Pendakian Gunung Butak 2.868 mdpl via Sirah Kencong - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pendakian Gunung Butak 2.868 mdpl via Sirah Kencong

Gunung Butak memang tidak seeksis gunung - gunung yang mempunyai ketinggian diatas 3.000 mdpl. Namanya juga jarang didengar. Tetapi, Gunung Butak cukup diminati penggiat alam di daerah-daerah sekitarnya, seperti Blitar, Malang dan Surabaya.

Gunung Butak memiliki hutan yang masih alami, trek menantang, serta alam yang menyejukkan. Dengan tinggi 2.868 mdpl, Gunung Butak masuk dalam 7 puncak tertinggi di Jawa Timur.

jalur pendakian gunung buthak via sirah kencong

Gunung Butak berada di Kecamatan Wlingi, Blitar, Jawa Timur. Gunung Butak masuk di dalam daftar 10 Gunung Tertinggi di Jawa Timur. dan bersebelahan dengan Gunung Kawi yang menjadi pembatas antara Blitar – Malang. 



Ada 4 jalur pendakian Gunung Butak, yaitu : 

  1. Jalur Desa Semen - Gandusari - Blitar (Sirah Kencong)
  2. Jalur Desa Wonosari (belakang Keraton Gunung Kawi), Kepanjen- Malang
  3. Jalur Desa Gadingkulon - Dau - Malang
  4. Dari Bukit Panderman, Batu - Malang
Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong merupakan jalur pendek yang terkenal terjal, tetapi menyajikan pemandangan hamparan kebun teh menawan.


Rute ke Sirah Kencong :


Menuju Kebun Teh Sirah Kencong memang tidak mudah, karena belum ada transportasi umum untuk kesana. Jadi, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau charter kendaraan di area Wlingi. 

Ada 2 rute yang sering dilalui dan bisa menjadi alternatif, yaitu : 

  • Blitar - Wlingi - Pasar Semen : Dari pasar semen belok kanan mengikuti petunjuk arah yang sudah jelas. Selepas jalan aspal, jalan mulai berbatu, berliku dan menanjak. Jalur ini akan melewati Perkebunan Kawisari dimana terdapat Air Terjun Lawean Kawesari. Di sepanjang jalur inilah keahlian pengemudi diuji hingga sampai di tempat wisata Perkebunan Teh Sirah Kencong
  • Wlingi - Kawedanan - Tegalsari : Dari pertigaan kawedanan Wlingi belok kiri dan lurus terus. Setelah menemukan SDN Ngadirenggo 2 terus lurus hingga menemukan pertigaan, kemudian belok kanan. Rute jalur akan melewati Perkebunan Pijiombo, Pabrik Susu, hingga pertemuan jalur dari arah Semen. Lanjutkan jalur ke kanan untuk sampai di Sirah Kencong. Jalur lebih mudah dan tidak berbatu.


Peta Jalur Pendakian Gunung Butak :

peta Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Jalur pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong memang tidak sepopuler jalur via Panderman. Tidak ada basecamp pendakian di Sirah Kencong dan hanya ada pos perijinan saja. Sirah Kencong sendiri merupakan wisata alam perkebunan teh yang setiap hari selalu ramai wisatawan.

Ada shelter di sisi parkiran yang bisa digunakan untuk persiapan sebelum pendakian. Asyiknya disini, jalur pendakian akan disuguhi panorama hamparan kebun teh, sebelum benar-benar menempuh pendakian yang terbilang berat.

Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong
Pos Ijin Sirah Kencong

Pendakian Gunung Butak

Pos Perijinan - Wukir Negara

Dari pos perijinan, perjalanan dimulai dengan naik bukit ke kawasan wisata kebun teh Sirah Kencong. Ada jalur setapak sempit yang akan menggiring hingga kebun teh. 

Awalnya, jalur memang berbelok-belok, hingga kemudian mulai terbuka dan menampakkan hamparan luas perkebunan teh dengan Gunung Butak yang berdiri gagah menantang di depan.


Pendakian Gunung Butak
Perjalanan Melalui Kebun Teh
Hamparan perkebunan teh hijau sangat menyejukkan mata. Namun, jangan terbius lama-lama karena pendakian yang sebenarnya baru saja akan dimulai. Setengah perjalanan menyusuri kebun teh, akan tiba di Brak Papat. 

Brak Papat merupakan tempat datar di tengah kebun teh yang sangat digemari para petualang yang ingin camping ceria bernuansa alam. Lokasinya yang strategis membuat panorama di tempat ini sangat indah nan menyejukkan. Kini, Brak Papat kabarnya telah dibangun untuk menunjang pariwisata Sirah Kencong.


Pendakian Gunung Butak
Pemandangan Hamparan Kebun Teh
Dari Brak Papat, pendakian dilanjutkan menyusuri jalan setapak ke arah gunung hingga sampai di tempat lapang yang menjadi batas antara perkebunan dengan hutan. Tempat ini disebut Wukir Negara.

Wukir merupakan pintu masuk hutan, alias gerbang awal pendakian Gunung Butak. Dari lokasi ini, pendakian langsung dilanjutkan dengan jalur setapak menanjak. 

Wukir Negara - Pos 1

Hutan rapat langsung menyapa ketika melanjutkan pendakian ke Pos 1. Sore hari pun bisa berubah layaknya malam hari, karena rapatnya pepohonan di dalam hutan. Waspadai pacet di sepanjang jalur pendakian.

Jalur berupa tanah padat yang menanjak konstan hingga sampai di Pos 1. Pos 1 berupa area datar yang cukup untuk 3 tenda isi 4. 


Pendakian Gunung Butak
Pos 1


Pos 1 - Pos 2

Selepas Pos 1, jalur masih berupa tanah padat menanjak di tengah hutan yang rapat. Jalur masih belum terbuka sampai mendekati Pos 2. Pos 2 ditandai dengan dua pohon besar di area terbuka yang sempit dan bergelombang. 

Pendakian Gunung Butak
Pos 2


Pos 2 - Pos 3

Pendakian Gunung Butak ke Pos 3 akan didominasi pohon pinus. Jalur pendakian sudah tidak begitu rapat. Tak jarang akan melewati beberapa pohon besar yang tumbang. Pos 3, berupa area landai dan terbuka, cocok untuk istirahat.

Pos 3 - Pos 4

Jalur pendakian dari Pos 3 ke Pos 4 masih menanjak, tetapi lebih curam dan licin. Pos 4 merupakan tempat istirahat di antara hutan pinus Gunung Butak.

Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong
Pos 4


Pos 4 - Pos 5

Jalur Pendakian dari Pos 4 ke Pos 5 merupakan trek paling berat dengan jalur yang semakin menanjak, melintasi hutan pinus dan semak-semak tinggi. Sekilas puncak Gunung Butak tampak di sepanjang jalur ini, tetapi lebih baik tidak dilihat, karena mungkin bisa membuat mental down sekaligus malas. Bagaimanapun, perjalanan masih jauh.

Mendekati Pos 5, jalur mulai terbuka dan digantikan oleh semak-semak tinggi. Area hutan pinus pun mulai didominasi hutan lumut. Pos 5, merupakan pos terakhir sebelum ke puncak, berupa area datar yang tidak luas.

Pos 5 - Puncak

Pendakian ke puncak didominasi pohon-pohon berlumut dengan vegetasi tidak rapat. Sehingga lumayan panas di siang hari. Sampainya di atas, area terbuka menampakkan savana luas. Jalur ke puncak Gunung Butak dilanjutkan dengan menyusuri jalur datar ke arah kanan.

jalur pendakian gunung butak
Savana Gunung Butak
Puncak Gunung Butak berupa dataran terbuka, ditandai dengan gundukan tanah dimana terpampang namanya, Gunung Butak. Di bawahnya, terdapat savana yang menjadi pertemuan dengan jalur via Panderman, sekaligus pos terakhir Pendakian Gunung Butak via Panderman.

Di puncak Butak tampak juga Gunung Panderman dan Gunung KawiJika cuaca cerah, tampak Gunung Kelud, jajaran Pegunungan Arjuno - Welirang dan Gunung Semeru.


jalur pendakian gunung butak via sirah kencong
Puncak Gunung Butak


Tips Pendakian Gunung Butak : 


  1. Gunakan kendaraan roda 2 jika lewat pasar Semen. Lebih baik lewat Tegalsari karena jalan lebih mudah dan bisa dilalui kendaraan roda 4. 
  2. Tidak ada sumber air di sepanjang perjalanan, siapkan logistik yang cukup. 
  3. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. 
  4. Dari Pos Perijinan, motor bisa dibawa hingga ke perkebunan teh (kaki Gunung Butak) melewati jalan makadam yang juga jalur trek. Namun, jika berniat ke puncak Gunung Butak, parkirlah motor di dekat Pos registrasi dan lanjutkan dengan jalan kaki. 
  5. Ada banyak jalan untuk ke pintu hutan (Wukir). Mungkin bisa menemukan jalur yang lebih singkat dengan menyusuri petak-petak perkebunan teh. Tapi tetap ingat jalur yang sudah dilalui. 
  6. Kebun teh sangat luas, petunjuk arah pendakian juga jelas. Jika ragu, pasang tanda di sepanjang jalur kebun teh agar tidak tersesat ketika perjalanan turun. 
  7. Di sepanjang jalur pendakian banyak pacet terutama ketika musim hujan. Gunakan sepatu dan celana panjang. 
  8. Puncak Gunung Butak yang berupa savana sangat panas di siang hari. Bawalah topi, jaket atau payung untuk melindungi dari sengatan matahari. 
  9. Saat musim hujan, jalur pendakian sangat licin, jadi tetap berhati-hati. 
  10. Jangan lupa jalur turun di perkebunan teh yang luas.
  11. Jangan mengotori area dengan membuang sampah sembarangan maupun melakukan vandalisme.

jalur pendakian gunung butak via sirah kencong
Cheers...

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Butak :

Pos Perijinan - Wukir Negara : 1 jam
Wukir Negara - Pos 1 : 50 menit
Pos 1 - Pos 2 : 45 menit
Pos 2 - Pos 3 : 1 jam
Pos 3 - Pos 4 : 30 menit 
Pos 4 - Pos 5 : 1 jam 30 menit
Pos 5 - Puncak : 30 menit

Informasi Gunung Butak via Sirah Kencong :

  • Tinggi : 2.868 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano
  • Wilayah : Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang
  • Kawasan : PT. Perkebunan Nusantara XII
  • Pengelolaan : Taman Hutan Raya Raden Soerjo
  • Letusan Terakhir : -
  • Puncak : Puncak Butak
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Pos 1, Area puncak Butak.
  • Durasi Pendakian Normal : 2 hari.
  • View Gunung :  Gunung Kelud,Pegunungan Arjuno - WelirangGunung SemeruGunung PandermanGunung Kawi.
  • Wisata Sekitar :Kebun Teh Sirah Kencong, Taman Kejora, Air Terjun Lawean Kawesari.
  • Lokasi Perijinan Sirah Kencong : Pkb. Sirah Kencong, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Tiket : Rp.5.000 (kebun teh), pendakian menyesuaikan.  


Baca Juga
>