Tebing Petung Blitar, Sensasi Petualangan ke Sisi Lain Peh Pulo - Manusia Lembah

Tebing Petung Blitar, Sensasi Petualangan ke Sisi Lain Peh Pulo

Tebing Petung sempat menjadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini karena view yang aduhai dilihat dari ketinggian. Bahkan, tidak ada yang mengira kalau tempat cantik ini ada di sebelah timur Pantai Peh Pulo Blitar. Memiliki pemandangan indah di pucuk bukit yang sepi, pasti sangat menarik untuk dikunjungi!

Selama ini Blitar selatan terkenal akan wisata pantainya yang indah. Ombak khas pantai selatan mampu membius siapa saja yang datang. Namun kali ini, ada tempat lain yang cukup menarik perhatian, yakni Tebing Petung. Meski panoramanya terkenal indah, tidak banyak yang datang kesana karena medan yang tidak mudah.

Rute ke Tebing Petung

Berada di sekitaran Pantai Peh Pulo untuk ke tempat ini cukup mengikuti arah ke Pantai Peh Pulo atau Pantai Serang yang masih sejalur. Tebing Petung berada di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Berada sekitar 40 kilometer dari pusat kota Blitar dan bisa ditempuh sekitar 1 jam dengan motor.

Dari Kota Blitar langsung menuju ke Lodoyo dan ikuti arah menuju Pantai Serang. Dari pertigaan beringin Panggungrejo, langsung ikuti rute ke Pantai Peh Pulo. Sebenarnya bisa saja ikuti arah ke Pantai Serang, nanti setelah ada pertigaan masjid bisa belok kiri hingga bertemu pertigaan lagi dan belok kanan.

Start dari Peh Pulo

Tempat wisata populer di Blitar ini menjadi pintu masuk ke Tebing Petung. Sebenarnya bisa saja membawa kendaraan roda dua sampai kesana, tapi mungkin jalurnya bukan lewat dari pantai Peh Pulo. Tentunya butuh motor yang sudah tahan banting di medan perbukitan untuk bisa sampai disana. Namun, daripada membawa motor kesana, berpetualang menyisiri pantai juga tak kalah seru!.

Kendaraan bisa diparkir di Pantai Peh Pulo yang teduh, lalu langsung lanjut ke timur, ke arah Pantai Wedi Ciut. Sudah ada jalan makadam menanjak di sebelah kiri pantai yang akan mengantar ke arah Pantai Wedi Ciut, tetapi karena tujuannya bukan di pantai itu, maka lanjut saja ke pantai Gandulan.

Penunjuk Arah Kecil ke Pantai Gandulan

Selepas dari Pantai Wedi Ciut, jalan setapak yang terbuka berbelok ke kiri. Nah, di dekat belokan ada jalan kecil ke bawah, ke arah Pantai Gandulan. Ke Tebing Petung melewati pantai ini lebih cepat daripada harus memutar jauh lewat belakang pantai. Di pantai ini bisa istirahat sejenak karena perjalanan selanjutnya cukup melelahkan.

Pantai Gandulan

Selepa pantai, jalan setapak menanjak konstan dan kadang ada beberapa tikungan sampai ke atas bukit. Ada satu bangunan yang akan dijumpai di dekat pantai sebelum jalan setapak di tengah kebun menjadi pembatas kanan kiri di perjalanan.

Gubuk sebelum Pertigaan Jalan Setapak

Setelah ada tikungan ke kiri, jalan setapak hanya lurus hingga menjumpai gubuk di kanan jalan. Setelah gubuk, ada jalan ke kanan untuk menuju ke Tebing Petung.

View Mempesona Tebing Petung

View Tebing Petung

Spot di timur Peh Pulo ini memang indah. Tebing Petung berupa area terbuka cukup luas yang menyajikan hamparan laut selatan luas. Ada pulau-pulau karang kecil yang menghiasi serta Pulau Celeng yang paling besar di antaranya.

Pemandangan di atas bukit memang indah, tapi jangan harap bisa mencari tempat berteduh yang nyaman. Area terbuka ini sangat panas di siang hari karena jarang ada pepohonan besar. Itulah kenapa waktu yang cocok untuk ke Tebing Petung adalah sore dan pagi hari.

View Sisi Kiri

Tempat ini tidak hanya cantik dilihat saja, tetapi juga dinikmati. Sehingga tidak jarang tempat ini dijadikan area camping yang strategis. Jauh dari pemukiman, pemandangan indah di sore hari, terbuka luas untuk memandang langit di malam hari dan indahnya sunrise pagi hari di tempat terpencil. Siapa yang tidak tertarik?

Sayangnya, ada beberapa sampah di area tebing petung. Bekas api unggun, bakaran sampah dan bungkus-bungkus snack banyak kececeran disana. Jarang dikunjungi orang dan berada di atas laut, tentunya sampah-sampah ini mungkin akan diterbangkan angin dan mengotori area sekitarnya, mengurangi keasrian yang ada di sana. Jadi... tetaplah jadi pengunjung yang cerdas ya guys!

Tips :

1. Gunakan kendaraan roda dua
  2. Sebaiknya motor diparkir di area Peh Pulo. Jika ingin membawa kendaraan ke atas tebing pastikan kondisi motor fit dan mungkin lewat jalur lain (saya tidak tahu).
  3. Gunakan sandal anti selip atau sepatu. Namun, menggunakan sepatu harus siap repot saat turun ke pantai saat air pasang.
  4. Bawalah pelindung kepala jika berangkat pagi atau siang hari.
  5. Bawalah logistik yang cukup, karena perjalanan dari Pantai Peh Pulo cukup melelahkan.
  6. Untuk jalan kembali sebenarnya ada jalur lain yang lebih cepat. Ada di sebelah kanan setelah gubuk terakhir. Jalur ini hanya diketahui tukang kebun yang ada disana, dan bisa ditanyakan langsung. Jika tidak, sebaiknya lewat jalur yang tadi tanpa nrabas.
  7. Jika ingin bermalam, sebaiknya menginfokan pada warga sekitar lebih dahulu.
  8. Jangan terlalu ke pinggir tebing untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  9. Jangan mengotori area Tebing Petung dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Tebing Petung:

• Lokasi : Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam.
  • HTM : -
  • Aktivitas : Bersantai, berburu spot, camping.