Broken Beach Nusa Penida dengan Keunikan Angel's Bilabong! - Manusia Lembah

Broken Beach Nusa Penida dengan Keunikan Angel's Bilabong!

Bali menjadi destinasi pariwisata di Indonesia yang telah menarik perhatian jutaan wisatawan dari berbagia penjuru dunia. Nusa Penida adalah salah satu pulau wisata yang banyak menarik minat wisatawan saat ke Bali. Pantai-pantai eksotis dan pemandangan lautnya begitu indah dan unik, salah satunya Broken Beach.

Kawasan wisata yang bernama lokal Pasih Uug ini menawarkan keindahan alam unik dengan batuan karst yang membentuk cekungan besar yang terbuka. Keunikan inilah yang membuat kawasannya banyak dikunjungi disamping wisata Nusa Penida lainnya seperti Kelingking BeachCrystal Bay, dan sebagainya. Menariknya lagi, ada Angel's Bilabong yang menjadi daya tarik menakjubkan!

Lokasi & Rute


Broken Beach nusa penida

Broken Beach berada di Pulau Nusa Penida dan masuk dalam Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk kesana harus menyeberang terlebih dahulu lewat Sanur maupun Kusamba. Kemudian turun di dermaga Toyapakeh atau pelabuhan Banjar Nyuh.

Disana tidak ada transportasi umum, jadi jika ingin wisata berkeliling pulau, bisa sewa motor di Nusa Penida atau sewa mobil. Dari dermaga Toyapakeh, membutuhkan waktu ± 45 menit dengan jarak tempuh 16,5 kilometer.

Info & Tips : 
  • Lebih enak menyeberang lewat Pantai Sanur karena disana sudah banyak jasa penyeberangan berbagai opsi termasuk pilihan paket wisata Nusa Penida. Penyeberangan menggunakan fast boat ±1 jam.
  • Sebaiknya mencari sewa motor lebih dulu agar sesampainya di dermaga tidak kebingungan. Jika lebih dari satu hari, booking lah penginapan dan kendaraan terlebih dahulu.
  • Jika rencana sehari saja disana, sebaiknya ikut paket tour Nusa Penida. Banyak paket tour yang disediakan sesuai kebutuhan waktu (one day trip / half day trip).
  • Penyeberangan biasanya pagi hari jam 07.30 dan 08.30. Kemudian ada yang siang jam 13.00, sore mulai jam 15.00 - 16.30. Tarif penyeberangan dari Pantai Sanur mulai dari Rp. 80.000 per orang.

Daya Tarik Broken Beach


wisata nusa penida

Keunikan wisata Nusa Penida ini adalah panoramanya yang unik daripada yang lain. Untuk kesana bisa langsung menuju lokasi, atau dari lokasi parkir Angel Bilabong. Dari area parkir, tentu harus berjalan terlebih dahulu ke lokasi di jalan paving tepi laut.

Ada dua ikon menarik di kawasan wisata ini, yaitu Angel's Bilabong dan Broken Beach. Keduanya sama-sama berada di tepi pantai, pesonanya sangat istimewa. Pantainya disebut Broken Beach karena terbentuk oleh erosi dan perubahan bentuk alam dan menjadi cekungan, sehingga tampak seperti kawasan pantai yang sudah rusak.

Pasih Uug


wisata bali

Kawasan wisata yang dikenal juga dengan nama Pantai Uug merupakan destinasi unggulan di Nusa Penida. Kawasannya terkenal karena formasi geologis uniknya yang menciptakan sebuah cekungan besar di atas tebing dengan pemandangan laut spektakuler. Tinggi tebing Broken Beach sekitar 50 - 200 meter, berupa dinding karst berdiameter sekitar 100 meter yang mengelilingi cekungnnya.

Yang membuat kawasan ini begitu istimewa adalah adanya lengkungan alami besar di dinding karst, membentuk celah atau "jembatan" di atas cekungan. Sehingga, hal tersebut memberikan pandangan luar biasa ke lautan biru di bawahnya.
 
Nama "Pasih Uug" sendiri memiliki arti "teluk menghadap ke laut" dalam bahasa Bali, merujuk pada lokasinya yang terbuka ke Samudra Hindia. Meski disebut "Broken Beach" (Pantai Pecah), lokasinya bukanlah pantai yang bisa diakses untuk berenang atau berjemur seperti pantai pada umumnya.

Angel Bilabong Broken Beach


angel's bilabong broken beach

Meski satu kawsan dengan Broken Beach, tetapi menawarkan keunikan yang berbeda. Angel's Billabong menyerupai kolam air alami yang terbentuk di batuan karang setengah bulat yang terbuka ke laut. "Billabong" adalah istilah yang berasal dari bahasa Aborigin Australia dan merujuk pada kolam atau lubuk air permanen.

Kolamnya memiliki air jernih yang berwarna biru kehijauan, menciptakan pemandangan indah dan menyegarkan. Fenomena ini terbentuk oleh air laut yang masuk ke dalam cekungan melalui celah-celah batuan karang, dimana pada saat tertentu, airnya bisa terlihat tenang seperti kolam biasa.


Keberadaan kolam air alami ini menjadi daya tarik utama di Broken Beach Nusa Penida. Wisatawan'pun sering mengunjunginya untuk berenang di kolam air jernih yang memberikan pengalaman unik dan menyegarkan. Namun, disarankan untuk berhati-hati karena kondisi air dapat berubah tergantung cuaca dan pasang-surut air laut.

Fasilitas Broken Beach


angel's bilabong

Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap meski berada di area terbuka. Beberapa fasilitasnya antara lain tempat parkir luas, warung, toilet umum, penyewaan kendaraan dan area istirahat. Broken Beach berada di lingkungan alam terbuka dan jauh dari pemukiman perkotaan, fasilitasnya mungkin tidak selengkap seperti di destinasi wisata yang lebih ramai.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional


Harga tiket masuk Broken Beach sudah termasuk parkir sekitar Rp. 5.000 untuk roda dua. Tempat wisata ini buka 24 jam dan bisa dikunjungi kapan saja, tetapi waktu yang terbaik adalah selain malam hari. Harga tiket dan jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu.

pasih uug nusa penida

Tips :

  1. Pastikan cuaca baik saat mengunjungi kawasan lokasi wisata.
  2. Puncak kunjungan biasanya terjadi sekitar jam 11 pagi - 3 sore, tetapi itu adalah waktu yang baik untuk melihat panoramanya yang sempurna.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman, karena di kawasan Angel's Bilabong cukup terjal.
  4. Bawalah pakaian ganti jika ingin berenang di Angels'Bilabong. Namun tetap pertimbangkan cuaca dan kondisi laut. Ombak yang terlalu besar bisa berbahaya dan jika ombak sudah menerjang sebaiknya segera naik.
  5. Sebaiknya tidak turun ke area pantai Broken Beach karena curam dan berbahaya. Cukuplah menikmati panoramanya dari atas.
  6. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
  7. Jika berencana sewa motor untuk keliling wisata lainnya, cari sewa motor di Nusa Penida terpercaya, review bagus dan pilih sesuai budget.
  8. Jika kamu berencana menginap di area wisata bersama keluarga, cari penginapan di Nusa Penida. Ada banyak akomodasi penginapan yang menawarkan pemandangan danau.
  9. Untuk liburan yang lebih praktis dan menyenangkan bisa ikut paket wisata Nusa Penida dengan beragam destinasi. Biasanya ada paket tour sehari, ada juga hingga 3 hari.

Informasi Wisata Broken Beach Nusa Penida :

  • Lokasi : Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.
  • HTM : Rp. 5.000
  • Jam Buka : 24 jam
  • Aktivitas : Bersantai, berenang, berfoto.
  • Fasilitas : Warung, toilet umum, penyewaan kendaraan dan area istirahat.
  • Wisata Terdekat : Kelingking Beach, Crystal Bay, Korawa Beach, Lumangan Beach, Bulian Beach, Pasih Andus.