Kelingking Beach Nusa Penida, Pantai Ikonik Favorit Wisatawan - Manusia Lembah

Kelingking Beach Nusa Penida, Pantai Ikonik Favorit Wisatawan

Kelingking Beach adalah salah satu dari berbagai destinasi wisata Nusa Penida.  Pantai paling ikonik ini memang mendapat perhatian lebih dari para turis, karena memiliki keindahan alam yang tak perlu diragukan lagi. Pesonanya membuat Pantai Kelingking sering dinobatkan sebagai paling tercantik di Asia

Salah satu wisata di Nusa Penida ini selalu menjadi tujuan tour berbagai wisatawan dari seluruh penjuru dunia yang. Namun, pantai ini terlihat sangat berbeda dari namanya lho!. Panorama yang memikat ditambah area yang tidak begitu ramai menjadi tempat yang cocok bagi siapapun yang suka petualangan!.

Pantai Kelingking
Kelingking Beach Nusa Penida

Cara ke Kelingking Beach

Pantai ini berada di Pulau Nusa Penida Barat, tepatnya di Dusun Karang Dawa, bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Untuk menuju ke pantai ini, tentu saja harus menyeberang lebih dulu. Menyeberang ke Nusa Penida bisa lewat Sanur maupun Kusamba. Kemudian turun di dermaga Toyapakeh atau pelabuhan Banjar Nyuh. 

Di Nusa Penida tidak ada transportasi umum, jadi jika ingin wisata berkeliling pulau, bisa menyewa motor atau mobil. Dari dermaga Toyapakeh, membutuhkan waktu ±1 jam untuk sampai ke diamond beach karena menempuh ±28 kilometer. Sedangkan dari Pelabuhan Banjar Nyuh lebih singkat ±45 menit.

Info & Tips : 
  • Lebih enak menyeberang lewat Pantai Sanur karena disana sudah banyak jasa penyeberangan berbagai opsi termasuk pilihan paket wisata Nusa Penida. Penyeberangan menggunakan fast boat ±1 jam.
  • Sebaiknya mencari sewa motor lebih dulu agar sesampainya di dermaga tidak kebingungan. Jika lebih dari satu hari, booking lah penginapan dan kendaraan terlebih dahulu. 
  • Jika rencana sehari saja disana, sebaiknya ikut paket tour Nusa Penida. Banyak paket tour yang disediakan sesuai kebutuhan waktu (one day trip / half day trip).
  • Penyeberangan biasanya pagi hari jam 07.30 dan 08.30. Kemudian ada yang siang jam 13.00, sore mulai jam 15.00 - 16.30. Tarif penyeberangan dari Pantai Sanur mulai dari Rp. 80.000 per orang. 

Pesona Kelingking Beach yang Instagramable

Pantai Kelingking
View Point

Pantai di Nusa Penida ini semakin mendunia karena memiliki daya tarik berupa tebing berbentuk unik. Tebing Paluang yang menjorok ke pantai disebut-sebut bentuknya mirip jari kelingking. Itulah kenapa pantai ini dinamakan dengan Pantai Kelingking.

Namun, ada pula yang menyebut Tebing Paluang sebagai sebagai Tebing T-Rex, karena bentuknya mirip dengan leher hewan purba tersebut. Mungkin bisa jadi kalau suatu saat pantai ini dinamakan Pantai T-Rex, hehe.

Pura Kelingking disamping View Point

Tebing Paluang dapat dilihat dari ketinggian, sehingga menawarkan pemandangan yang sangat fotogenik. Bukit hijau unik dengan latar belakang lautan biru membuat siapapun betah berlama-lama menikmati pesonanya. Namun, jika memiliki jiwa petualangan, jangan hanya berhenti di atas saja guys!.

Pantai Privat yang Butuh Perjuangan

Siapapun bisa menikmati Kelingking Beach Nusa Penida dari ketinggian, tetapi tidak semuanya mau menikmati garis pantainya secara langsung. Pasalnya, lokasi Tebing Paluang cukup curam dan hanya dibatasi oleh pagar kayu. Untuk turun ke pantai'nya pun juga harus menuruni tangga kayu yang cukup panjang.

Pantai Kelingking
Pantai Kelingking

Pantai Kelingking bisa dilihat dari ketinggian, tetapi beberapa wisatawan kadang turun ke pantai untuk menikmati pasir putihnya yang lembut. Apalagi, jarangnya wisatawan yang mau turun pasti membuat pantai ini sepi dan cenderung tenang bagaikan pantai pribadi yang bikin betah!.

Garis pantai Kelingking tidak begitu panjang dan sekelilingnya berbatasan langsung dengan tebing. Karena tidak begitu luas, siapapun bisa menjelajah pantai ini sampai puas, menyusuri tiap sudutnya untuk menemukan spot-spot menarik yang tidak dimiliki banyak orang.

Meski kadang menjadi tujuan para turis, turun ke Pantai Kelingking cukup berbahaya. Ombak yang terbilang besar pernah memakan korban pada tahun 2021. Itulah kenapa kini wisatawan tidak diperbolehakn turun ke pantai dan bisa menikmati penorama di area tangga saja. 

Menikmati Sisi Lain Kelingking Beach

Pantai Kelingking
View Tebing Paluang

Pesona Tebing Paluang tidak hanya bisa dinikmati di Pantai Kelingking. Tak jauh di dekat area wisata, ada spot baru bernama Paluang Cliff yang lebih cocok untuk tempat bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.

Jika di Pantai Kelingking dapat melihat Tebing Paluang dari depan, maka Paluang Cliff menawarkan pemandangan tebing dari sisi belakang, sekaligus view pesisir yang lebih luas. Dari tempat ini masih bisa melihat Tebing T-Rex, Nusa Batupahet dan luasnya lautan biru di belakangnya. 

Nusa Batu Pahet

Di tempat ini juga tersedia beberapa warung sederhana, spot foto dari ketinggian dan tempat yang luas untuk sekedar duduk-duduk beristirahat. Maka, lengkapi liburanmu di Pantai Kelingking dengan mampir di tempat ini juga ya!.

Tips Wisata di Kelingking Beach :

  1. Belum ada kendaraan umum dengan tujuan Kelingking Beach. Jadi, wajib sewa kendaraan atau ikut paket wisata Nusa Penida.
  2. Waktu terbaik untuk ke tempat ini adalah pagi dan sore hari karena saat siang sangat panas. Apalagi minim pepohonan di area wisata. 
  3. Sekarang wisatawan belum diperbolehkan turun sampai pantai untuk alasan keamanan. 
  4. Jika berniat turun, gunakan sandal anti selip dan bawalah minum.
  5. Jangan lupa membawa sunblock dan pelindung kepala (topi,payung) karena area pantai sangat panas di siang hari. 
  6. Jangan berenang terlalu ke tengah dan harap waspada karena ombak pantai cukup besar. 
  7. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Kelingking Beach Nusa Penida :

  • Lokasi : Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : - / biaya parkir.
  • Aktivitas : Bersantai, berburu spot, turun menikmati pantai.
  • Fasilitas : Area parkir, warung, toilet.
  • Wisata Sekitar : Paluang Cliff, Turtle Beach.
Baca Juga