Pesona Pantai Keben, Dijuluki Bulan Sabit di Blitar Selatan - Manusia Lembah

Pesona Pantai Keben, Dijuluki Bulan Sabit di Blitar Selatan

Pantai Keben merupakan salah satu wisata di Blitar yang cukup populer di kalangan para petualang. Meski tidak sepopuler pantai lainnya, pantai kecil ini justru menawarkan panorama unik dengan julukan pantai bulan sabit. Bersebelahan dengan Tebing Ngloncor juga menjadikannya lokasi sempurna untuk menikmati senja. 

Lokasinya sangat mudah ditemukan apalagi sudah ada Jalur Lintas Selatan, sehingga untuk kesana tidak terlalu merepotkan seperti dulu. Bersanding dengan Pantai Jebring yang lebih dulu populer, pantai selatan di Blitar ini bisa menjadi jujugan bagi yang ingin suasana lebih privat. Pantai kecil dengan suguhan mempesona, siapa yang tidak tertarik?. 

pantai keben


Lokasi & Rute ke Pantai Keben

Pantai Keben berada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Berada sekitar 23 kilometer dari Kota Blitar. Pantai ini searah dengan beberapa pantai tersembunyi lainnya seperti Pantai Jebring dan Pantai Princen.


Rute ke Pantai Keben bisa melalui alternatif berikut :

  1. Blitar - Lodoyo (Sutojayan) - Ngeni - Banyu Urip - Pantai Keben.
  2. Blitar - Kademangan - Tambak Rejo - Beringin Serang - Pasar Ngeni - Dusun Banyu Urip - Pantai Keben. 
Jika ingin yang searah pantai di Jalur Lintas Selatan  (JLS)., dari arah timur bisa lewat Lodoyo (tujuan Pantai Serang), dan dari arah barat bisa lewat Kademangan (arah Pantai Tambakrejo). Kedua jalur tersebut nantinya akan menghubungkan ke Jalur Lintas Selatan dengan petunjuk arah ke pantai-pantai yang ingin dituju.


Info & Tips :

  • Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena akses yang cukup sulit mendekati area pantai.
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.


Daya Tarik Pantai Keben


pantai keben


Berbeda dengan tetangganya - Pantai Jebring yang mulai populer, Pantai Keben cenderung sepi. Padahal, panorama yang ditawarkan sangatlah mempesona. Perjalanan yang jauh penuh tantangan mulai dari aspal mulus, makadam, hingga tanah rumput bercampur tebu, serasa dibayar lunas. Pantai Keben seperti surga kecil yang indah. 


Hamparan pasir coklat yang lembut di bawah bukit menjadi pintu pembuka ke pesisir pantai. Disini tampak bibir pantai yang melengkung dan berujung pada bukit hijau di depan, seolah mengatakan hanya seluas inilah Pantai Keben yang bisa dinikmati. Mungil, cantik, bersih dan asri memang andalan pantai tersembunyi di Blitar ini. Namun ciri khasnya bisa dilihat dari atas bukit. Ya!, pantai bulan sabit!.


Jika ingin melihat keindahan lain dari pantai ini, jangan ragu untuk mendaki bukit di sebelah barat pantai. Memang terdengar membosankan, apalagi setelah berjibaku dengan jalanan terjal, tetapi bagi yang suka wisata pantai anti mainstream dan penggemar fotografi, jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Keben dari atas bukit guys!.


Meski dari bawah tampak mungil, ternyata pantai keben hanyalah bagian cekungan kecil nan panjang di laut selatan. Dari atas bukit tampak bentuk khasnya yang melengkung seperti bulan sabit yang dikelilingi bukit kokoh di kedua sisinya. 


Tampak juga ombak panjang Pantai Keben yang menjadi suara alam khas pantai selatan. Di bagian barat, tampak Tebing Loncor yang memang sayang jika tidak dikunjungi. 


Tebing Ngloncor


pantai keben


Tebing Loncor atau Tebing Ngloncor, adalah tebing karang yang menjorok panjang ke laut selatan di bagian barat Pantai Keben. Letaknya tidak jauh dari pantai. Mendekati Pantai Keben, ada gubuk di kanan jalan dan di sisi gubuk ada jalan setapak ke bukit yang berujung di Tebing Loncor Pantai Keben.


Jika suka fotografi, atau ingin menikmati panorama laut selatan dari sudut yang berbeda, Tebing Ngloncor bisa sekalian dikunjungi. Tebing Ngloncor cukup panjang dan menjorok ke laut, sehingga dari tebing ini bisa tampak Pantai Princen dan Pantai Jebring yang dibatasi bukit tebing, membentuk gugusan indah di depan mata. 


Permukaan Tebing Ngloncor memang datar, meski faktanya berupa karang. Jadi, perlu hati-hati saat berjalan di area tebing ini agar tidak terjerembab ke sela-sela batuan karang. Jika ombak sedang tenang dan air surut, siapapun bisa berjalan sampai ke ujung tebing. 


pantai keben


Pemandangan di barat tebing ini sayang sekali jika tidak diabadikan dalam jepret kamera, apalagi jika menjelang senja. Menjelang matahari terbenam, pemandangan pantai, jajaran tebing yang disapu sinar jingga matahari akan membuat malas pulang siapapun yang datang.


Bagi yang suka memancing, tebing ngloncor cukup diminati sebagai lokasi memancing, bahkan menjadi spot baru untuk memancing. Tapi perlu diwaspadi ya guys, sebaiknya tidak ke ujung tebing saat ombak besar. Letaknya yang terlalu menjorok ke tengah laut, membuat Tebing Loncor rawan diterjang ombak segede rumah!. Bahkan, pada Agustus 2020 seorang pemancing ditemukan tewas setelah diterjang ombak di area ini. (agtvnews.com)


pantai keben

Cheers...


Vidio Pantai Keben dan Tebing Ngloncor Klik Disini


Tips :

  1. Jika bingung mencari lokasi pantai, jangan segan untuk tanya kepada masyarakat sekitar. 
  2. Gunakan kendaraan roda 2 karena akses jalan yang masih sulit. Jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.
  3. Jangan lupa mengunci motor dengan aman karena tidak ada tempat parkir setukangnya yang menjaga.
  4. Area Pantai Keben sangat panas di siang hari dan hanya sedikit area teduh. Bawalah pelindung kepala dan sunblock.
  5. Pakailah sandal anti selip untuk trekking. 
  6. Tergolong pantai selatan dengan ombak yang besar, sebaiknya tidak berenang di area pantai.
  7. Jika ombak sedang besar, jangan berjalan terlalu ke ujung di Tebing Ngloncor, karena hempasan ombak kadang datang menghempas tak terduga. 
  8. Di Pantai Keben tidak ada fasilitas apapun. Bawalah makanan dan minuman sendiri untuk bekal.
  9. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan vandalisme.

Informasi Wisata Pantai Keben :


  • Lokasi : Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : 
  • Aktivitas : Bersantai, bermain pasir, memancing.
  • Fasilitas : -
  • Wisata Sekitar : Pantai Wedi Ireng, Pantai Princen, Pantai Jebring