Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno

Booking Online Pendakian Gunung Arjuno. Setelah sempat ditutup pada pertengahan tahun 2019, Gunung Arjuno kembali dibuka, sekaligus memperkenalkan sistem pendakian baru, yaitu sistem booking online. 

Booking online memang bukan hal baru dalam sistem pendakian. Di Jawa Timur, Gunung Semeru lebih dulu melakukan sistem ini untuk mengontrol para pendaki yang terus membludak setiap bulannya. 


Terhitung hari Senin, 4 November 2019 pukul 08.30, pendakian Gunung Arjuno kembali dibuka serta dilakukan uji coba pendaftaran secara online melalui website resmi UPT Tahura Raden Soerjo. 

Ada beberapa ketentuan dalam sistem booking online ini, yaitu :
  • Registrasi izin pendakian dilakukan di website resmi UPT Tahura Raden Soerjo.
  • Setiap pendaftar yang mengajukan secara online akan diverifikasi oleh admin yang telah ditunjuk kepala UPT dan persetujuan izin dikeluarkan dalam bentuk Surat Ijin Khusus. 
  • Saat melapor di pos pendakian menunjukkan print out Surat Ijin Khusus untuk diverifikasi. 
  • Petugas pelayanan di pos pendakian wajib melakukan pemeriksaan barang dan perlengkapan para pendaki dan melakukan penyitaan terhadap barang yang tidak diperkenankan dibawa ke kawasan Tahura, dan akan dikembalikan saat turun. 
  • Petugas akan memberikan briefing tentang jalur dan keselamatan pada seluruh rombongan pendaki. 
  • Jika suatu-waktu kondisi darurat, petugas pelayanan akan menutup dan menghentikan perizinan, kemudian melaporkan kepada Kepala Resort. 
  • Untuk pemohon yang belum mengetahui informasi sistem booking online, tetap diminta melakukan registrasi secara online. 

Adanya sistem booking online tentu mempunyai manfaat positif agar petugas bisa mengontrol kegiatan mendaki dan juga para pendaki. Apalagi tentunya semua pendaki sudah dibekali smartphone yang akan mempermudah pendaftaran. 

Memang belum ada informasi tentang kuota pendakian seperti di Gunung Semeru, tetapi jelas sistem ini akan memberi kemudahan bagi pendaki manapun agar bisa merencanakan pendakian dengan lebih efisien. 

Dari 9 Jalur Pendakian Gunung Arjuno, empat diantaranya adalah jalur resmi, yaitu pos Tretes, pos Tambaksari (Purwosari), via Lawang dan pos Sumber brantas. Jadi, sistem booking online diterapkan di empat jalur pendakian tersebut. 
Bagi yang belum tau sistem pendakian Gunung Arjuno terbaru ini, berikut cara booking online pendakian Gunung Arjuno. 

1. Masuk ke situs resmi UPT Tahura Raden Soerjo

Situs resmi UPT Tahura R. Soerjo : https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id
Setelah klik tautan diatas, akan muncul urutan tata cara pendaftaran mulai dari situs portal pendaftaran online, SOP pendakian, pengisian form, cek status pendaftaran dan cetak lampiran.

Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno

Klik Selanjutnya.

2. Baca Syarat dan Ketentuan

Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno

Selanjutnya ada rentetan SOP Pendakian yang harus dipahami lebih dulu. Jika malas baca, ada beberapa poin penting ketentuan pendakian Gunung Arjuno yang harus dipahami yaitu : 
  • Waktu pelayanan administrasi registrasi pendakian pada hari Senin - Jumat jam 07.00 s/d 15.30. Berarti jika booking online pendakian Gunung Arjuno pada malam hari, maka konfirmasi email akan dilakukan esok harinya pada jam sesuai ketentuan. 
  • Pendaftaran bisa dilakukan maksimal H-3.
  • Jika melakukan penipuan dan pemalsuan tidak akan diberi ijin mendaki atau wisata di wilayah Tahura Raden Soerjo alias blacklist.
  • Pembayaran karcis dilakukan di pos pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku menurut Peraturan Pemerintah RI.
  • Kegiatan yang bersifat massal (reboisasi, lomba, diklat, upacara, dll) atau kegiatan khusus (survey, penelitian) haris melalui pengajuan proposal ke kantor UPT Tahura Raden Soerjo paling lambat 15 hari sebelum hari H.
  • Pendaki -17 tahun harus menyerahkan surat izin dari orangtua/wali.

Peraturan pendaki :

  • Menggunakan perlengkapan safety dan standar pendakian. 
  • Berjalan pada jalur yang sudah ditentukan. 
  • Tempat mendirikan tenda hanya di lokasi yang telah ditentukan. 
  • Dilarang membuat api unggun dari kayu dan anorganik untuk tujuan apapun.
  • Saat turun harus melapor dan membawa sampah untuk diperiksa petugas. 

Larangan :

  • Membawa alat untuk melakukan tindakan pengrusakan flora/fauna maupun alat untuk vandalisme di dalam kawasan. 
  • Dilarang memaksakan diri untuk mendaki jika kondisi dan situasi tidak memungkinkan.  
  • Dilarang membuat bangunan semi permanen tanpa ada surat ijin dari UPT Tahura Raden Soerjo dan mengetahui Dinas Purbakala. 
  • Dilarang merubah bentuk asli, merusak, memugar, mencuri, memindah letak lokasi, mengganti yang asli dengan Replika situs Purbakala

Setelah itu centang lima kotak dibagian bawah dan pastikan telah menyiapkan berkas sesuai yang dicentang. Klik Daftar. 

3. Isi Form Registrasi Pendakian

Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno

Ketua kelompok rombongan akan menjadi penanggung jawab tim. Kalau tidak ada ketua ya silahkan melakukan pemilu semenit lebih dulu. 

Ada beberapa kolom yang wajib diisi yaitu Informasi Ketua Regu, Anggota Rombongan, Kontak Darurat, Perlengkapan yang Dibawa dan Logistik yang Dibawa. 

Jika ingin menambahkan anggota kelompok atau menambahkan logistik, bisa klik menu di tombol berwarna biru. 

Jika melakukan pendakian Gunung Arjuno via Purwosari atau Gunung Pundak via Tahura, centang kolom checkbox di bagian paling bawah. Jika lewat jalur selain jalur itu, maka langsung saja klik Kirim Formulir Registrasi. 

Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno

Setelah semua data lengkap dan benar, akan keluar pemberitahuan seperti gambar. Jika tidak, maka perbaiki dulu data pada form.

4. Cek Email Masuk dan Download Berkas


Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno


Email ini dikirimkan otomatis tepat setelah mengirimkan form pendaftaran, jadi jika ada yang ingin ditanyakan, jangan membalas email tersebut ya, karena ada contact person khusus pertanyaan seputar pendakian. 

Ada dua lampiran yaitu berkas pendaftaran dan kode QR. Download keduanya, kemudian print out untuk registrasi di pos pendakian. 

Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno

Print out berkas pendaftaran dan kode QR adalah syarat wajib untuk pendakian Gunung Arjuno. Jangan lupa sertakan beberapa kelengkapan lain, seperti kartu identitas atau fotokopi identitas serta surat izin orang tua. 

5. Selesai

Setelah berkas lengkap, tinggal menunggu jadwal pendakian. Pembayaran registrasi online dibayarkan di pos pendakian saat hari H. Bukti retribusi atau karcis resmi dikeluarkan oleh UPT Tahura R. Soerjo dan karcis asuransi dikeluarkan oleh PT. Jasa Raharja sesuai jumlah personel. 

Di website resmi, belum ada menu untuk melihat jumlah pendaki pada tanggal tertentu karena sepertinya sistem kuota belum diberlakukan. Meski masih uji coba, diharapkan sistem ini bisa meningkatkan ketertiban di kalangan pendaki. 

Semoga artikel Cara Booking Online Pendakian Gunung Arjuno bermanfaat. Selamat mendaki!

Reff : UPT Tahura Raden Soerjo
>