Menjelajah Pesona Pantai Gubit Mas yang Tersembunyi - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Menjelajah Pesona Pantai Gubit Mas yang Tersembunyi

Kabupaten Blitar memiliki beragam pantai indah yang sebagian besar sudah dibuka sebagai tempat wisata. Pantai Gubit Mas, merupakan sebuah pantai tersembunyi di balik Bukit Pantai Jolosutro

Pantai Gubit Mas bukanlah pantai wisata dan hanya terjamah oleh penduduk sekitar yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Merupakan pantai tersembunyi, mengunjungi Pantai Gubit Mas tidak semudah mengunjungi pantai-pantai yang lain. So.. it's time to start journey !

pantai gubit mas
Pantai Gubit Mas, berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Untuk ke Pantai Gubit Mas, jalurnya sama dengan menuju ke Pantai Jolosutro. Untuk ke pantai Gubit Mas diperlukan perjuangan yang tidak mudah.  

Cara ke Pantai Gubit Mas

Ada beberapa alternatif rute ke Pantai Gubit Mas yang bisa dipilih. Semua rute akan menuju Pantai Jolosutro lebih dahulu. Berikut rute ke Pantai Jolosutro :

  • Dari Blitar via Kanigoro - Selopuro - Kedungwungu - Rejoso - Binangun - Wates - Jolosutro.
  • Dari Malang/Blitar via Kesamben - Jugo - Rejoso - Binangun - Wates - Jolosutro.
  • Dari Lodoyo via Margomulyo - Bumiayu - Binangun - Wates - Jolosutro.
Pantai Jolosutro hanyalah sebagai persinggahan untuk parkir motor. Kemudian dilanjutkan jalan kaki mendaki gunung lewati lembah.

Menyibak Hutan, Naik Turun Bukit

Treking dimulai dari Pantai Jolosutro ke arah barat naik bukit karang menuju Pantai Wedi Ireng. Kemudian sampai di ujung barat Pantai Wedi ireng, bersiaplah mulai perjalanan panjang memasuki hutan Jolosutro. 


pantai gubit mas
Rute yang dilalui cukup menanjak di tengah hutan lebat. Jika musim hujan, jalan ke bukit ini sangat licin. Meski tidak terjal, perjalanan cukup menantang karena jalur masih rapat. Setelah jalur mulai landai dan menurun, pertanda sudah dekat sungai. 


Membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam hingga ditemui aliran sungai yang jernih dan bersih, tetapi kering saat musim kemarau. Aliran sungai ini langsung mengalir ke Pantai Gubit Mas. Ada sumber air di sisi barat sungai. Jika ingin camp, lumayan membantu logistik air. 

pantai gubit mas

Sungai ini cukup lebar dan mau tidak mau, memang harus melaluinya untuk sampai ke Pantai Gubit Mas. Jika tidak ingin basah-basahan, bisa mengeluarkan jurus ninja dengan melompat ke satu batu ke batuan yang lain. 

Dari sungai, pantai memang belum tampak dan harus berjalan sekitar beberapa puluh meter di depan hingga mendengar desiran ombak keras pantai Selatan. Ujung sungai ini, tepatnya di sisi pantai, air membentuk sebuah kolam. Biasanya, selain di pantai, berenang di sungai juga menyegarkan. 


Panorama Pantai Gubit Mas

pantai gubit mas

Kelelahan menyusuri hutan, bukit dan sungai akan terbayar ketika sampai di Pantai Gubit Mas. Dahsyatnya ombak pantai selatan menghempas tebing yang berjajar di sisi kiri pantai. Beberapa karang berjajar menghiasi pesisir pantai yang masih bersih dan natural. 

Pantai Gubit Mas dikenal juga dengan nama Pantai Gupit Emas. Area Pantai ini memang tidak luas tapi sangat panas. Di pantai bagian tengah cenderung dipenuhi oleh bebatuan hingga sampai ujung barat, tetapi masih menyisakan area berpasir putih. 


pantai gubit mas

Ada sebuah gubuk di ujung barat pantai. Gubuk ini sangat berguna ketika mengunjungi pantai di siang hari, untuk berlindung dari panas. Pepohonan untuk berteduh memang hampir tidak ada dan hanya ada tempat teduh di bagian kiri pantai. Jadi tanpa musim hujan, payung sangat berguna disini. 

Berjalan ke sebelah kiri tampak deretan perbukitan tebing yang sangat indah, dikelilingi jajaran karang. Sehingga ketika ombak menghempas, akan membentuk sajian alam yang luar biasa. 


pantai gubit mas

Berjalan lebih ke kiri ada sebuah gua yang bisa mudah dicapai ketika air tidak terlalu pasang. Mengingat ombak pantai selatan yang sangat besar, berhati-hatilah jika menuju ke gua ini karena jika air pasang, akan sulit untuk kembali ke pantai.

Gubit Mas merupakan pantai yang menjadi tempat persinggahan nelayan dan Pantai Gubit Mas belum dibuka sebagai tempat wisata, meski letaknya di sebelah Pantai Jolosutro. 

Tidak ada fasilitas apapun di pantai ini, hanya ada dudukan sederhana yang dibuat oleh nelayan atau masyarakat sekitar yang biasanya memancing.  Meski mencapainya terbilang sangat melelahkan, keindahan, kesunyian dan dahsyatnya ombak yang tersaji akan membuat siapapun tergiur untuk mencoba sensasi camping di pesisir pasir putihnya.




Tips Wisata di Pantai Gubit Mas :

  1. Motor bisa diparkir di bagian ujung barat Pantai Jolosutro agar tidak terlalu jauh untuk ke Pantai Wedi Ireng.
  2. Bawalah persediaan logistik yang cukup karena perjalanan yang ditempuh cukup panjang dan melelahkan. 
  3. Pakailah sandal anti selip untuk mempermudah trekking.
  4. Jika tidak ingin basah-basahan, bisa menggunakan celana pendek.
  5. Bawalah alat penebas jika mungkin jalur sudah tertutup, atau untuk kemudahan perjalanan lainnya. 
  6. Bawalah pelindung kepala (topi, payung), karena Pantai Gubit Mas sangat panas. Pakailah sunblock bila perlu.
  7. Hati-hati di area sungai karena rawan didatangi ular. 
  8. Jangan mengotori area pantai dengan membuang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme. 

Informasi Pantai Gubit Mas : 

  • Lokasi : Area Hutan, Tulungrejo, Wates, Blitar, East Java (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : -
  • Aktivitas : Bersantai, berenang, bermain pasir, tracking, camping.
  • Fasilitas : -
  • Wisata Sekitar : Pantai Wedi Ireng, Pantai Jolosutro

Baca Juga
>