Pantai Pulodoro - Berpetualang ke Ujung Malang Selatan - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pantai Pulodoro - Berpetualang ke Ujung Malang Selatan

Pantai Pulodoro Malang. Pantai-pantai di pesisir Malang selatan selama ini memang dikenal menyajikan pantai yang cukup hits di kalangan para travelers . Namun, keindahan pantai di Malang selatan tidak berhenti di ujung Jalur Lilntas Selatan saja, karena di ujung sisi barat masih ada juga pantai indah yang tentunya juga tak mudah. Ada beberapa pantai menarik yang ada di ujung barat Malang, salah satunya adalah Pantai Pulodoro. Yah... bersebelahan dengan Pantai Kedung Celeng, jangan tanyakan keeksotisan Pantai Pulodoro yang pasti akan membuat siapapun terpesona. 

Pantai pulodoro Malang
Pantai Pulodoro
Pantai Pulodoro berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Malang Selatan, jawa Timur. Rute ke Pantai Pulodoro bisa dimulai dari Kota Malang dan ambil ke arah Kepanjen. Ikuti jalan sampai di Pagak, lanjut lurus sampai menemukan perempatan dan cari tanda ke Pantai Ngliyep. Setelah tiba di Desa Banjarejo, ambil jalan menuju Desa Sumber Celeng dan masuk ke jalur Pantai Bantol. 

Meski perjalanan yang tidak mudah, tidak ada yang sia-sia saat berwisata ke Pantai Pulodoro. Wisata pantai di Malang ini adalah salah satu dari 4 Pantai Malang Selatan yang bisa dieksplore secara bersamaan karena berada di satu lokasi. Jadi setelah tiba di parkiran Pantai Bantol, maka bisa sekalian mengunjungi Pantai Watu Seling Buceng, Pantai Kedung Celeng dan Pantai Pulodoro yang ada paling ujung. 

Sampai di parkiran Pantai Bantol yang terbilang cukup luas dan lumayan teduh, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Ada petunjuk tiga pantai yang lain yang bisa dikunjungi sebelum ke Pantai Pulodoro yang menjadi akhir tujuan. So, prepare yourself for a long journey!. 

Pantai pulodoro Malang
Lets Go!
Pantai Bantol adalah pantai pertama yang akan menjadi persinggahan pertama dalam perjalanan ke Pantai Pulodoro. Pantai Pulodoro memang terbilang jauh, tapi lelahnya perjalanan tidak akan cukup terasa ketika menyusuri hutan di pinggir pantai dengan pesona menawan. 

Setelah melewati Pantai Bantol akan melewati daerah rawa dan sungai yang kering ketika kemarau. Kemudian, sampailah di pantai mungil nan cantik bernama Pantai Kedung Celeng

Nah, Pantai Kedung Celeng bisa jadi adalah tempat peristirahatan kedua yang lumayan asyik sebelum berjalan lebih jauh lagi ke Pantai Pulodoro. Dari Pantai Kedung Celeng kembali menyusuri jalan setapak di hutan pinggir pantai yang masih asri hingga sampai di Pantai Pulodoro yang sangat luas, lapang dan indah. 

Pantai pulodoro Malang
Garis Pantai Pulodoro
Tempat wisata pantai di Malang ini sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada paling ujung membuatnya masih tampak alami dan cenderung sepi. Garis pantainya panjang terhampar membatasi jernihnya air laut dan putihnya pasir pantai. Barisan tebing dengan hijaunya suasana mengobati panas  yang terasa di bibir pantai.

Di tengah Pantai Pulodoro terdapat sebuah pulau karang besar yang membuat lengkungan pada garis pantainya bak setengah lingkaran. Sehingga ketika air surut, seperti terbentuk sebuah jalan ke bukit karang, memisahkan garis Pantai Pulodoro yang panjang, sekaligus menjadi spot menarik untuk foto.

Pantai pulodoro Malang
Amazing View
Pemandangan yang membentang di sepanjang garis pantainya sangat menawan. Sebagai pantai selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia, ombak di Pantai Pulodoro tidak terlalu besar. Kontur Pantai Pulodoro cukup landai dengan jarak ombak yang jauh, sehingga aman untuk bermain-main di tepi pantai. 

Selepas pulau karang besar, pemandangan lautan yang lapang membentang lurus menjadi pembatas antara cakrawala dan lautan. Jauh di tengah laut, terdapat sebuah pulau karang. Mungkin itu kenapa pantai ini disebut Pantai Pulodoro. 

Pantai pulodoro Malang
Jernihnya Laut Pantai Pulodoro
Meski harus mengalami perjalanan yang melelahkan, Pantai Pulodoro memang salah satu destinasi wisata pantai di Malang yang patut dikunjungi. Berada di tepi hutan pekat membuat nuansa alami masih terasa. kadang terdengar suara burung-burung di balik pekatnya hutan, berpadu dengan sapuan ombak pelan pantai yang membuat nyanyian alam semakin sempurna.


Pantai pulodoro Malang
Cheers...

Tips Wisata di Pantai Pulodoro :
  1. Akses ke Pantai Pulodoro bisa dilalui motor maupun mobil. 
  2. Bawalah bekal untuk perjalanan sampai ke Pantai Pulodoro.
  3. Pakailah sandal anti selip. Kadang jalan setapak di hutan becek karena terendam air laut pasang.
  4. Bawalah pelindung kepala untuk menghindari panas terik yang menyengat saat siang hari.
  5. Meski ombak tidak terlalu besar, tidak disarankan untuk berenang. Jika ingin berenang, di bagian paling ujung Pantai Pulodoro cukup minim ombak.
  6. Di ujung Pantai Pulodoro banyak bulu babi, berhati-hatilah saat berenang. 
  7. Pantai Pulodoro masih alami, sehingga tidak ada fasilitas apapun di area pantai. Jadi, jangan mengotori area pantai atau melakukan vandalisme.
  8. Jika ingin camp atau pulang terlambat sebaiknya berkomunikasi dengan petugas lebih dahulu.  

>