6 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Mana Jalur Favoritmu? - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

6 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Mana Jalur Favoritmu?

Gunung Lawu pastinya sudah tidak asing lagi didengar. Gunung yang ada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini sangat terkenal di kalangan pendaki maupun penggiat spiritual.

Gunung yang terkenal sakral ini tak pernah sepi. Selain kegiatan pendakian, Gunung Lawu juga menjadi pusat kegiatan spiritual. Tentunya ada beberapa tempat mistis sekaligus tempat bersejarah di lerengnya. Gunung Lawu merupakan pendakian yang ramah pendaki, karena ada warung fenomenal di puncak yang pastinya meringankan beban pendakianmu guys!

Jalur pendakian gunung lawu
Secara administratif, Gunung Lawu berada di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Ngawi dan Magetan. Menjadi batas antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu masuk dalam jajaran 10 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah dan Jawa Timur sekaligus Seven Summit of Java.

Sebagai gunung populer, Gunung Lawu memiliki beberapa jalur pendakian yang bisa diakses dari Karanganyar, Magetan dan Ngawi. Meski selama ini Magetan menjadi tempat jalur pendakian populer, Lawu juga memiliki beberapa jalur pendakian lain yang perlu dicoba. 

Jalur Pendakian Gunung Lawu

1. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Jalur pendakian gunung lawu via cemoro sewu

Jalur pendakian Gunung Lawu yang satu ini sangat populer. Tidak jauh dari tempat wisata Telaga Sarangan, pendakian via Cemoro Sewu biasanya menjadi pilihan utama karena waktu pendakian yang relatif singkat dan akses yang mudah. Jalur pendakian via Cemoro Sewu juga sangat menguntungkan karena ada beberapa warung kecil di beberapa pos jalur pendakian. 

Meski didominasi jalur makadam yang melelahkan, waktu yang singkat menjadi keuntungan utama jika melewati jalur pendakian Cemoro Sewu. Dari basecamp hingga ke puncak Hargo Dalem membutuhkan waktu pendakian normal ±6 jam setelah melewati 5 pos. Baca : Pendakian Gunung Lawu 3.265 mdpl via Cemoro Sewu

Di Puncak Hargo Dalem akan menemukan pertemuan jalur pendakian via Cemoro Kandang, sekaligus warung Mbok Yem. Nah, jangan lewatkan pemandangan sunrise di tempat ini. Di belakang warung Mbok Yem ada Petilasan Prabu Brawijaya, Rumah Kaleng dan pertemuan jalur pendakian via Canti Cetho.

Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
Sumber Mata Air : Sendang Drajat
Camp Ideal : Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
Lokasi Basecamp Cemoro Sewu :  Jl. Raya Sarangan, Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp Cemoro Sewu : @pgl_cemorosewu / 081 917 064 019

2. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang

Jalur pendakian gunung lawu via cemoro kandang

Lokasi basecamp Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang memang tidak jauh, tetapi keduanya menyajikan jalur pendakian yang berbeda. Biasanya, jika tidak ingin lintas jalur yang nggak jauh-jauh amat, bisa naik via Cemoro Sewu dan turun via Cemoro Kandang ataupun sebaliknya. Lagipula logistik sudah dijamin Warung Mbok Yem, tenang.. hehe...

Jalur pendakian via Cemoro Kandang sedikit lebih jauh dibanding Cemoro Sewu. Jalur ini cukup landai, sehingga bisa untuk berpetualang dengan sepeda gunung. Pendakian menuju Pos 1, bisa melihat puncak Cokro Suryo yang mengapit Kawah Condrodimuko. Jadi jangan heran kalau bau belerang sering tercium di jalur ini.

Kalau mau ke kawah, sebelum pos 2 bisa ikuti jalur ke kanan. Dari Pos 5 bisa langsung ke Puncak Hargo Dumilan, Puncak Hargo Puruso atau Puncak Hargo Tulling, Puncak Hargo Dalem maupun pasar dieng. Bisa dipilih kemana maunya kamu.

Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
Sumber Mata Air : Sendang Panguripan, Sendang Drajat.
Camp Ideal : Pos 2, Pos 4, pos 5, Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya. 
Lokasi Basecamp  Cemoro Kandang : Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792 (Map : Klik Disini)

3. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Tahura / Candi Sukuh / Tambak

Jalur pendakian gunung lawu via tahura

Jalur pendakian satu ini memang minim referensi. Jalur pendakian via Tahura cukup jelas dan akan melewati air terjun di jalur menuju ke Pos 1 dan setelah Pos 4. Di cokrosuryo akan bertemu dengan jalur via Cemoro Kandang dan tinggal melanjutkan pendakian ke puncak. 

Dulunya jalur via Tahura Mangkunagoro pernah dibuka, tetapi ditutup pada tahun 2015 hingga sekarang, karena kebakaran hutan dan pasti jalurnya kini sudah tertutup semak-semak. Jadi jika ingin melakukan pendakian Gunung Lawu, sebaiknya memilih jalur lain guys!

Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
Lokasi Basecamp  : Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp: 081 548 698 969

4. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Singolangu

Jalur pendakian gunung lawu via singolangu

Jalur pendakian Gunung Lawu ini terbilang baru dibanding yang lainnya dan dibuka pada pertengahan tahun 2019. Jalur pendakian Singolawu disebut-sebut sebagai jalur klasik karena pernah dijadikan jalur pendakian spiritual pada era 1980'an. Bagi jaman now jalur ini bisa menjadi petualangan baru. Untuk jaman old mungkin bisa nostalgia?.

Jalur baru yang sebenarnya sudah lama ini lumayan unik. Bagi yang suka sejarah, sangat cocok untuk mencoba mendakinya, karena di sepanjang jalur pendakian terdapat prasasti peninggalan Prabu Brawijaya. Jadi tak hanya mendaki, kamu bisa sekalian napak tilas peninggalan raja terakhir Majapahit tersebut. 

Dalam pendakian ini akan menemukan batu (Pos 1) yang pernah digunakan sembahyang Prabu Brawijaya, Cemoro Lawang sebagai tempat berkumpulnya Sang Prabu dengan patihnya dan sebagainya. Satu yang menantang adalah saat melewati Tanjakan Penggik yang cukup menguras tenaga. 

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Singolangu memiliki jarak tempuh ±8,2 km dan waktu tempuh normal ±8 jam. Ada lima pos yang akan dilalui sebelum sampai puncak

Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
Sumber Mata Air : Pos 2, Sendang Drajat
Camp Ideal : Pos 4, Hargo Dumilah
Lokasi Basecamp  :  Singolangu, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp : 082 141 817 515

5. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Jalur pendakian gunung lawu via candi cetho

Candi Cetho merupakan jalur pendakian yang terbilang menarik, karena lokasinya juga menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar, yaitu Candi Cetho dan Candi Ketek. Jalur pendakian dengan jarak tempuh ±15 kilometer ini terkenal dengan keindahan savana di jalur pendakian. 

Pendakian via Candi Cetho memilii lima pos pendakian, tetapi hanya pos 1 - pos 4 yang dilengkapi dengan shelter, sedangkan Pos 5 berupa pada rumput di lembah perbukitan hutan pinus. Di area Pos 5 ini merupakan pertemuan dengan jalur pendakian via Jogorogo. Baca : Pendakian Gunung Lawu 3.265 mdpl via Candi Cetho.

Mulai Pos 5, pendakian Gunung Lawu akan didominasi padang savana dan perbukitan pinus hingga Pasar Dieng. Dari Pasar Dieng, puncak hargo dalem sudah tidak jauh lagi. Petilasan Prabu Brawijaya adalah tempat menarik pertama yang dijumpai di Hargo Dalem. Tempat menarik yang kedua?, pastinya Warung Mbok Yem dong!

Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
Sumber Mata Air : Pos 3Gupak Menjangan (Musiman), Sendang Drajat.
Camp Ideal : Gupak Menjangan, Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
Lokasi Basecamp  : Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp: 0853-2566-3738

6. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Jogorogo

Jalur pendakian gunung lawu via jogorogo

Ketimbang jalur pendakian para pendaki, jalur via Jogorogo lebih dikenal dengan jalur spiritual yang biasanya digunakan orang-orang yang sedang berburu ilmu tertentu. Lagipula, jalur ini juga tidak seramai jalur pendakian lainnya karena bukan jalur resmi, sehingga tidak disarankan lewat jalur ini tanpa orang yang ahli navigasi atau tanpa guide lokal. 

Pendakian via Jogorogo akan melewati 5 pos dengan jalur awal makadam. Jalur pendakiannya memang rapat dan perlu tebas-menebas. Setelah melewati Bulak Akasia, Pos Pendem, Ondorante dan Jurang Mele - jalur paling terjal, barulah bertemu dengan sabana dan sampai di Bulak Peperangan, yaitu jelur pertemuan dengan pendakian via Candi Cetho. So, langsung lanjut ke puncak saja guys!. 

Pendakian via Jogorogo memakan waktu ±8 jam dan disebut-sebut sebagai trek terpanjang Gunung Lawu, hampir 3x lipat jalur via Cemoro Sewu. Pendakian ini hampir semua medannya curam, berupa tanjakan dengan satu aliran sungai kering. Jadi jika ingin lwat jalur ini pastikan dalma kondisi fit, logistik cukup dan tetap safety

Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
Sumber Mata Air : Setelah Pos 2 Udal-udal, Gupak Menjangan (Musiman).
Camp Ideal : Pos 5, Gupak Menjangan, Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
Lokasi Basecamp  :  Manyul, Girimulyo, Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
Kontak Basecamp: 081 335 799 854 ; 081555374757 (Bp. Hartoyo)

Gunung Lawu masih menjadi gunung favorit bagi pendaki, pelaku spiritual, dan wisatawan. Gunung ini memiliki beberapa puncak dan yang paling populer adalah Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi. 

Tidak hanya menyajikan trek menantang dan pemandangan alam yang indah, Gunung Lawu juga menyimpan kisah sejarah yang menarik untuk disimak, yaitu tentang Prabu Brawijaya V. Dikenal sebagai gunung keramat, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pendakian dan hal ini bisa bertanya langsung pada pihak basecamp agar lebih meyakinkah guys!. Baiklah, selamat memilih jalur pendakian selanjutnya!
Baca Juga
>