Crystal Bay Nusa Penida, Pantai Sebening Kristal yang Menawan - Manusia Lembah

Crystal Bay Nusa Penida, Pantai Sebening Kristal yang Menawan

Crystal Bay Nusa Penida adalah satu dari berbagai spot cantik yang ada di Blue Paradise Island ini. Pantai cantik ini juga menjadi tempat terbaik untuk snorkling di Nusa Penida, disamping Gamat Bay. Menawarkan laut sebening kristal, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini!.

Disamping populernya Kelingking Beach dan Angel's Bilabong, Crystal Bay Beach terbilang spesial. Pantai biru ini menjadi primadona baru di Nusa Penida karena tidak hanya memiliki pemandangan cantik, tetapi taman laut yang menawan. Bahkan, sunset indah juga bisa didapatkan di pantai cantik ini.

crystal bay nusa penida

Cara ke Crystal Bay

Crystal Bay terletak di Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung. Untuk menuju ke pantai ini, tentu saja harus menyeberang lebih dulu. Menyeberang ke Nusa Penida bisa lewat Sanur maupun Kusamba. Kemudian turun di dermaga Toyapakeh atau pelabuhan Banjar Nyuh.

Di Nusa Penida tidak ada transportasi umum, jadi jika ingin wisata berkeliling pulau, bisa menyewa motor atau mobil. Dari dermaga Toyapakeh, membutuhkan waktu ±1 jam untuk sampai ke diamond beach karena menempuh ±28 kilometer. Sedangkan dari Pelabuhan Banjar Nyuh lebih singkat ±45 menit.

Info & Tips : 
  • Lebih enak menyeberang lewat Pantai Sanur karena disana sudah banyak jasa penyeberangan berbagai opsi termasuk pilihan paket wisata Nusa Penida. Penyeberangan menggunakan fast boat ±1 jam.
  • Sebaiknya mencari sewa motor lebih dulu agar sesampainya di dermaga tidak kebingungan. Jika lebih dari satu hari, booking lah penginapan dan kendaraan terlebih dahulu.
  • Jika rencana sehari saja disana, sebaiknya ikut paket tour Nusa Penida. Banyak paket tour yang disediakan sesuai kebutuhan waktu (one day trip / half day trip).
  • Penyeberangan biasanya pagi hari jam 07.30 dan 08.30. Kemudian ada yang siang jam 13.00, sore mulai jam 15.00 - 16.30. Tarif penyeberangan dari Pantai Sanur mulai dari Rp. 80.000 per orang.

Pesona Crystal Bay Nusa Penida

crystal bay nusa penida

Banyak pesona yang ditawarkan Crystal Bay Nusa Penida. Selain taman lautnya yang menakjubkan, area pantai juga kerap digunakan untuk olah raga. Ombak Crystal Bay tidak begitu besar, tetapi kadang masyarakat masih mencoba berselancar di bagian sisi kiri pantai.

Di belakang pantai, kadang ada pertandingan voli yang diadakan. Crystal Bay Nusa Penida sangat bagus dinikmati sepanjang hari. Apalagi sudah ada beberapa warung makanan ringan untuk melengkapi liburanmu.

pesisir crystal bay

Disini tersedia banyak tepat bersantai di bawah payung untuk menikmati pantai. Di perairannya, kapal-kapal hilir mudik di sekitar Pulau Batumejinong mencari spot diving yang menarik untuk pelanggan mereka. Fasilitas yang lengkap dan menyenangkan semua tersaji di Crystal Bay Nusa Penida.

Jika ingin berpetualang, ada pantai kecil di sebelah barat Crystal Bay Nusa Penida yang disebut Pantai Pandan. Untuk ke pantai tersebut harus naik turun bukit yang cukup melelahkan. Jika ingin kesana jangan lupa bawa bekal karena tidak ada warung di pantai tersebut.
 

Surganya Taman Laut Nusa Penida

crystal bay underwater

Jika ingin menikmati taman laut, snorkeling di Crystal Bay Nusa Penida sangat direkomendasikan. Ada penyewaan alat snorkeling di warung pantai. Kemudian, tinggal menyewa perahu dan bersiaplah untuk mengeksplor taman laut Crystal Bay.

Perlu diperhatikan bahwa, arus perairannya bisa sangat kuat. Jadi, jangan terlalu jauh dengan titik tambat kapal. Selain itu, meski pura kecil di Pulau Batumejinong terlihat menarik, jangan mencoba kesana dengan berenang.

ikan mola-mola 

Biota laut yang paling ikonik di Crystal Bay adalah Pari Manta di Teluk Manta dan ikan mola-mola. Biasanya ikan mola-mola sering muncul antara bulan Juli dan Oktober ketika air lebih dingin. Ikan besar dengan diameter lebih dari 3 meter memiliki berat lebih dari 1 ton dan sangat menakjubkan melihatnya secara langsung.

Namun, banyak wisatawan bisa melihat mola-mola jika melakukan scuba diving dengan instruktur dan pemandu yang tepat. Tak hanya mola-mola, kadang dijumpai juga kawanan lumba-lumba di permukaan air. Jika ingin menikmati Crystal Bay Nusa Penida yang sempurna, jangan segan untuk menyewa perahu!.
 

Indahnya Sunset Crystal Bay

sunset crystal bay

Jika tidak ingin melakukan snorkling atau diving, maka sore menjelang matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk berkunjung. Matahari tidak selalu terbenam di tempat yang sama, tergantung musim. Kadang matahari terbenam tepat sejajar dengan lengkungan batu kecil di tengah teluk.

Saat matahari terbenam, langit berwana merah, jingga dan oranye yang menambah kecantikan Crystal Bay Nusa Penida. Jika ingin lebih menarik lagi, nikmatilah sunset dari tangga di sisi barat pantai yang menuju ke puncak bukit. Bahkan, tangga ini juga bisa membawa ke Broken Beach dalam waktu 2 jam pendakian lho!.

Tips : 

  1. Belum ada kendaraan umum dengan tujuan Crystal Bay .Jadi, wajib sewa kendaraan atau ikut paket wisata Nusa Penida.
  2. Waktu terbaik untuk ke tempat ini adalah pagi dan sore hari. Jika ingin melihat ikan mola-mola, datanglah antara bulan Juli dan Oktober.
  3. Untuk mendapatkan spot diving terbaik, sebaiknya menyewa pemandu di sekitar pantai.
  4. Jika ingin pergi ke pantai Pandan, gunakan sandal anti selip dan bawalah minum.
  5. Jangan lupa membawa sunblock dan pelindung kepala (topi,payung) karena area pantai sangat panas di siang hari.
  6. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme.
 

Informasi Wisata Crystal Bay Nusa Penida : 

Lokasi : Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung, Bali (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 24 jam.
HTM : - / biaya parkir.
Aktivitas : Bersantai, snorkling, scuba diving, berjemur, memancing, camping.
Fasilitas : Area parkir, warung, toilet, penyewaan alat diving, paket tour taman laut.
Wisata Sekitar : Pandan Beach, Perkemahan Bukit Cadil, Pantai Banana.