute ke Pantai Keben

Akses jalan ke Pantai Keben masih tergolong sulit, sama seperti jalur-jalur pantai tersembunyi di Blitar pada umumnya. 


Rute ke Pantai Pudak bisa melalui alternatif berikut :

  1. Blitar - Lodoyo (Sutojayan) - Ngeni - Banyu Urip - Pantai Keben.
  2. Blitar - Kademangan - Tambak Rejo - Beringin Serang - Pasar Ngeni - Dusun Banyu Urip - Pantai Keben. 

Rute setelah dari Ngeni, akan sampai di pertigaan Jorongan / Nyamil / Sidomulyo. Disini ada dua petunjuk arah, jika ke kiri Pantai Serang dan ke kanan Pantai Pudak. Ambil jalur ke Pantai Pudak dan ikuti jalur sampai tiba di perempatan Dusun Banyuurip dengan petunjuk arah ke 10 pantai di Desa Ngadipuro. Pantai Keben, Pantai Jebring dan Pantai Princen mengikuti arah ke kanan. 


Ikuti arah sampai di pertigaan yang terdapat peta wisata pantai. Disitu, silahkan melihat jalur beberapa pantai yang bisa dikunjungi sekaligus, karena ada beberapa pantai lain yang tidak disebutkan di petunjuk awal tadi. Jika sudah, lanjutkan arah ke kiri mengikuti petunjuk. Jalur ini akan melewati proyek Jalur Lintas Selatan (September 2020) dan ikuti arah ke kanan ke arah pantai. Iku arah sampai ada petunjuk arah ke Pantai Keben dan Pantai Jebring. Lanjutkan ke jalan kecil ke Pantai Keben.


Info 7 Tips :

  • Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena akses yang cukup sulit mendekati area pantai.
  • Sudah ada petunjuk arah yang jelas. Jangan lupa jika bertemu proyek JLS, ambil arah ke kanan ke arah selatan. 
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.


Panorama Pantai Keben

pantai keben

Berbeda dengan tetangganya - Pantai Jebring yang mulai populer, Pantai Keben cenderung sepi. Padahal, panorama yang ditawarkan sangatlah mempesona. Perjalanan yang jauh penuh tantangan mulai dari aspal mulus, makadam, hingga tanah rumput bercampur tebu, serasa dibayar lunas. Pantai Keben seperti surga kecil yang indah. 


Hamparan pasir coklat yang lembut di bawah bukit menjadi pintu pembuka ke pesisir pantai. Disini tampak bibir pantai yang melengkung dan berujung pada bukit hijau di depan, seolah mengatakan hanya seluas inilah Pantai Keben yang bisa dinikmati. Mungil, cantik, bersih dan asri memang andalan pantai tersembunyi di Blitar ini. Namun ciri khasnya bisa dilihat dari atas bukit. Ya!, pantai bulan sabit!.


Jika ingin melihat keindahan lain dari pantai ini, jangan ragu untuk mendaki bukit di sebelah barat pantai. Memang terdengar membosankan, apalagi setelah berjibaku dengan jalanan terjal, tetapi bagi yang suka wisata pantai anti mainstream dan penggemar fotografi, jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Keben dari atas bukit guys!.


Meski dari bawah tampak mungil, ternyata pantai keben hanyalah bagian cekungan kecil nan panjang di laut selatan. Dari atas bukit tampak bentuk khasnya yang melengkung seperti bulan sabit yang dikelilingi bukit kokoh di kedua sisinya. Tampak juga ombak panjang Pantai Keben yang menjadi suara alam khas pantai selatan. Di bagian barat, tampak Tebing Loncor yang memang sayang jika tidak dikunjungi. 


Tebing Ngloncor

pantai keben

Tebing Loncor atau Tebing Ngloncor, adalah tebing karang yang menjorok panjang ke laut selatan di bagian barat Pantai Keben. Letaknya tidak jauh dari pantai. Mendekati Pantai Keben, ada gubuk di kanan jalan dan di sisi gubuk ada jalan setapak ke bukit yang berujung di Tebing Loncor Pantai Keben.


jika suka fotografi, atau ingin menikmati panorama laut selatan dari sudut yang berbeda, Tebing Ngloncor bisa sekalian dikunjungi. Tebing Ngloncor cukup panjang dan menjorok ke laut, sehingga dari tebing ini bisa tampak Pantai Princen dan Pantai Jebring yang dibatasi bukit tebing, membentuk gugusan indah di depan mata. 


Permukaan Tebing Ngloncor memang datar, meski faktanya berupa karang. Jadi, perlu hati-hati saat berjalan di area tebing ini agar tidak terjerembab ke sela-sela batuan karang. Jika ombak sedang tenang dan air surut, siapapun bisa berjalan sampai ke ujung tebing. 

pantai keben


Pemandangan di barat tebing ini sayang sekali jika tidak diabadikan dalam jepret kamera, apalagi jika menjelang senja. Menjelang matahari terbenam, pemandangan pantai, jajaran tebing yang disapu sinar jingga matahari akan membuat malas pulang siapapun yang datang.


Bagi yang suka memancing, tebing ngloncor cukup diminati sebagai lokasi memancing, bahkan menjadi spot baru untuk memancing. Tapi perlu diwaspadi ya guys, sebaiknya tidak ke ujung tebing saat ombak besar. Letaknya yang terlalu menjorok ke tengah laut, membuat Tebing Loncor rawan diterjang ombak segede rumah!. Bahkan, pada Agustus 2020 seorang pemancing ditemukan tewas setelah diterjang ombak di area ini. (agtvnews.com)

pantai keben

Cheers...


Vidio Pantai Keben dan Tebing Ngloncor Klik Disini


Tips Wisata di Pantai Keben 7 Tebing Ngloncor :

  1. Jika bingung mencari lokasi pantai, jangan segan untuk tanya kepada masyarakat sekitar. 
  2. Gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang masih sulit. Jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.
  3. Jangan lupa mengunci motor dengan aman karena tidak ada tempat parkir setukangnya yang menjaga.
  4. Area Pantai Keben sangat panas di siang hari dan hanya sedikit area teduh. Bawalah pelindung kepala dan sunblock.
  5. Pakailah sandal anti selip untuk trekking. 
  6. Tergolong pantai selatan dengan ombak yang besar, sebaiknya tidak berenang di area pantai.
  7. Jika ombak sedang besar, jangan berjalan terlalu ke ujung di Tebing Ngloncor, karena hempasan ombak kadang datang menghempas tak terduga. 
  8. Di Pantai Keben tidak ada fasilitas apapun. Bawalah makanan dan minuman sendiri untuk bekal.
  9. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan vandalisme.

Informasi Wisata Pantai Keben : 

  • Lokasi : Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : 
  • Aktivitas : Bersantai, bermain pasir, memancing.
  • Fasilitas : -
  • Wisata Sekitar : Pantai Weiitem, Pantai Princen, Pantai Jebring. 
Baca Juga
>