Mengeksplore Pesona 4 Pantai Tersembunyi Malang Selatan

4 Pantai Tersembunyi Malang Selatan. Kota Malang tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan. Kota yang bersebelahan dengan Kota wisata Batu ini juga menyimpan banyak pesona alam cantik di bagian pesisir selatan. Tidak sedikit tempat wisata pantai di Malang selatan yang dibuka sebagai tempat wisata. Pantai-pantai yang letaknya tersembunyi'pun perlahan mulai menampakkan keindahannya. Memiliki pantai indah di seluruh pesisirnya, mengunjungi beberapa pantai'pun tidak mustahil untuk dilakukan, salah satunya wisata pantai yang ada di  Donomulyo, Malang Selatan.
Pantai Watu Seling Buceng
Tidak jauh berbeda dengan Pantai 3 Warna - Pantai Gatra - Pantai Clungup yang bisa dieksplore dengan sekali jalan, wisata pantai di Donomulyo juga menyajikan 4 wisata pantai yang bisa dieksplore sekaligus, yaitu Pantai Watu Seling Buceng, Pantai Bantol, Pantai Kedung Celeng dan Pantai Pulodoro. Setiap pantai tersebut memiliki pesona tersendiri dan pastinya sangat menarik untuk ditelusuri satu-persatu.

4 pantai indah tersebut berada di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Donomulyo, Malang Selatan, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, memang harus dibutuhkan perjuangan dan kesabaran karena akses jalan yang tidak begitu baik. Mendekati lokasi wisata pantai di Malang ini, akses jalan akan berubah dari aspal mulus ke jalanan berbatu yang berkelok masuk ke daerah perkebunan dan perbukitan hingga sampai di pos registrasi.

Pos registrasi berupa area parkir yang cukup luas dengan beberapa fasilitas di sekitarnya seperti warung-warung makan dan kamar mandi umum. Mungkin tidak ada yang mengira bahwa tempat wisata tersembunyi di Malang ini sudah dikelola dengan baik karena bertambahnya wisatawan yang mulai mengunjungi pantai-pantai tersebut dari waktu ke waktu. 
Area Parkir
Sebuah pohon besar menjulang di tengah area parkir untuk menunjukkan arah lokasi 4 wisata pantai tersebut. Pantai Bantol, Pantai Kedung Celeng dan Pantai Pulodoro berada dalam satu arah, sedangkan Pantai Watu Seling Buceng berada di arah yang lain (kekiri). Kedua arah tersebut bisa diakses dengan jalan kaki karena jaraknya tidak terlalu jauh. 

1. Pantai Watu Seling Buceng

Tempat wisata Pantai Seling Buceng ada di sebelah kiri lokasi parkir dan jaraknya juga tidak terpaut jauh. Tidak seperti pantai yang lain, Pantai Watu Seling Buceng tidak banyak memiliki pasir putih untuk bermain-main. Tekstur Pantai Watu Seling Buceng hampir seluruhnya ditutupi oleh batuan karang datar. Pantai yang tidak begitu luas ini dihiasi bukit di kedua sisinya. Ketika air laut surut, dataran karang akan terhampar luas. Pada beberapa sisinya terhampar dataran lumut yang baru saja muncul karena surutnya air laut. Berpadu dengan sinar senja mentari, menciptakan view yang sangat istimewa.
Pantai Watu Seling Buceng Saat Surut

2. Pantai Bantol

Selain Pantai Watu Seling Buceng, Pantai Bantol merupakan pantai yang terdekat dengan lokasi parkir dan hanya berbeda arah. Pantai Bantol memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas dengan pemandangan laut lepas dengan ombak keras khas pantai selatan. Terdapat danau air payau yang terkumpul dari beberapa sungai kecil di sekitarnya. Danau ini berada di sebelah kanan panta dan bersebelahan dengan hutan mangrove yang biasanya jarang ditemukan di pantai selatan jawa. Benar-benar sebuah paket komplit yang bisa dinikmati sambil menunggu terbenamnya Sang Surya.
Pantai Bantol
Area Danau Air Payau

3. Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng berada di sebelah kanan Pantai Bantol. Untuk ke Pantai Kedung Celeng, bisa melalui jalur setapak melewati area hutan mangrove yang di sisi tertentu sangat menarik layaknya film horor. Pantai Kedung Celeng merupakan pantai pasir putih dengan air laut yang sangat bening. Meski area pasir putihnya tidak seluas Pantai Bantol, Pantai Kedung Celeng justru menawarkan hal yang menarik yaitu snorkeling. Pantai bergaris melengkung ini memiliki bukit karang di tengah yang menahan laju ombak. Sehingga, meski pantai selatan, gelombang di Pantai Kedung Celeng sangat tenang.
Pantai Kedung Celeng

4. Pantai Pulodoro

Pantai Pulodoro adalah pantai di sebelah kanan Pantai Kedung Celeng. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang seperti pantai Bantol, tetapi pada bagian tengahnya, ada sebuah bukit karang seperti pulau kecil, sehingga tekstur garis pantai melengkung indah seperti Pantai Kedung Celeng. Gelombang di Pantai Pulodoro cenderung tenang, sehingga aman untuk berenang di pinggiran pantai. Pemandangan laut lepas dihiasi oleh bukit karang yang berada jauh di tengah pantai. Lokasinya yang paling jauh membuat Pantai Pulodoro cenderung sepi dan tenang, sehingga sensasi pantai pribadi bisa dinikmati disini.
Pantai Pulodoro
Laut Lepas Pantai Pulodoro
4 wisata pantai di Malang selatan itu bisa dinikmati dalam sekali jalan karena lokasinya yang bersebelahan. Dengan adanya fasilitas yang cukup memadai, mengeksplore 4 pantai sekaligus tidak menjadi impian semata. And it looks like these hidden beaches will no longer be able to hide.
Cheers...

Tips Wisata di Pantai Watu - Bantol - Kedung Celeng - Pulodoro :
  1. Jika ingin menelusuri 4 pantai dalam satu hari, sebaiknya berangkat pagi hari dari kota Malang.
  2. Akses jalan berbatu bercampur cor-cor'an bisa dilalui mobil. Lebih nyaman jika menggunakan kendaraan roda 2 karena jalan sempit dan hampir tidak bisa dilalui 2 mobil berdampingan sekaligus.
  3. Selain di area parkir, ada kamar mandi umum di Pantai Bantol yang bisa digunakan.
  4. Bawalah logistik yang cukup untuk mengeksplore karena ke Pantai Kedung Celeng dan Pantai Pulodoro lumayan jauh.
  5. Bawalah topi atau payung untuk melindungi dari panas menyengat di siang hari.
  6. Lokasi snorkeling paling strategis ada di Pantai Kedung Celeng. Pastikan tetap berada di area aman dan tidak terlalu jauh dari bibir pantai.
  7. Berhati-hatilan saat berenang di Pantai Pulodoro karena banyak bulu babi di dasar lautnya.
  8. Jika ingin camp, sebaiknya konfirmasi ke petugas. 
  9. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan, karena lokasi wisata pantai di malang ini masih alami, meski kini mulai tampak sampah di beberapa area.
Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Mengeksplore Pesona 4 Pantai Tersembunyi Malang Selatan"

Post a Comment