5 Tempat Menarik di Perkebunan Teh Sirah Kencong

Kebun Teh Sirah Kencong Blitar. Wisata alam kini semakin digandrungi para wisatawan. Bukan saja daerah pesisir pantai, tetapi dataran tinggi juga banyak diminati karena selain hawa sejuk, pemandangan alamnya juga mengagumkan, tapi ya... tergantung dimana. Bukan hanya Malang dengan Kebun Teh Wonosari'nya, di Blitar juga ada Kebun Teh Sirah Kencong. Nama Perkebunan Teh Sirah Kencong pasti sudah tidak asing. Namun jangan salah, wajah Kebun Teh Sirah Kencong kini semakin dipoles cantik untuk pariwisata. Tempat wisata yang dikenal sebagai Jalur Pendakian Gunung Butak kini dikenal juga karena pesona wisata alamnya.
Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Kebuh Teh Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berada sekitar 37 kilometer dari Kota Blitar. Dulu, rute ke Kebun Teh Sirah Kencong terkenal dengan jalurnya yang terjal dan cukup berat. Ada dua rute ke Kebun Teh Sirah Kencong yang bisa dilalui, yaitu :
  1. Via Semen : Blitar - Wlingi - Pasar Semen - Belok kanan ke arah Sirah Kencong. 
  2. Via Tegalsari : Kawedanan Wlingi ke utara sampai Tegalsari - Belok kiri di pertigaan Tegalsari - Ikuti jalur melewati hutan sengon, SD Ngadirenggo 2, hutan pijiombo dan pabrik susu. Ikuti arah ke Kebun Teh Sirah Kencong.
Jalur kedua adalah jalur yang sangat direkomendasikan karena lebih mudah dari jalur Semen, sudah beraspal mulus dan dilengkapi dengan petunjuk arah. Kedua jalur tersebut adalah medan gunung, sehingga banyak tanjakan dan tikungan yang siap menanti.

Berada di bawah kaki Gunung Butak dan memang salah satu Jalur Pendakian Gunung Butak, Sirah Kencong tidak hanya menyajikan pesona alam bak permadani hijau saja, tetapi ada beberapa hal menarik yang ada di Sirah Kencong. Kini bukan hanya pendaki, tetapi semua kalangan umur dari yang muda hingga tua mulai terbius dengan wajah baru Sirah Kencong. 

Berikut beberapa tempat menarik di Sirah Kencong :

1. Kebun Teh 

Kebun Teh Sirah Kencong Blitar
Salah Satu Area Kebun teh
Sesuai namanya, andalan utama Sirah kencong adalah perkebunan teh yang  membentang luas di perbukitan di bawah kaki Gunung Butak. Sirah Kencong merupakan unit usaha dari Kebun Bantaran - PT Perkebunan Nusantara XII, dengan produk unggulan berupa teh hitam Ken Tea (Sirah KENcong TEA). Kebun teh Sirah Kencong berada di ketinggian 1.000 mdpl. Bisa dibayangkan bagaimana sejuknya hawa pegununggan disini. 

Pemandangan di perkebunan teh Sirah Kencong sangat mempesona. Menikmati hamparan luas hijau teh yang berbukit mampu membuat siapapun enggan segera beranjak di tempat ini. Terlebih adanya gasebo di beberapa titik yang semakin melengkapi waktu bersantai bersama keluarga, teman-teman, atau... si doi. 

2. Brak Papat

brak papat
Brak Papat
Bagi para pendaki gunung, nama Brak Papat tentu sudah tidak asing. Brak Papat berada di ketinggian 1.340 mdpl dan merupakan salah satu tempat favorit untuk camping ceria bagi penyuka ketinggian dan kesepian. Lokasi yang lebih tinggi dan masuk dalam jalur pendakian, tentu harus sedikit mendaki menembus kebun teh untuk sampai di Brak Papat.

Brak Papat adalah area lapang cukup luas di area perkebunan Sirah Kencong. Dari tempat ini yang berlatar belakang Gunung Butak, nampak juga megahnya Gunung Kelud. Dikelilingi panorama kebun teh yang hijau'pun serasa menyejukkan mata. Kala malam, giliran lampu-lampu kota yang muncul menghiasi dataran berdampingan dengan gemerlapnya bintang-bintang di langit. Ciehh....!

3. Candi Sirah Kencong

candi sirah kencong
Candi Sirah Kencong
Candi Sirah Kencong berada di salah satu bukit di kawasan Kebun teh Sirah Kencong. Dari tempat parkir, bisa mengikuti petunjuk arah untuk ke candi, tentunya dengan berjalan kaki. Memang membutuhkan sedikit tenaga karena harus mendaki bukit kecil sekitar 15 menit dari pintu masuk perkebunan. 

Candi Sirah Kencong ditemukan pada tahun 1967 dengan tiga bangunan pokok berupa kaki dan tubuh candi. Candi Sirah Kencong masih memiliki kesamaan dengan Candi Penataran dengan relief yang lebih sederhana. Di Candi Sirah Kencong terdapat relief Bubuksah Gagangaking, Samudra Mantana dan relief Bima. Dari lokasi candi, pemandangan utama berupa kebun teh juga masih mendominasi area. Sejarah yang berpadu dengan keindahan. Hm... duduklah sejenak sambil berkisah Bimasuci

4. Air Terjun Sirah Kencong

air terjun sirah kencong
Air Terjun Sirah Kencong
Air Terjun Sirah Kencong hampir searah dengan Candi Sirah Kencong. Jika arah candi lurus melalui kios-kios bunga, maka arah ke air terjun adalah ke kiri. Lagi-lagi dibutuhkan tenaga yang lebih untuk ke air terjun karena kembali harus berjalan di trek yang cukup menanjak. Bisa dibilang tempat ini adalah akhir dari segalanya karena puncak dari segala lelah di tempat wisata ini ada di Air Terjun Sirah Kencong.

Air Terjun Sirah Kencong sudah ditata layaknya tempat wisata dengan adanya gasebo, kursi kayu dan patung gajah yang mengelurkan air, kadang juga tidak. Aliran air terjun ini tidak terlalu deras dan dikelilingi vegetasi hijau yang menyejukkan mata. Sangat cocok untuk sarana menyegarkan mata, menyegarkan diri, menyegarkan pikiran, pokoknya menyegarkan segalanya.

5. Goa Tikus

goa tikus sirah kencong
Goa Tikus
Goa Tikus atau Goa Perlindungan searah dengan Air Terjun Sirah Kencong dan hanya berjarak sekitar 70 meter dari air terjun dengan jalan yang menanjak. Goa ini tidak begitu lebar dan ada dua mulut goa yang saling terhubung. Yah... memang goa ini dibuat pada jaman Jepang sebagai tempat persembunyian.

Pada atap-atap Goa, dihuni kaum kelelawar yang tak terhitung jumlahnya (karena gelap). Tidak apa-apa jika ingin menyusuri mulut gua satu hingga ke mulut gua yang kedua karena jaraknya tidak jauh. Jangan heran kalau bau kotoran kelelawar semerbak menusuk hidung. 

Sirah Kencong menyajikan pesona alam yang cukup lengkap. Tak heran jika wisata di Blitar ini masih menjadi andalan pariwisata. Dibalik nama Kebun Teh Sirah Kencong, tempat ini menjadi lokasi wisata yang cocok untuk para pendaki, pecinta alam dan penggemar sejarah. Mulai sejarah dari jaman Kamandanu yang berupa candi hingga sejarah di jaman penjajahan tersaji di Sirah Kencong. Meski tidak banyak, tapi tetap berkesan indah. So, when will you want to explore it?


Tips Wisata di Kebun Teh Sirah Kencong :
  1. Rute ke Sirah Kencong melalui jalur Tegalsari sangat direkomendasikan karena bisa diakses kendaraan roda 2 dan roda 4.
  2. Jika ingin camping di Brak Papat, konfirmasilah dengan petugas.
  3. Jika ingin naik mengelilingi kebun teh, candi, air terjun dan goa tikus, bawalah logistik dari bawah karena di lokasi tersebut tidak ada warung. Warung hanya ada di area parkir air terjun.
  4. Trek ke area kebun teh dan Candi Sirah Kencong cukup panas, bawalah pelindung kepala. 
  5. Jangan merusak atau mengambil apapun di area wisata sejarah Candi Sirah Kencong.
  6. Trek ke Goa Tikus cukup menanjak, pakailah sandal anti selip. 
  7. Bawalah penerangan bila ingin masuk ke dalam goa. 
  8. Jangan membuang sampah sembarangan atau melakukan vandalisme di seluruh area wisata Kebun Teh Sirah Kencong.


EmoticonEmoticon