Goa Kedungkrombang Blitar yang Tersembunyi, Cantik & Dramatis! - Manusia Lembah

Goa Kedungkrombang Blitar yang Tersembunyi, Cantik & Dramatis!

Goa Kedungkrombang mungkin belum banyak didengar wisatawan di luar Blitar. Wisata baru Blitar ini mulai eksis pamornya setelah Desa Serang dirintis menjadi desa wisata pada tahun 2015. Pesonanya semakin dikenal luas setelah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung kesana.

Selama ini Blitar selatan dikenal akan keindahan pesona pantainya. Banyak Pantai di Blitar yang memikat wisatawan karena memiliki pesona cantik pada masing-masing pantainya. Goa'pun juga tidak sedikit di Blitar, hanya saja kini kurang mendapat perhatian untuk mengelolanya.

Desa wisata serang
Dirintisnya Desa Wisata Serang membuka semua pesona wisata di Blitar selatan yang selama ini tersembunyi. Mulai wisata alam, budaya, edukasi dan wisata buatan dikembangkan dengan sangat baik. Diantara beberapa goa yang dulu pernah populer seperti Goa Umbul Tuk dan Jurug Goa Luweng, kini Goa Kedungkrombang menjadi salah satu goa yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Rute ke Goa Kedungkrombang

Goa Kedungkrombang berada di Dusun Kedungkrombang, Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk kesana, dari kota Blitar langsung menuju ke Lodoyo dan ikuti arah menuju Pantai Serang. Dari pertigaan beringin Panggungrejo pilih jalur kanan arah ke Pantai Serang.

Semenjak menjadi desa wisata, jalan aspal lumayan mulus. Mendekati tempat wisata di Jl. Raya Pantai, sudah ada petunjuk arah yang cukup jelas. Lokasi Goa Kedungkrombang ada di sebelah kiri, masuk gapura. Tidak jauh dari jalan masuk, sampailah di gapura masuk tempat wisata Goa Kedungkrombang.

Sejarah Goa Kedungkrombang

Goa Kedungkrombang

Wisata Blitar terbaru ini sangat memiliki daya tarik. Memiliki nama yang unik, rupanya goa ini menjadi saksi biru perjuangan rakyat Blitar. Menurut masyarakat sekitar, Goa Kedungkrombang merupakan tempat bertapa para prajurit Pangeran Diponegoro dan prajurit Sudanco Supriyadi. Keberadaan goa ini sudah lama diketahui, tetapi baru dikembangkan menjadi tempat wisata setelah dirintisnya Desa Wisata Serang.

Mengenai nama, goa ini tidak asal diberi nama Kedungkrombang lho!. Kata 'kedung' dalam bahasa Jawa memiliki arti cekungan air. Sedangkan 'krombang' adalah tumbuhan sejenis talas yang bisa dikonsumsi.

Goa Kedungkrombang
Tumbuhan Krombang di Sekitar Goa
 
Konon, dulu banyak tumbuhan krombang yang tumbuh di sekitar goa dan hingga sekarang masih ada beberapa tumbuhan krombang di dekat mulut gua. Selain itu di dalam goa juga ada cekungan air. Hal tersebut menjadi alasan kenapa akhirnya wisata di Blitar ini dinamakan Goa Kedungkrombang.
 

Pesona Unik dan Dramatis

Goa Kedungkrombang blitar
Arah Masuk Goa

Untuk masuk ke goa, dari gapura harus menuruni tangga terlebih dahulu. Disinilah tanaman krombang banyak dijumpai hingga mulut goa. Mulut Goa Krombang cukup lebar, dan seperti sebuah ruangan pembuka untuk masuk lebih dalam. Jika dilihat dari atas, sungguh menakjubkan ada goa lapang nan indah seperti Goa Kedungkrombang.

Goa Kedungkrombang
Jalur Batuan Dalam Goa

Goa Kedungkrombang
Lampu Warna-warni yang Dramatis

Lampu warna-warni menyapa saat masuk di mulut gua. Setelah menuruni tangga ke dalam goa, ada jalan batuan rapi yang akan mengantar siapapun yang datang untuk melihat seluruh isi goa. Lampu warna-warni yang menyinari sekeliling goa membuat tampilan stalaktit dan stalagmit semakin eksotik dan teramat cantik.

Goa Kedungkrombang
Stalagmit

Goa Kedungkrombang sangat luas dan masih terjaga keasriannya. Langit-langit goa menjadi tempat tinggal kelelawar, semakin menambah kesan dramatis dan mendebarkan di dalam. Meski dihuni banyak kelelawar, udara di dalam gua tetap terasa sejuk, karena ujung goa langsung berhadapan dengan hutan.

Goa Kedungkrombang
Lorong Goa

Jalur batuan cor ini memiliki panjang sekitar 150 meter. Di sepanjang perjalanan akan disuguhkan keindahan stalaktit dan stalagmit, yang bisa dijadikan latar belakang foto. Lampu warna warni ini seperti mengingatkan akan indahnya Goa Maharani di Lamongan, dan sekarang Blitar memilikinya!.

Mendekati ujung goa, ada sebuah tempat yang konon dulu dijadikan tempat bertapa. Di dekatnya ada sebuah kedung kecil yang ditetesi air dari rembesan air tanah. Ujung goa terbuka lebar dengan hutan di depannya.

Goa Kedungkrombang
Tempat Bertapa & Kedung dekat Ujung Goa
 
Kabarnya, mulai dari ujung goa tersebut akan dikembangkan trek jalan lagi hingga keluar sampai area parkir. Dengan begitu, wisatawan tidak akan kembali dari pintu masuk lagi. Namun, untuk melakukannya masih membutuhkan dana operasional dan semoga nanti bisa dikembangnya ya!.

Tips :

  1. Lokasinya bisa diakses dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.
  2. Tempat wisata masih cenderung sepi. Jika tidak ada petugas, hubungi warga sekitar agar ada yang menghidupkan lampu di dalam goa.
  3. Keindahan goa ini terletak pada stalaktit dan stalagmit yang berpadu dengan lampu warna-warni. Jadi pastikan menunggu petugas menyalakan untuk melihat goa dengan sempurna.
  4. Gunakan sandal anti selip, karena naik turun tangga ke goa cukup melelahkan.
  5. Dilarang mengotori area dengan membuang sampah sembarangan, serta dilarang melakukan penulisan dan pencoretan (vandalisme).

Informasi Goa Kedungkrombang :

  • Lokasi : Jl. Raya Pantai, Serang 2, Serang, Kec. Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 08.00 - 16.00
  • HTM : Sukarela
  • Wisata Sekitar : Goa Panggung Grontol, Pantai Serang.