Air Terjun Dolo Kediri - Primadona Lereng Gunung Wilis - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Air Terjun Dolo Kediri - Primadona Lereng Gunung Wilis

Air Terjun Dolo Kediri. Berada di Kediri, jangan hanya berburu tahu. Mampir sejenak merasakan kesejukan di Kota Tahu ini, akan membuat perjalanan tak terlupakan. Tempat ngadem populer di Kota Tahu ini salah satunya adalah Air Terjun Dolo. Air terjun Dolo adalah salah satu wisata di Kediri yang terkenal dengan kesejukan, panorama sekaligus kelelahan petualangannya. Berada di bagian timur lereng Gunung Wilis tidak pernah sepi akan pengunjung. 


Air Terjun Dolo Kediri
Air Terjun Dolo terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Kediri, Jawa Timur. Memang ada beberapa air terjun di Kediri, tetapi Air Terjun Dolo adalah salah satu yang cukup populer dan banyak digemari wisatawan. Padahal, untuk kesana juga tidak mudah lho!


Rute ke Air Terjun Dolo Kediri

Tempat Wisata Air Terjun DOlo Kediri berada sekitar 25 kilometer dari pusat kota Kediri ke arah barat. Ada tiga cara ke Air Terjun Dolo, yaitu :
  1. Melalui Pasar Muning : Dari Pasar Muning lurus ke selatan hingga pertigaan Kecamatan Mojo, ikuti arah menuju Besuki dan ikuti petunjuk ke Air Terjun Dolo.
  2. Dari Terminal Taman Kota : Dari terminal lurus ke barat sampai di pertigaan Kedak. Ambil jalan ke kiri hingga menemui pertigaan lagi, kemudian ambil arah kanan. 
  3. Dari Pohsarang : Keluar dari Pohsarang, tepatnya sebelum pintu masuk gereja ada pertigaan Pohsarang (pertigaan badak), belok kiri. Saat jalan naik ada pertigaan lagi, pilih arah kanan. Ikuti jalan hingga Besuki. 

Info & Tips :
  • Dari luar kota bisa naik bus tujuan terminal Kediri. Bus dari Surabaya bisa langsung ke terminal Kediri. Sedangkan bus dari Solo bisa naik bus tujuan Nganjuk, kemudian oper bus kecil ke Kediri (Rosalia Indah).
  • Rute ke Air Terjun Dolo dari Pohsarang rawan kerusakan akibat longsoran batu dari tebing. Jadi wajib berhati-hati.
  • Disarankan melalui rute lewat Pasar Muning karena cukup lebar, lebih mudah dan sudah diperbaiki. 
  • Jalur menuju lokasi Air Terjun berbelok-belok dan menanjak khas pegunungan. Pastikan kendaraan juga dalam kondisi prima. 


Menaklukkan Ratusan Anak Tangga

Seperti yang sudah dikatakan di awal, untuk bisa sampai di Air Terjun Dolo memang tidak mudah. Setelah berkendara panjang di lereng pegunungan dengan view menawan di beberapa titik, giliran kaki yang akan melakukan tugasnya, dimana wajib berjalan menuruni ratusan anak tangga!.


Air Terjun Dolo Kediri

Jangan kira setelah sampai di parkiran, maka petualangan akan berakhir. Siapapun wajib menuruni anak tangga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer yang mungkin sangat menguras tenaga. Jadi pastikan membawa air yang cukup sekaligus kerabat yang cakap agar tidak merasa bosan di perjalanan. 

Sepanjang perjalanan menuruni ratusan anak tangga, pemandangan lereng hutan dan lebatnya pepohonan menjadi sajian yang menarik. Semakin turun ke bawah, suara alam dan penghuninya membuat suasana semakin sepi dan damai, lumayan mengusir rasa lelah. Tenang, jangan pikirkan baliknya.

Namun tidak perlu kuatir, ada beberapa warung kecil yang menjual makanan  ringan dan minuman di tepian tangga, lumayan untuk beristirahat sejenak. Tapi jangan terkecoh, karena adanya warung menandakan lokasi masih jauh. Jika suara air terjun mulai terdengar dan hutan semakin rapat, maka tandanya sudah dekat.


Pesona Air Terjun Dolo Kediri

Air Terjun Dolo berada di bagian timur lereng Gunung Wilis dan memiliki ketinggian 1.800 mdpl. Cukup jauh ke bawah dari lokasi parkir, membuat tempat wisata di Kediri  ini cukup terjaga dari kebisingan dan polusi pusat kota.


Air Terjun Dolo Kediri

Air terjun Dolo sendiri memiliki tinggi sekitar 125 meter dengan tiga tingkatan di bagian bawah. Bagian yang paling tinggi memiliki ketinggian sekitar 90 meter dan bagian bawahnya sekitar 2-5 meter. Debit air yang dicurahkan tidak cukup deras, tetapi sangat dingin. 

Lokasinya di tengah kawasan hutan pegunungan menambah sejuk kawasan air terjun. Berada di ketinggian lereng gunung, bukan hanya airnya saja yang dingin, tetapi juga suhu di sekitarnya. Tak salah jika tempat ini cocok untuk ngadem di tengah alam.

Ketika musim hujan, atau saat cuaca buruk, tempat wisata di Kediri ini akan tertutup kabut, menambah suhu dingin di area Air Terjun Dolo. Sebaliknya, saat cerah, suhu yang sejuk ditambah pemandangan khas alam akan menjadi sajian utama yang membuat siapapun betah berlama-lama.


Legenda dan Mitos Air Terjun Dolo Kediri :

Air Terjun Dolo Kediri

Bukan hanya panorama indahnya yang menarik, tempat wisata di Kediri ini juga memiliki legenda dan beberapa mitos yang beredar di masyarakat sekitar. 

Konon, pada jaman kewalian dulu, di sebelah kanan air terjun ada pohon besar yang diatasnya tergantung benda mistis yang kadang bisa dilihat dan tidak. Itulah kenapa lokasi ini dinamakan Dolo yang berarti 'sesuai yang tergantung' atau gemandul

Selain itu ada beberapa pantangan yang disarankan untuk dipatuhi ketika berkunjung ke Air Terjun Dolo Kediri, yaitu :
  • Tidak boleh bersiul dan bertepuk tangan.
  • Tidak boleh bersenda gurau berlebihan.
  • Tidak boleh mengambil hasil alam berlebihan.
  • Saat berkemah, semua benda tajam agar ditancapkan ke tanah.
  • Bersikap sopan dan tidak merusak area.

Pantangan tersebut mungkin tidak wajib untuk dilakukan tetapi dimaksudnya agar wisatawan yang datang terhindar dari segala hal buruk yang bisa terjadi. Lebih tepatnya, lebih baik tetap menjaga sikap di area wisata. 


Dolo, Tak Hanya Wisata Air Terjun


Bukan hanya air terjun saja yang bisa dinikmati di kawasan ini. Air terjun memang menjadi wisata inti, tetapi jika tidak ingin capek, ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Berada di ketinggian serta menawarkan kesejukan, kegiatan bernuansa alam seperti camping dan hiking menjadi agenda favorit di area Air Terjun Dolo.

Ada area berkemah yang cukup luas di area Air Terjun Dolo dan kadang selalu ramai oleh para petualang yang ingin ngadem sejenak di ketinggian. Jika kurang menantang, bisa melanjutkan Pendakian Gunung Wilis yang jalurnya tak jauh dari sana.

Kawasan wisata di Kediri ini juga menyediakan taman bermain anak-anak agar liburan tidak membosankan. Tak jauh dari lokasi juga ada kebun sayur buatan yang bisa dipetik sendiri jika ingin dibeli. Sekarang silahkan pilih, ingin berpetualang, olah raga, bersantai atau having fun di playground?


Tips Wisata ke Air Terjun Dolo :

  1. Jika naik kendaraan pribadi, khususnya motor, pastikan dalam kondisi baik dan prima.
  2. Perhatikan cuaca, karena disaat musim penghujan, udara akan semakin dingin dan jalan menuju lokasi cukup licin.
  3. Meski ada warung di area tangga, tetaplah bawa bekal, khususnya air minum, karena warung-warung biasanya tutup selain hari libur. 
  4. Pakailah alas kaki yang nyaman untuk trekking.
  5. Jarak dari air terjun ke lokasi parkir cukup jauh dan air sangat dingin. Jika ingin basah-basahan jangan lupa bawa baju ganti dan pertimbangkan lamanya kedinginan sampai atas. 
  6. Jangan mengotori area wisata maupun melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Air Terjun Dolo Kediri :

  • Lokasi : Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Jawa Timur  (Map : Klik Disini)
  • Ketinggian : ±125 meter
  • Buka / Tutup : 06.00 - 17.30
  • HTM : Rp.3.000/orang
  • Aktivitas : Olah raga, bersantai, mandi di air terjun, petik buah di kebun buatan, hiking, camping, fotografi. 
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, kamar mandi, gazebo, warung makan, playground, mushola, camping ground, kebun sayur.
  • Penginapan Terdekat : Villa Puncak Pantai Tambak Rejo.
  • Wisata Sekitar : Air Terjun Irenggolo, Taman Langit Besuki. 

>