Pantai Kutang, Wisata Cantik di Lamongan yang Tersembunyi - Manusia Lembah

Pantai Kutang, Wisata Cantik di Lamongan yang Tersembunyi

Pantai Kutang memang terdengar unik dan aneh. Salah satu wisata pantai di Lamongan ini ternyata menyimpan pesona cantik yang disukai wisatawan. Meski dulu belum terlalu dikenal, sekarang pantai ini menjadi wisata keluarga yang cukup populer.

Meski namanya membuat banyak orang penasaran, itu justru membawa daya tarik tersendiri. Tidak ada yang menyangka kalau wisata di Lamongan ini telah dipoles apik, sehingga memiliki banyak keistimewaan. Pantai yang tenang disamping hutan mangrove, menjadikannya layak untuk dikunjungi untuk bersantai.

wisata di lamongan 
Pantai Kutang berada di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari Gresik maupun Tuban, karena tidak jauh dari jalan utama. Selain itu juga mudah diakses bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.
 

Pantai Kutang, Nama Nyleneh yang Istimewa

wisata pantai kutang

Tentu ada alasan kenapa pantai di Lamongan ini dinamakan Kutang. Dulunya, sebelum dibuka menjadi tempat wisata, banyak sampah berserakan di pantai yang membuatnya kumuh dan kotor. Diantara sampah-sampah itu, banyak ditemukan kutang (bra) nyangkut di pohon mangrove hingga pesisir.

Masyarakat sekitar kerap menemukan sampah kutang di area pantainya, sehingga pantai ini'pun dinamakan Pantai Kutang. Tapi jangan salah ya, karena sekarang wisata di Lamongan ini udah bersih dari sampah dan telah dibuka menjadi tempat wisata. Jadi, 'kutang' pun kini hanya menjadi sebuah nama, bukan sampah yang berserakan.

Jembatan Pelangi yang Ikonik

wisata pantai kutang

Banyak orang mengunjungi wisata pantai Kutang untuk berlibur menghabiskan akhir pekan serta bersantai menikmati panorama. Dari loket, pintu masuk berupa papan bergambar gapura langsung menyajikan jembatan panjang membelah laut. Panjang jembatan ini sekitar 300 - 400 meter dan menjadi salah satu spot ikonik yang indah. 

Tentu tidak hanya berupa jembatan panjang saja, karena ada gasebo-gasebo di pinggiran jembatan untuk beristirahat. Ini adalah salah satu tempat yang pas untuk menikmati panorama laut yang tenang dan indah. Jembatan ini melengkung hingga ke pesisir pantai kutang, tetapi sebelum itu, jembatan ini bercabang ke pondok, ke pasir putih dan ke pantainya langsung.

wisata di lamongan 

Mendekati pesisir pantai, suasana semakin teduh karena ada hutan mangrove di tepi pantai. Jembatan panjang nantinya akan sedikit membelah hutan mangrove dan mengantar hingga sampai pesisir. Namun jika tidak sabar dan ingin langsung basah-basahan, bisa langsung turun ke pantai.
 

Panorama Pantai Kutang yang Istimewa

wisata di lamongan

Dari gapura masuk, pesona Pantai Kutang memang sudah terlihat dari jembatan panjangnya, kemudian hutan mangrove dan pesisir pantainya. Jejeran pohon-pohon mangrove semakin menyejukkan suasana sekaligus menambah warna di pantai pasir putih dan air yang bening. Di pantai yang tidak begitu luas, terdapat ayunan, gazebo dan warung-warung makan yang berjajar di tepi pantai.

wisata pantai kutang 

Laut pantainya sangat tenang, sehingga siapapun bebas berenang maupun bermain air di pesisirnya. Wisata pantai yang ramah anak ini juga memiliki banyak spot foto menarik mulai dari jembatan hingga pantainya. Jika ingin menikmati hutan mangrove, dari pesisir pantai langsung saja ke barat dan mulai menelusuri hutan mangrove.

Wisata Pantai Kutang Lamongan baik dikunjungi saat pagi dan sore hari. Pantai yang tenang membuat tempat ini pas untuk menikmati sunset. Adanya warung-warung makan dan gazebo di tepi jembatan, banyak lokasi terbaik yang bisa digunakan untuk menikmati senja bersama orang tercinta.
 
  

Tips :

  1. Waktu terbaik adalah pagi dan sore hari.
  2. Jika ingin berenang jangan lupa membawa baju ganti.
  3. Bawalah pelindung kepala dan sunblock untuk melindungi dari panas.
  4. Meski ombaknya tenang, sebaiknya tidak berenang terlalu ke tengah.
  5. Harga tiket masuk Pantai Kutang Lamongan tidak include dengan tiket photo pre wedding.
  6. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Pantai Kutang :

  • Lokasi : Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka/Tutup : 07.00 - 17.30
  • HTM : ± Rp. 5.000
  • Aktivitas : Bersantai, berenang, camping.
  • Fasilitas : Area parkir, pusat informasi, gazebo, mushola, wahana permainan, toilet, warung, camping ground.
  • Wisata Sekitar : Kampung Kerapu, Pantai Lohgung