Gili Labak Madura - Eksotisme Surga Tersembunyi Pulau Garam - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Gili Labak Madura - Eksotisme Surga Tersembunyi Pulau Garam

Pulau Gili Labak Madura. Madura tidak selalu terkesan gersang. Pulau Garam yang kini sangat mudah diakses dengan adanya Jembatan Suramadu telah menampakkan beberapa wisata menarik yang cukup menarik perhatian wisatawan. Selain tempat-tempat wisata menarik di Pulau Madura sendiri, ada salah satu pulau di sekitar Pulau Madura yang menyita perhatian, yaitu Gili Labak. 

Pasti sebagian orang berfikir, apa pulau itu berpenghuni?, apa bisa dikunjungi?. Tentu saja!, bahkan bisa dibilang Gili Labak adalah tempat wisata andalan Madura yang sangat mempesona.

Pulau Gili Labak
Gili Labak berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya cukup jauh dari Pulau Madura sehingga membutuhkan perjalanan sekitar 2 jam menggunakan speedboat. 


Rute ke Gili Labak

Sebelum ke Gili Labak, pertama-tama harus ke Sumenep, Madura terlebih dahulu. Untuk ke Sumenep, dari Surabaya bisa ditempuh dengan bus tujuan Sumenep, atau via jalur udara dari Bandara Juanda ke Bandara Trunojoyo.

Untuk menuju ke Gili Labak ada beberapa opsi rute, yaitu : 
  1. Pelabuhan Kalianget : Rute yang paling banyak digunakan karena letaknya yang strategis. Berada 10 kilometer ke arah timur Sumenep. Disini bisa langsung mencari perahu untuk berlayar ke Gili Labak.
  2. Desa Lobuk : Ada sebuah pelabuhan kecil di Desa Lobuk yang kini mulai diminati wisatawan saat akan berwisata ke Gili Labak. Di dermaga, bisa langsung memesan perahu maupun menggunakan jasa pelayaran.
  3. Tanjung Saronggi : Berjalan ke arah timur dari pertigaan Saronggi ada sebuah dermaga yang banyak tersedia perahu untuk ke Gili Labak.
  4. Desa Kombang : Desa yang berada di Kecamatan Talango ini bisa menempuh perjalanan ke Gili Labak dengan waktu yang lebih singkat. Namun dari Kalianget harus ke Talango dulu dan memakai jalur darat hingga sampai di Kombang. Cukup rumit.

Info & Tips :
  • Rute dan transportasi yang paling populer adalah via Pelabuhan Kalianget. Untuk sewa perahu disini harus berani melakukan tawar menawar kepada penyedia transportasi. Jangan lupa menyewa untuk pulang-pergi ke Gili Labak. Kisaran tarif kapal sekitar Rp.350.000 - Rp 400.000 per kapal (kapasitas 15-18 orang). 
  • Jika sewa kapal sebaiknya rombongan agar tarif lebih murah.
  • Jika ingin lebih murah, bisa ke Gili Labak via Desa Kombang. Meski sedikit jauh dari kota Sumenep, penyeberangan dari Desa Kombang relatif singkat dan biaya lebih murah. 
  • Jika ingin berangkat barengan nelayan, jadwal keberangkatan jam 05.30 dan pulang ke Madura jam 16.00.
  • Bisa memakai agen perjalanan tujuan Gili Labak jika tidak ingin repot.

Beberapa opsi rute tersebut adalah cara ke Gili Labak yang umum digunakan dan bisa dipilih.

Pesona Gili Labak Madura

Pulau Gili Labak
Gili Labak Madura
Gili labak merupakan sebuah pulau kecil di tenggara Pulau Madura, terletak sekitar 18 kilometer dari Pelabuhan Tanjung. Sehingga, untuk ke Gili Labak, hanya bisa ditempuh dengan jalur laut. 

Pulau Gili Labak mempunyai luas sekitar 5 Ha. Pasir berwarna putih bertekstur lembut dan beningnya laut biru akan menyambut siapapun yang datang. Cuaca di Gili Labak cukup panas, namun kesejukan dan keindahan pemandangan sekitar akan menghilangkan penat. 

Pasir pantai nya yang putih bersih berpadu dengan birunya laut yang jernih, membuat mata tak jenuh memandang pesona pulau terpencil ini. Pantai dengan ombak yang tenang ini pasti berhasil membuat siapapun ingin tidur siang di bawah pohon cemara.

Keindahan Gili labak tidak hanya di bagian dermaga, tempat kapal mendarat saja. Pulau kecil yang tidak seluas lapangan bola ini juga cukup menarik untuk ditelusuri. Mengelilingi Pulau Gili Labak dengan berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 30 menit, jika tidak sesekali berhenti untuk berpotret ria.


Pulau Gili Labak
Pasir Putih Gili Labak

Perkampungan penduduk berada di tengah-tengah pulau, di daerah yang cukup rimbun dari pulau terpencil ini. Lelah berkeliling, siapapun akan tertarik bercengkerama di gubuk-gubuk pinggir pantai yang sengaja dibangun untuk tempat istirahat wisatawan. 

Gili Labak kini tak hanya sebagai tempat tinggal dan tujuan wisata, tetap juga dermaga kapal para nelayan untuk beberapa saat. Gili Labak terus dikembangkan untuk menunjang pariwisata dengan adanya homestay, gazebo, kursi santai dan baliho besar bertuliskan Pulau Gili Labak.


Fasilitas di Pulau Gili Labak sudah cukup memadai dengan adanya warung, gubuk-gubuk tradisional dan juga kamar mandi. Gubuk yang berada di bawah pepohonan teduh sangatlah nyaman untuk bercengkerama maupun tidur dalam suasana sejuknya pantai.

Tempat wisata di Madura ini juga menyediakan camp area bagi siapapun yang ingin menikmati suasana pulau lebih lama. Menyaksikan sunrise ataupun sunset juga bisa dinikmati di pulau kecil ini, yang penting jangan datang dan pulang di siang hari. 

Keindahan Underwater Gili Labak

Bosan dengan suasana daratan?, bosan hunting foto dengan batang-batang pohon berwarna putih di pantai yang menjadi ciri khas Pulau Gili Labak?, Let's jump into underwater !. Keadaan pemandangan bawah laut Gili Labak tak kalah menarik dengan pemandangan daratannya. 

Bawalah sedikit roti untuk memancing ikan-ikan datang. Snorkeling menyaksikan biota laut Pulau Gili Labak sangat menyejukkan mata. Karang-karang indah dalam laut bening berwarna biru yang berjajar, sekaligus hilir mudiknya ikan-ikan berwarna-warni akan membuat siapapun ingin menyelam lebih dalam.

Pulau Gili Labak
Bawah Laut Gili Labak
Tapi ingat, pemandangan snorkeling yang bisa dinikmati dalam batas pandangan mata ada di area yang sudah dibatasi dengan tali tambang. Bisa dibilang, di luar batas tali tambang, hampir tidak tampak karang maupun biota laut. Tapi tenang, area dalam tali tambang ini sangatlah luas sehingga butuh menaiki perahu untuk mencapai batasnya. 

Dengan adanya berbagai paket wisata, open trip maupun private trip, berkunjung ke pulau terpencil andalan Pulau Garam ini bukan hanya angan-angan semata. Sendiri atau beramai-ramai' pun, Gili Labak menanti !

Tips Berkunjung ke Pulau Gili Labak : 

  1. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, naiklah perahu penyeberangan dengan 8 - 15 orang.
  2. Perhatikan cuaca jika berniat berkunjung ke Gili Labak. Jauhnya lokasi dan cuaca akan menjadi salah satu faktor keamanan dalam perjalanan.
  3. Pulau Gili labak sangat panas, jadi bawalah pelindung kepala, kecuali jika ingin menghitamkan kulit.
  4. Bawalah alat snorkeling karena tidak ada penyewaan alat di Pulau Gili Labak.
  5. Jangan lupa membawa action cam yang sudah dilengkapi dengan water housing atau waterproof agar bisa menjelajah bawah laut Gili Labak lebih puas.
  6. Ada 2 jenis kamar mandi yaitu, kamar mandi air laut dan air tawar. Kamar mandi umum adalah kamar mandi air laut. Jika ingin air tawar maka sediakan uang lebih.
  7. Jika ingin lebih lama di Gili Labak, ada homestay yang bisa disewa dengan tarif sekitar Rp.500.000/malam, atau perumahan warga dengan tarif sekitar Rp.300.000/malam dengan 3 kamar tidur.
  8. Biasanya homestay sudah di booking oleh penyedia trip wisata. Jadi jika ingin bermalam, selalu sedia tenda.
  9. Masih pulau yang sangat alami, jangan tinggalkan sampah anorganik.
Pulau Gili Labak
Cheers...

Informasi Wisata Gili Labak Madura : 

  • Lokasi : Kombang, Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : -
  • Aktivitas : Snorkeling, camping,  naik perahu, bersantai, bermain pasir, susur pantai.
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, kamar bilas, kamar ganti, tempat ibadah, warung makan.
  • Penginapan : Homestay dan perumahan warga. 
  • Wisata Sekitar : Pantai Sembilan Gili Genting, Gili Iyang.