20+ Destinasi Wisata Pulau Karimunjawa yang Bikin Jatuh Cinta! - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

20+ Destinasi Wisata Pulau Karimunjawa yang Bikin Jatuh Cinta!

Karimunjawa adalah gugusan pulau indah dengan hamparan pasir putihnya yang menawan. Tempat wisata Krimun Jawa ini sudah tersohor di kalangan turis domestik maupun mancanegara. 

Kepulauan yang sudah ditetapkan menjadi taman nasional ini menjadi surga bawah laut bagi wisatawan yang menyukai snorkeling maupun diving. Suasana alami, tenang, nyaman dan banyaknya tempat wisata akan membuat siapapun betah berlama-lama disini.


pulau karimunjawa
Pulau Karimunjawa masuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan luas daratan sekitar 1.500 Ha.

Akses
  1. Transportasi darat dan laut yang bisa digunakan untuk ke Pulau Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kapal Kartini berangkat setiap sabtu jam 9 pagi ke Karimunjawa dan kembali pada Minggu siang dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, Kapal Muria berangkat  tiap dua hari sekali dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan. Jadwal kapal dari Pelabuhan Jepara perlu diperhatikan karena jadwal kapal bisa berubah sesuai dengan cuaca di laut jawa.
  2. Jalur udara bisa ditempuh dari Bhandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan waktu sekitar 30 menit.


Tempat Wisata di Karimunjawa

1. Pantai Annora

pantai annora

Pantai Annora berada di Dusun Cikmas, di ujung utara Pulau Karimunjawa. Keunikan dari pantai utara pulau Karimunjawa ini adalah memiliki banyak ayunan dan sebuah bukit yang menampakkan panorama indah. Pantai Anora lumayan luas dan memiliki dua pantai yang dipisahkan bukit.

Pantai Annora berbatasan dengan Pulau Kemujan. Disekitar pantai ini juga ada Pantai Yamin dan Pantai Kemloko. Jika bosan bermain-main di pantai yang luas, naik ke bukit juga bisa menjadi tantangan seru. View di atas bukit juga tak  kalah indah dan patut untuk dicoba. 

2. Pulau Menjangan Besar

pulau menjangan besar

Pulau Menjangan merupakan pulau terdekat dengan Karimun Besar  dan tidak membutuhkan waktu lama untuk berlayar ke pulau ini. Menariknya, pulau yang memiliki luas sekitar 50 Ha ini memiliki kolam penangkaran hiu dan penyu, serta water sport untuk hiburan bagi siapapun yang datang. Baca : Uji Adrenalin di Kolam Penangkaran Hiu Pulau Menjangan Besar

Merasakan berada di tengah kumpulan hiu-hiu lapar pasti menjadi cerita yang sangat menarik dan cukup membutuhkan adrenalin. Selain hiu, ada area penangkaran lain yaitu bintang laut dan ikan buntal. Ada banyak jenis bintang laut yang bisa disaksikan, dipegang dan diajak selfie.

3. Pulau Menjangan Kecil

pulau menjangan kecil

Pulau Menjangan Kecil tidak terlalu jauh dari Pulau Menjangan Resort. Pulau ini dikelola oleh PT Awani Dream dan terdapat resort yang bisa disewa untuk menikmati malam romantis di Karimunjawa. Pulau ini terkenal dengan kecantikan taman lautnya. Jadi jangan sia-siakan waktu untuk snorkeling jika mengunjungi area Pulau Menjangan Kecil ya!

4. Pantai Legon Lele

pantai lagoon lele

Legon Lele ada di bagian timur Karimunjawa. Bisa ditempuh dengan jalur darat selama kurang lebih 15 menit dengan motor. Legon Lele adalah sebuah pantai, mangrove dan daerah perbukitan yang masih alami. Pulau yang sangat dekat dengan tempat wisata pantai ini adalah Pulau Batu. 

Air pantai yang surut kadang membuka jalan untuk menuju ke Pulau Batu, meski tidak begitu dekat. Keunikan Lagon lele yaitu menawarkan suasana cottage wisma apung. Pantai Legon Lele juga menjadi spot terbaik untuk mengabadikan sunrise di Pulau Karimunjawa

5. Bukit Cinta

bukit cinta

Bukit Cinta Karimunjawa ini benar-benar akan membuat siapapun jatuh cinta dan enggan pulang. Bukit Cinta merupakan area di bukit Pulau Karimunjawayang menyajikan pemandanagn perairan Pulau Karimunjawa. Bukan Karimunjawa namanya jika tidak menyajikan panorama sunset yang mempesona. Baca : Bukit Love, Mengukir Cinta di Karimun Jawa

Bukit Cinta adalah salah satu lokasi menarik anti-mainstream yang sangat cocok untuk menikmati senandung senja Karimunjawa. Ada banyak lokasi yang bisa dipilih untuk duduk tenang menikmati senja.  Then, lets enjoy the sunset.

6. Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset. Hal ini karena lokasi Pantai Tanjung Gelam tepat di ujung barat pulau Karimunjawa. Warna laut di Pantai Tanjung Gelam cenderung tosca dan sangat jernih. Di Pantai Tanjung Gelam dikenal juga pohon kelapa miring yang biasanya menjadi spot foto menarik wisatawan. 

Bebatuan karang di pesisir pantainya tertata indah dengan bentuk dan komposisi yang tepat, sehingga menambah keindahan di Pantai Tanjung Gelam. Menyaksikan perahu lalu lalang di atas laut tosca dengan sinar jingga tentunya very so sweet. Baca : Pantai Tanjung Gelam, Spot Senja Ujung Barat Karimun Jawa

7. Pulau Cilik


Pulau Cilik memiliki luas sekitar 2 Ha dan merupakan salah satu pulau populer dari 27 pulau yang membentuk Kepulauan Karimunjawa. Memiliki luas sekitar 2 Ha, jangan heran jika suasana di Pulau Cilik sangat tenang. Bahkan suara ombak nyaris tidak terdengar karena gelombangnya yang sangat kecil. Pasir putih bersih yang lembut menyambut di bibir pantai dengan sapuan ringan ombak pantai utara. Baca : Pulau Cilik, Tempat Bercengkerama Ringan di Tengah Panorama Karimun Jawa

Pulau Cilik Karimunjawa ini sangat teduh dan bersih. Air laut yang bening dengan gelombang kecil dan nyaris tidak ada ombak membuat Pulau Cilik cocok untuk bermain air, berenang, snorkeling maupun free diving di area sekitar Pulau Cilik. Panorama laut biru dan kepulauan yang hijau membentang di garis horison sangat cocok untuk memanjakan mata sembari makan siang dengan sajian ikan laut khas Pulau Karimunjawa.

8. Pulau Cemara Besar

pulau cemara besar

Pulau di sisi timur Kepulauan Karimunjawa ini tidak berpenghuni dan memiliki pesona yang indah. Pulau ini memiliki air laut jernik, pasir putih dengan deretan pohon cemara di sepanjang pesisir pantainya. Layaknya pulau cilik, pulau ini sering digunakan untuk bersandar kapal wisatawan setelah keliling pulau. 

9. Pulau Cemara Kecil

pulau cemara kecil

Sama seperti Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil biasanya juga menjadi tempat bersandar kapal wisatawan. Pulau ini menjadi spot kedua setelah lelah snorkeling di Pulau Menjangan Kecil atau di perairan pulau-pulau sekitarnya. Pulau ini cocok untuk bersantai, beristirahat dan makan siang sebelum melanjutkan kegiatan selanjutnya di perairan Karimunjawa.

10. Pulau Geleang

pulau geleang
Meski terbilang pulau kecil, Pulau Geleng menjadi salah satu destinasi andalan di Karimunjawa dan hampir setiap hari dikunjungi wisatawan. Pulau Geleang memiliki pasir putih bersih dan air laut yang bening. Suasana sekitarnya semakin sejuk dengan jajaran pohon kelapa dan cemara di sekeliling pulaunya.

Di pulau yang ada di sisi barat Karimunjawa ini, kamu bisa berjemur, bermain di pantai dan berburu foto dengan pemandangan yang aduhai. Selain spot foto dan spot snorkeling, ada juga spot memancing bagi siapapun yang gemar berburu ikan. Di pulau ini masih banyak ikan pari di parairan dangkalnya, jadi wajib berhati-hati guys!

11. Pulau Tengah

pulau tengah

Pulau tengah berada di antara Pulau Cilik dan Pulau Sintok. Pulau ini terbilang cantik dengan pasir putih bersih, air yang jernih, ombak yang tenang dan berbagai biota laut yang menawan. Sudah ada beberapa fasilitas di pulau ini seperti warung, toilet, tempat makan BBQ, jembatan dan kolam ikan. Disini juga ada tempat penangkaran hiu dan ikan badong. Jadi jangan lewatkan aneka sajian menarik di tempat wisata Karimunjawa satu ini.

12. Bukit Joko Tuwo

bukit joko tuwo

Bukit Joko Tuo menjadi sasaran banyak wisatawan karena adanya tulang ikan joko tuwo yang dipajang disana. Cerita tentang ikan joko tuwo ini cukup melegenda dan warga sekitar meyakini bahwa jenis ikan langka sepanjang tiga meteran ini adalah ikan penunggu salah satu pulau di Karimunjawa. 

Tak hanya tentang ikan raksasa saja, panorama bukit joko tuwo juga terbilang indah. Hanya saja, kamu wajib naik ke bukit dengan trek berbentuk tangga. Udara sejuk dan suara burung akan menemani rasa lelah hingga sampai di tempat tujuan. Cocok sekali bagi yang suka berpetualang dan mencari destinasi non snorkel.

13. Pulau Sintok

pulau sintok

Pulau seluas 21 Ha ini berada di timur laut Pulau Karimunjawa. Diantara keduanya terdapat perairan membentuk selat, sehingga banyak binatang laut dan terumbu karang yang ada di sana, seperti table coral, brain coral, staghorn coral yang terancam punah, dan sebagainya. Kebersihan Pulau Sintok masih terjaga, mulai dari area pasir putihnya yang bersih hingga taman lautnya yang menawan.

14. Makam Sunan Nyamplungan

makam sunan nyamplungan

Wisata sejarah juga tersaji di Pulau Karimunjawa yaitu Makam Sunan Nyamplungan (Syeh Amir Hasan) yang berada di bawah Gunung Karimun. Sunan Nyamplungan merupakan putra dari Sunan Muria dan menjadi sosok penting bagi masyarakat Karimunjawa karena berkontribusi dalam penyebaran agama islam di Pulau Karimunjawa.

Sunan Nyamplungan merupakan orang yang pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Karimunjawa. Tongkat yang digunakan Sunan Nyamplungan terbuat dari pohon Dewadaru yang tumbuh disana. Di makam ini terdapat batu berbentu peluru yang menurut orang sekitar akan berbunyi jika Pulau Karimunjawadalam bahaya. Selain berziarah, mengenal sejarah Karimunjawa bisa dilakukan disini.

15. Pantai Batu Putih

pantai batu putih

Pantai Batu Putih berada di Dusun Jelamun, Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara. Pemandangan disini lumayan menyejukkan mata. Ombak yang tenang dengan air laut yang bersih menjadikan suasana sangat nyaman. Pasir pantai yang bersih dan putih menggoda setiap wisatawan untuk menyusuri garis pantainya. Konon nama pantai ini diambil dari sebuah batu yang berwarna putih dan kini, Pantai Batu Putih menjadi icon Pulau Karimunjawa.

16. Pantai Barakuda

pantai barakuda

Untuk ke pantai ini bisa menggunakan jalur darat. Pantai Barakuda hampir sama dengan pantai lain di Karimunjawa, hanya saja area berpasirnya tidak terlalu luas dan dihiasi deretan pohon kelapa. Di sepanjang bibir pantai'pun juga ditemukan tanggul kecil untuk menahan arus laut agar tidak naik ke kawasan di dekat pantai. Di dekat pantai ini ada penginapan yang bisa digunakan untuk menginap. 

17. Hutan Mangrove

hutan mangrove

Kepulauan Karimunjawa tidak hanya menyajikan wisata bahari. Karimunjawamemiliki hutan mangrove yang ada di area Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Selain menelusuri jembatan kayu di tengah hutan mangrove, bisa sekaligus mempelajari fauna dan satwa yang ada di area Hutan mangrove. 

Lelah berjalan-jalan, naiklah ke gardu pandang yang akan menunjukkan hamparan luas hutan magrove beserta Kepulauan Karimunjawa. Di atas gardu pandang juga tempat yang cocok untuk menyaksikan sunset. Hm.... jangan lupa untuk turun.

18. Pantai Nirwana

pantai nirwama

Pantai Nirwana berada di sekitar Nirwana Resort, resort paling terkenal di Karimunjawa. Pantai yang landai banyak ditumbuhi pohon kelapa. Pantai Nirwana disebut-sebut sebagai pantai yang sering diadakan pesta pantai saat tahun baru di Karimunjawa. Pantai ini masih alami, indah dan terjaga kebersihannya, sehingga jangan ragu mencoba destinasi satu ini guys!.

19. Karimunjawa Buterfly Park

karimunjawa buterfly park

Tempat wisata di Karimunjawa yang beroperasi sejak 2015 ini semakin menjadi destinasi wisata populer, karena letaknya yang tidak jauh dari dermaga. Seperti namanya, tempat ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kawasan kupu-kupu, kawasan kepompong dan kawasan penetasan kepompong. 

Di tempat ini ada lebih dari 30 spesies kupu-kupu dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi, jangan kaget kalau disini juga ada beragam ulat-ulat yang sengaja dikembang biakkan. Selain menjadi destinasi wisata yang sangat berbeda, tempat ini juga menjadi sarana edukasi untuk mengetahui segalanya tentang kupu-kupu. 

20. Pulau Gosong

pulau gosong

Pulau yang populer ini memang menjadi primadona baru, tetapi bentuknya tidak seperti pulau pada umumnya. Pulau Gosong berada di sebelah timur Pulau Karimunjawa. Daerahnya hanya berukuran sekitar 5x8 meter dan hanya terdapat pasir putih saja. Namun, jangan lewatkan pemandangan bawah laut jernih di sekitarnya. Hamparan laut biru juga akan membuat siapapun sayang melewatkan momen indah begitu saja tanpa jepretan kamera. 

21. Kampung Bugis

kampung bugis

Pulau Karimunjawa setidaknya ada tiga suku besar, yaitu Jawa sebagai mayoritas, suku Bugis dan suku Madura. Suku Bugis dulunya terkenal sebagai pelaut yang singgah dan menetap di pulau ini. Meski jauh dari Sulawesi, kebudayaan dan adat istiadatnya tetap memakai adat Bugis. 

Kampung Bugis berada di Desa kemujan. Pemukiman suku bugis ditandai dengan adanya rumah panggung yang turun temurun menjadi tempat tinggal suku bugis di Karimunjawa. Tak hanya itu, rumah panggung juga tersedia sebagai homestay bagi tamu yang datang. 

22. Pantai Batu Topeng

pantai batu topeng

Pantai Batu Topeng terletak di timur laut Pantai Ujung Gelam dan dapat diakses dengan sepeda motor, mobil maupun kapal. Pantai Batu Topeng mempunyai keunikan dengan adanya sebuah pondokan kecil yang menjorok ke laut. Menikmati ketenangan di pondokan itu tentu akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati suasana laut lepas berwarna kebiruan yang tenang.

23. Pantai Bunga Jabe

pantai bunga jabe

Pantai Bunga Jabe berada di belakang Bandara Dewandaru, tepatnya di Dusun Telaga. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunrise, karena lokasinya tepat di depan pantai dan menghadap ke arah timur. Selain menikmati sunset, jogging di pinggiran pantai juga cukup menarik. Menikmati suasana pagi sambil olahraga, siapa yang tidak tertarik?


24. Pantai Bobi


pantai bobi

Pantai ini ada di sebelah timur Karimunjawa. Pantai ini sangat bersih, tenang dan menarik. Pantai yang terhampar luas ini terdapat banyak spot selfie, tentunya bagi yang suka berfoto ria, seperti gerbang kayu, ayunan, tempat duduk santai dan sebagainya. Di tempat ini juga ada cafe tersedia yang siap mengatasi kelelahan perutmu guys!

25. Pantai Sunset Laendra

pantai sunset laendra
Di pantai ini terdapat cottage, cafe dan resto yang menyediakan berbagai hidangan  maupun keperluan lain bagi wisatawan yang datang. Ada juga cottage berbentuk rumah panggung yang menghadap ke pantai. Seperti banyak pantai populer lain, di pantai Sunset Laendra sudah dilangkapi dengan bangku dan meja hingga spot  untuk selfie

Biasanya para wisatawan datang untuk menikmati suasana pantai yang tenang, berjemur dan bermain di area pantai. Laut yang terbilang dangkal sangat cocok bagi siapapun yang ingin bermain dan bersenang-senang di pantai.

26. Wisma Apung

wisma apung

Wisma apung bukanlah tempat wisata, tapi sebuah penginapan yang akan menawarkan suasana berbeda. Sesuai namanya, penginapan ini berada di atas laut Karimunjawa dan berada di antara pulau Karimun Besar dan Menjangan Besar. Penginapan ini memiliki beberapa kamar dengan kelasnya masing-masing serta beberapa fasilitas tambahan yang pastinya menarik untuk dicoba.

Itu adalah beberapa destinasi wisata di karimunjawa yang bisa menjadi pilihan liburan. Memang ada banyak wisata di Karimunjawa yang belum disebutkan, karena pulau wisata ini tentunya semakin dikembangkan dan menyajikan wisata-wisata baru untuk mengundang wisatawan dari berbagai penjuru dunia.  
Baca Juga
>