Pantai Kedung Celeng Malang - Sensasi Snorkeling di Pantai Selatan

Pantai Kedung Celeng Malang. Nama Kedung Celeng mungkin terdengar aneh tapi bagaimana kalau tempat wisata ini justru menawarkan panorama alam yang indah?. Yah... bernama Kedung Celeng bukan berarti akan ditemukan hewan babi disini. Kedung Celeng merupakan salah satu tempat wisata pantai di Malang yang cukup unik karena di pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar ini, bisa melakukan aktivitas berenang maupun snorkling
Pantai Kedung Celeng
Tempat wisata pantai Kedung Celeng berada di Jalan Raya Banjarejo, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Malang. Rute ke Pantai Kedung Celeng dari Kota Malang ke arah Kepanjen atau Pantai Ngliyep. Setelah melewati Desa Pagak akan menemukan pertigaan ke arah Pantai Ngliyep, ambil arah lurus ke Desa Banjarejo. Dari sini, perjalanan akan didominasi jalan makadam hingga sampai ke area wisata. 

Di area parkir yang luas, perlu berjalan lagi untuk sampai ke Pantai Kedung Celeng. Di area ini, ada 4 Pantai Tersembunyi di Malang yang bisa dikunjungi sekaligus selain Pantai Kedung Celeng yang  tentunya memiliki pesona yang tak kalah menarik. Pantai selatan Malang selalu menarik perhatian, bukan?. Sebelum Pantai Kedung Celeng, berjalan ke dari area parkir ke area pantai memang perlu dilakukan, tapi bukan area pantai Kedung Celeng karena sebelum Pantai Kedung Celeng, ada Pantai Mbantol yang menawarkan panorama khas pantai selatan sebagai pembuka perjalanan. 

Menelusuri Pantai Mbantol, perjalanan akan menelusuri hutan mangrove di sisi danau air payau. Perjalanan tidak terlalu jauh sampai akhirnya tiba di Pantai Kedung Celeng. Pantai Kedung Celeng merupakan pantai berpasir putih dengan air laut yang bening yang membuat karang dibawahnya tampak jelas. Di tengah Pantai Kedung Celeng terdapat bukit karang. Hal itu membuat ombak di Pantai Kedung Celeng cenderung tenang, sehingga bisa melakukan aktivitas berenang maupun snorkeling, asal tidak terlalu ke tengah. Bibir pantai Pantai Kedung Celeng bersatu dengan bukit karang ditengah, sehingga garis pantainya tidak lurus seperti pantai-pantai pada umumnya, tetapi membentuk dua lengkungan. So, where do you wanna swim?
Cekungan Pantai Kedung Celeng
Memiliki air laut yang bening ditambah dengan kontur pantai yang tidak begitu dalam merupakan salah satu nilai plus dari tempat wisata pantai di Malang ini. Dengan suasana teduh di pinggir pantai, suasana yang tenang dan panorama perbukitan hijau yang mengelilinginya, membuat siapapun betah berlama-lama bercengkerama di Pantai Kedung Celeng. Menyaksikan biota-biota laut berlalu lalang diantara karang-karang yang indah akan menjadi pemandangan yang sangat menarik. Bukan hanya berenang, snorkeling dan berjemur saja, sesekali mencoba camping juga menjadi kegiatan yang sangat menarik di Pantai Kedung Celeng Malang. 

Suasana yang masih asri dan natural menjadikan Pantai Kedung Celeng layaknya surga tersembunyi di Malang selatan. Bosan bercengkerama?, melanjutkan perjalanan ke Pantai Pulodoro sepertinya bisa menjadi solusi. But, sit for a moment to enjoy!.
Cheers...

Tips Wisata ke Pantai Kedung Celeng Malang :

    1. Tempat wisata Pantai Kedung Celeng bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tetapi mendekati area parkir, jalan sangat sempit sehingga cukup sulit jika dilalui dua mobil bersamaan dengan arah yang berbeda.
    2. Bawalah makanan dan minuman sebelum ke Pantai Kedung Celeng karena di lokasi pantai yang sepi tidak ada warung.
    3. Kamar mandi ada di area parkir dan area Pantai Mbantol.
    4. Bawalah pelindung kepala dan sunblock karena cuaca sangat panas di garis pantai.
    5. Karang di sisi Pantai Kedung Celeng cukup tajam. Pakailah sandal anti selip dan berhati-hatilah jika ingin naik ke karang untuk berfoto.
    6. Bawalah alat snorkeling atau kacamata renang, karena tidak ada tempat persewaan alat.
    7. Jarak aman untuk berenang dan snorkeling ada di jarak 10-20 meter dari bibir pantai dengan kedalaman sekitar 1-2 meter.
    8. Sebaiknya tidak melakukan aktivitas air terlalu jauh dari bibir pantai. Karena ombak pantai selatan terkenal sangat besar. Tetap waspada, berhati-hati dan tetap jaga jarak aman.
    9. Jika ingin camping, konfirmasilah lebih dahulu dengan petugas di pos area parkir.
    10. Jangan membuang sampah atau melakukan vandalisme karena pantai ini masih alami dan jaga kebersihannya.


    EmoticonEmoticon