Air Terjun Kapas Biru, Alam Favorit Traveler di Lumajang - Manusia Lembah

Air Terjun Kapas Biru, Alam Favorit Traveler di Lumajang

Air Terjun Kapas Biru bukanlah nama yang asing lagi bagi para traveler. Pasalnya, air terjun di Lumajang ini sudah dikenal banyak orang, mulai masyarakat sekitar hingga di luar Lumajang. Bukan tanpa alasan wisata alam satu ini menarik perhatian banyak orang. Suasana yang masih alami, membuatnya menjadi tempat yang pas untuk menyejukkan diri.

Kapas Biru atau akrab disebut Coban Kapas Biru bukanlah satu-satunya air terjun populer di Lumajang. Tak jauh di sekitarnya, masih ada Air Terjun Kabut PelangiTumpak Sewu dan masih banyak lagi. Aliran airnya berasal dari Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Memiliki air segar ditengah hutan, tempat ini berpotensi menjadi tempat wisata hingga akhirnya resmi dibuka pada tahun 2015.

Air Terjun Kapas Biru
Air Terjun Kapas Biru

Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berada sekitar 51.6 kilometer dari pusat kota Lumajang. Letaknya tidak terpaut jauh dengan Coban Sumber Telu, jadi bisa sekalian dikunjungi.

Rute

Berada di perbatasan Desa Pronojiwo dengan Desa Sidomulyo, cara kesana juga mudah diakses dari Malang maupun Jember. 
  • Dari Malang : Kepanjen - Gondanglegi - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Ampelgading - Pronojiwo
  • Dari Lumajang : Sumbersusko - Tempeh - Pasirian - Candipuro - Pronojiwo.
  • Dari Jember : Melalui Jl. Lumajang - Jember.

Sudah ada petunjuk arah untuk ke lokasi awal air terjun. Dari arah Malang, setelah Tumpak Sewu, gang kecil ada di sebelah kanan. Jadi, jangan sampai kelewatan ya!

Info & Tips : 
  • Jika naik transportasi bus, dari Surabaya langsung menuju Terminal Tawang Alun. Kemudian lanjut ke Terminal Minak Kucar di Lumajang dan lanjut ke daerah Pronojiwo.
  • Bus rute Malang - Lumajang atau sebaliknya beroperasi sekitar jam 07.00 - 16.00.
  • Ke lokasi parkir bisa diakses dengan roda dua maupun roda empat.

Menjejak Belantara Hutan

Air Terjun Kapas Biru
Jalur Trekking

Seperti air terjun di Lumajang yang lain, memang tidak mudah untuk menjangkaunya. Siapapun yang ingin sampai ke lokasi harus bersusah dahulu dengan menyusuri belantara hutan dengan waktu tempuh hampir satu jam. Tempat parkir Air Terjun Kapas Biru adalah rumah penduduk yang sudah difasilitasi dengan lahan parkir dan pos kayu untuk beristirahat. Disinilah perjalanan dimulai.

Perjalanan dimulai dengan menyusuri tepian rumah warga hingga masuk di jalan kecil yang menurun ke arah hutan. Hutan yang akan dilalui cukup terbuka dan sudah ada pembatas besi untuk menunjukkan arah jalan. Terdapat pula larangan seperti dilarang berburu, membuang sampah sembarangan, membuat api dan sebagainya. Tanah yang dibentuk tangga akan menuntun hingga pemandangan terbuka dimana tampak sungai hingga air terjun di kejauhan.

Air Terjun Kapas Biru
Awal Perjalanan

Perjalanan awalnya memang melelahkan, karena harus melewati kontur jalan perbukitan yang naik turun dengan jalan setapak tanah hingga tangga besi. Sesekali jalanan memang datar, tetapi kemudian akan kembali menyusuri jalan setapak yang kadang teraliri air di beberapa titiknya. 

Trek ke Air Terjun Kapas Biru memang cukup menguras tenaga. Namun, setelah sampai di jembatan kayu diatas air sungai yang mengalir deras, itu pertanda kalau tempat tujuan tak jauh di depan.

Air Terjun Kapas Biru
Sudah dekat guys...

Pesona Air Terjun Kapas Biru

Area yang lapang dan luas menyambut siapapun yang baru datang di area air terjun. Terdapat Gubuk bambu di dekat rumpun bambu di tepian sungai. Di belakangnya, ada tempat sampah yang sepertinya sia-sia berada disana karena faktanya ada sampah dimana-mana. 

Di depannya, air terjun tinggi yang mengerucut mengalir deras, mengalirkan air bening dan segar di bawahnya. Kesunyian alam inilah yang membuat banyak petualang datang untuk menikmatinya.

Air Terjun Kapas Biru
Area Air Terjun

Air terjun Kapas Biru memiliki dia tingkatan yang diapit tebing coklat kemerahan. Ketinggian air terjun ini diperkirakan sekitar 100 meter. Konon, percikan air derasnya sekilas seperti kapas dan jika didekati, bias'an cahayanya berwarna biru. Inilah yang membuat kenapa air terjun ini dinamakan Kapas Biru. Selain untuk wisata alam, tempat ini biasanya juga menjadi lokasi camping favorit bagi para pecinta dan penikmat alam.

Air Terjun Kapas Biru
View Kapas Biru

Di sekitar aliran sungainya, tak jauh dibawah guyuran derasnya air, ada banyak batuan yang ditumbuhi lumut. Hal itu menambah keelokan air terjun cantik satu ini. Ada jalan kecil untuk mendekati air terjun, tetapi harus tetap berhati-hati karena cukup licin akibat aliran air dan lumut. 

Jika cuaca cerah, siapapun bisa bermain-main atau mencari spot foto yang cantik. Jika cuaca kurang baik, sebaiknya menghindari mendekati air terjun, karena dipastikan akan basah kuyup!.

Keindahan Air Terjun Kapas Biru memang selalu mengundang selera banyak orang. Tempat yang jauh dari perkotaan, petualangan yang mengasyikkan hingga menikmati alam di tengah hutan bisa dinikmati disini. Jika ingin merasakan suasana yang lebih tenang, jangan ragu camping dan menikmati lukisan alam ini sepuasnya!.

 

Tips Wisata di Air Terjun Kapas Biru : 

  1. Taati tata tertib yang berlaku, yaitu dilarang berburu satwa, membuang sampah sembarangan, merusak lingkungan, membawa minuman keras, melakukan tindakan asusila dan membawa senjata tajam dan sejenisnya.
  2. Pakailah sandal gunung agar nyaman saat trekking.
  3. Bawalah perbekalan, terutama air minum. Trekking membutuhkan waktu sekitar 45 menit (1,6 kilometer dari lokasi parkir) dan pastikan kondisi tubuh prima.
  4. Bawalah payung atau jas hujan jika tidak ingin terlalu basah di area air terjun utama. Jika ingin basah, bawalah baju ganti.
  5. Bawalah pelindung kamera dari plastik untuk menghindari basah dari percikan air terjun.
  6. Jangan merusak alat bantu di sepanjang jalur.
  7. Jangan mengotori area wisata seperti membuang sampah sembarangan dan vandalisme.

Informasi Air Terjun Kapas Biru :

  • Lokasi : Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 06.00 - 16.00 WIB
  • HTM : -
  • Aktivitas : Bersantai, tracking, camping, olah raga.
  • Fasilitas : Tempat parkir, toilet, pos, camp ground.
  • Wisata Sekitar : Air Terjun Tumpak SewuAir Terjun Kabut Pelangi, Coban Sumber Telu.

Baca Juga