Fakta Menarik Candi Prambanan yang Menyimpan Kisah Tersendiri

Fakta Menarik Candi Prambanan. Indonesia memang tidak ada habisnya menyimpan berbagai nilai historis dari peninggalan kerajaan yang pernah meraja di negara ini. Budaya dan keindahan objek wisata yang ditinggalkan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Sebut saja salah satunya Candi Prambanan yang sangat ikonik sebagai peninggalan kerajaan Hindu terbesar di Indonesia. Berlokasi di timur laut kota Yogyakarta, persis di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Candi Prambanan sangat mudah dijangkau dari mana saja. Selain itu, apa saja fakta menarik Candi Prambanan yang konon masih bisa ditelusuri kisahnya ini? 
Candi Prambanan
sumber:wikipedia.org/Dandi Izzulhaq 

Berikut 4 Fakta Menarik Candi Prambanan yang Menyimpan Kisah Tersendiri :

1. Siwagrha, Nama Asli Candi Prambanan 

Tidak banyak diketahui, nama asli Candi Prambanan diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti Rumah Siwa. Diberi nama Siwagrha adalah karena peran Dewa Siwa begitu istimewa pada masa pemerintahan Rakai Pikatan. Rakai Pikatan pun juga mendirikan arca Siwa Mahadewa sebagai wujud penghormatan lainnya pada Dewa Siwa yang diletakkan di ruang utama Candi Prambanan. Dibangun sejak masa kerajaan Mataram, Candi Prambanan terus dipugar hingga berlanjut ke masa pemerintahan Raja Lokapala sebagai upaya menandingi megahnya Candi Borobudur

Candi Prambanan
sumber:@jalutajam

2. Diwarnai Legenda Bandung Bondowoso 

Selain memiliki nilai historis dari masa raja ke raja, Candi Prambanan juga memiliki cerita rakyat yang ditokohi oleh Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Alkisah Kerajaan Prabu Boko diserang dan kalah hingga jatuh ke tangan Bandung Bondowoso yang memimpin pasukan dari Kerajaan Pegging. Dalam kisah penaklukkannya, Bandung Bondowoso terpesona oleh kecantikan putri Prabu Boko bernama Roro Jonggrang dan hendak mempersuntingnya. Tapi kebencian Roro Jonggrang begitu mendalam hingga memerintahkan Bandung Bondowoso untuk membuat 1000 candi dalam satu malam jika ingin memilikinya. 

Bandung Bondowoso dibantu kesaktiannya memerintah para jin menyelesaikan permintaan mustahil Roro Jonggrang. Saat pembangunan hendak selesai, Roro Jonggrang kalut dan berpura-pura menumbuk lesung agar ayam segera berkokok menandakan hari sudah pagi. Candi yang dijanjikan berjumlah 1000 itu pun hanya diselesaikan kurang sebuah saja. Bandung Bondowoso yang kesal kemudian mengucapkan kutukan agar Roro Jonggrang menjadi candi ke 1000 yang dibuatnya. 
Baca juga : Benteng Vredeburg Jogjakarta - Museum Unik dengan Cafe Klasik
Candi Prambanan
sumber:borobudurpark.com

3. Strukturnya Mirip dengan Gunung Semeru 

Di balik kisah romantisme tragis Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, tersimpan juga catatan tersendiri tentang struktur Candi Prambanan. Meski terletak agak jauh dari lokasi gunung Semeru, tidak disangka struktur bangunan Candi Prambanan didesain menyerupai puncak gunung tertinggi di Jawa ini. Konon kisah pembangunannya didasari oleh kepercayaan masyarakat pada zaman itu bahwa Mahameru, puncak gunung Semeru, adalah rumahnya para dewa. Sehingga Candi Prambanan diartikan sebagai perlambangan rumah para dewa yang mengikuti pola alam semesta. 

4. Candi Prambanan Terdiri Dari Tiga Candi Utama 

Dari keseluruhan kompleks candi, Prambanan sebenarnya memiliki 240 bangunan candi. Namun karena termakan usia, tinggal beberapa saja yang bisa dinikmati kemegahannya oleh pengunjung. Di antaranya tiga candi utama seperti Candi Siwa, Candi Wahana dan Candi Apit. Candi Siwa adalah bangunan candi yang terbesar di kompleks ini. 

Di dalamnya terdapat sebuah Arca Dewa Syiwa memegang bunga teratai. Sementara di Candi Wahana ada sebuah patung bernama Nandi yang mengisi ruangan utamanya. Berbeda dengan Candi Apit yang terletak berhadapan satu sama lain, bangunan ini tidak memiliki selasar di bagian permukaannya seperti candi lainnya. 

Candi Prambanan
sumber:maioloo.com 

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan 

ntuk bisa melihat langsung keindahan Candi Prambanan, cek terus harga tiket masuk ke kawasan ini melalui halaman Traveloka yang selalu update dengan harga terbaru. Yang menjadi catatan, harga tiket wisatawan domestik berbeda dengan harga tiket wisatawan asing pada hari biasa ataupun hari libur. Selamat berlibur guys!


EmoticonEmoticon