Puncak Becici, Hutan Pinus Cantik yang Pernah Dikunjungi Obama - Manusia Lembah

Puncak Becici, Hutan Pinus Cantik yang Pernah Dikunjungi Obama

Yogya memang selalu istimewa. Hampir apapun yang ada di Yogya mampu membuat kesan indah bagi wisatawan, mulai dari tempat wisata, masyarakat, kuliner, suasana alam serta adat budaya Jawa'nya masih kental. Daerah istimewa yang menjadi wisata favorit banyak orang ini juga memiliki sederet wisata instagramable yang banyak diincar wisawatan milenial. 

Puncak Becici atau Bukit Becici merupakan salah satu tempat wisata alam cantik yang banyak menarik perhatian wisatawan. Hutan pinus yang dikenal dengan nama Hutan Sudimoro I atau Becici Asri ini adalah hutan lindung yang dikelola RPH Mangunan. Jika sudah mengenal Hutan Pinus Mangunan yang telah populer lebih dulu, maka jangan ragu untuk mampir ke Becici. 

bukit becici
Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus yang berada di Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo. Perjalanan menuju Bukit Becici busa melewati pertigaan Pathuk Jl. Jogja - Wonosari ke arah selatan sekitar 8 km atau melewati Desa Mangunan kekiri sekitar 5 km ke arah Pathuk Gunung Kidul. 

Becici Asri

bukit becici

Menurut cerita, nama becici berasal dari kata ambeg yang berarti berdiam diri dan suci, dimana di puncak bukitnya ditemukan petilasan menyerupai makam. Dipercaya petilasan ini merupakan persemayaman putra pendiri Desa Munthuk yang bertapa di daerah tersebut. 

Melewati gapura selamat datang, terdapat beberapa gubug milik warga setempat yang menjajakan makanan dan minuman pelepas lapar dahaga. Hutan pinus Becici ini awalnya hanya merupakan kawasan hutan produksi penghasil getah pinus. Namun, karena eksotisme panorama bentang alam dari bukit sebelah barat, tempat ini menjadi destinasi wisata.

Menurut informasi di tempat wisata, pengelolaan kawasan Puncak Becici masih swadaya dari masyarakat. Berbeda dengan Kawasan Wisata Hutan Pinus Mangunan, kawasan Puncak Becici masih disadap getahnya. Tiket masuk Puncak Becici Rp.3.000, sangat ekonomis bagi semua kalangan. 


Wisata Puncak Becici

bukit becici

Seperti wisata perbukitan pada umumnya, siapapun yang datang harus siap untuk berjalan menyusuri bukit hingga puncak. Puncak Becici yang memiliki ketinggian 380 mdpl ini cukup luas dan terdapat beberapa area unik yang bisa dikunjungi, seperti spot foto, petilasan, panggung hiburan, puncak, rumah pohon, foodcom, sumur pengomben hingga patung Barrack Obama. Hm, kenapa ada patung Presiden Amerika ke-44 disana?

Bukan tanpa alasan, Obama dan keluarga memang pernah mengunjungi Bukit Becici pada bulan Juni 2017. Kunjungan Obama tidak lama, hanya 15 menit saja untuk menikmati hawa sejuk dan panorama indah seperti Candi Prambanan dan Pantai Selatan. Karena kunjungan bersejarah itu, di puncak Becici kini ada patung Obama semasa kecil. 

bukit becici

Perjalanan ke puncak bukit Becici bisa ditempuh dalam waktu 20 menit. Gesekan daun pinus menjadi musik alami menemani perjalanan dari tempat parkir menuju puncak. Tidak perlu kawatir lelah, karena di samping kiri dan kanan perjalanan sudah tedapat bangku dari batang pinus untuk beristirahat maupun bersantai. 

Area yang luas, sejuk dan indah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Hutan Pinus Becici, yaitu :

1. Menikmati panorama alam di puncak

bukit becici

Diperlukan perjalanan sekitar 300 meter dari tempat parkir untuk menuju puncak. Di puncak, terdapat pesarean Raden Tumenggung Sujono Dipuro yang diyakini sebagai tokoh masyarakat yang membuka Puncak Becici. Di atas ketinggian ini bila cuaca cerah akan terlihat Candi Prambanan bersisihan dengan Gunung Merapi

2. Berfoto di area selfie

Ada beberapa spot selfie berlatar pemandangan keren yang bisa dicoba, mulai dari gardun pandang, ayunan, rumah pohon. Entah siang maupun malam, spot selfie di Bukit Becici tetap akan membuat siapapun terpesona dengan kecantikannya. Menariknya, pengelola juga menyediakan paket pre wedding yang bisa dipilih loh!

3. Camping / Outbond

bukit becici

Terdapat area yang cukup datar yang bisa dipakai untuk camping. Selain tenda, bawalah hammock agar dapat menikmati suasana malam asyik di bukit Becici. Tempat ini juga cocok untuk piknik keluarga untuk mendapat suasana baru khas pegunungan. Tidak perlu takut panas karena hutan pinus Becici akan menawarkan udara sejuk lengkap dengan nyanyian serangga malamnya. Untuk camping cukup membayar Rp.5.000 per orang.

4.  Berpetualang

bukit becici

Bagi pecinta olahraga, bisa menjelajahi kawasan hutan pinus Becici. Ada trek yang sudah dicor, dipaving dan trek asli berupa tanah. Naik turun bukit dengan pemandangan yang indah tentunya tidak akan membuat mudah lelah. 

Selain jalan kaki, bisa juga menelusuri wisata Puncak Becici dengan naik mobil jeep wisata. Ada Dlingo Adventures Community (DAC) yang akan membantu menyusuri objek wisata di kawasan Dlingo, sehingga wisata akan semakin lengkap. Tarif jeep sekitar Rp.250.000 - Rp.500.000 dengan paket beragam dari short, medium dan long trip. Silahkan pilih!.

5. Menikmati Sunset

Puncak bukit Becici merupakan tempat ideal utntuk menikmati terbenamnya sang surya. Ada yang menikmati di pinggir pagar pengaman, di gazebo, di beberapa tempat duduk yang tersedia atua di atas gardu pandang yang menempel di pohon-pohon pinus. Biasanya banyak kaum muda datang ke tempat ini menjelang sunset. 

Puncak Becici adalah salah satu destinasi wisata di Yogya yang bisa jadi pilihan untuk menikmati sunset selain di pantai selatan. Sebenarnya ada beberapa tempat wisata terdekat dari Bukit Becici, seperti Pinus Pengger, Puncak Khayangan, Puncak Sosok, Puncak Sri Panjung dan lain sebagainya yang bisa sekalian dikunjungi jika belum capek

Tidak hanya kaum muda saja, Hutan Pinus Becici cocok untuk segala kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua, dari yang jomblo hingga yang sudah berkeluarga. Barrack Obama saja pernah datang, masa kamu nggak?,hehehe..

bukit becici
Cheers...

Tips Wisata ke Puncak Becici : 

  1. Pakailah sandal atau sepatu yang nyaman dan aman untuk trekking.  
  2. Puncak Becici baik dikunjungi saat pagi dan sore hari.
  3. Jika ingin camp bawalah perlengkapan sendiri. 
  4. Jika ingin menggunakan panggung hiburan untuk acara, hubungi pihak pengelola lebih dahulu. 
  5. Jangan mengotori area dengan buang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Puncak Becici : 

  • Lokasi : Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 06.00 - 22.00 WIB
  • HTM : Rp. 3.000
  • Aktivitas : Bersantai, trackingcamping, olah raga.
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, gazebo, spot selfie, foodcom, warung makan, mushola, kantor sekretariat, sekretariat jeep wisata.
  • Wisata Sekitar : Hutan Pinus Pengger, Puncak Khayangan, Puncak Sosok, Puncak Sri Panjung, Pinus Sari, dst. 
  • Telepon : 082 329 077 770 (Sugandi)
Baca Juga