>

Bukit Waung Modangan - Sensasi Terbang di Pantai Selatan

Bukit Waung Modangan. Destinasi wisata olahraga dipadu pemandangan menawan hadir di Malang. Selain paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu, kini Kabupaten Malang juga memiliki spot wisata olahraga yang tidak kalah keren, yaitu Bukit Waung. Bukan hanya sekedar untuk penggemar paralayang, bukit yang memiliki view pantai selatan ini juga dipoles untuk wisatawan yang ingin sekedar bersantai dan wisata ringan sambil menanti senja. Jika Yogyakarta memiliki Bukit Gupit, Pantai Parangtritis dengan spot paralayang berada tepat di sisi pantai, Malang memiliki Bukit Waung dan Pantai Modangan
Bukit Waung Modangan
Bukit Waung
Bukit Waung atau dikenal sebagai Paralayang Pantai Modangan terletak di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyp, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berada sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Malang. Pantai Modangan berada di ujung barat Kabupaten Malang, berbatasan dengan Kabupaten Blitar. Masih tergolong tempat wisata baru di Malang, belum ada transportasi umum untuk ke Bukit Waung. Untuk ke Bukit Waung, dari Kota Malang bisa menggunakan dua alternatif rute, yaitu :

  1. Kepanjen - Pagak - Donomulyo
  2. Kepanjen - Sumberpucung - Karangkates - Donomulyo

Akses jalan yang dilalui tidak jauh berbeda dengan wisata pantai selatan di Kabupaten Malang lainnya. Didominasi perbukitan naik turun dengan jalan yang penuh tikungan, jalan akan berubah menjadi makadam mendekati tempat wisata Bukit Waung. Meski akses jalan cukup menyusahkan, perjalanan akan terbayar setiba di puncak Bukit Waung.


Bukit Waung memiliki ketinggian sekitar 210 mdpl. Tiba di atas puncak bukit ini, akan disambut dengan lokasi take off yang menjadi andalan utama wisata Bukit Waung, sementara tempat landing ada di atas pasir Pantai Modangan. Melakukan paralayang di Bukit Waung pastinya menjadi sensasi yang sangat menarik, sekaligus memberi kesan yang berbeda. Tidak hanya mempertontonkan ketangaksan atlet paralayang saja, siapapun yang paralayang juga bisa terbang sambil menikmati eksotisme Pantai Modangan yang indah. Keunikan lain paralayang di Bukit Waung yaitu, setelah take off di bukit, bisa landing di bukit lagi. Namun, itu jika kondisi anginnya bagus.
Bukit Waung Modangan
Area Take Off
Diresmikan pada November 2017 lalu, Bukit Waung menjadi destinasi wisata di Malang yang mulai populer. Tidak hanya dikhususnya untuk para atlet ataupun penggemar hobi paralayang, siapapun bisa mencoba terbang jika ingin merasakan sensasi berbeda menikmati indahnya Pantai Modangan. Kondisi angin di atas Bukit Waung terbilang bagus, tida terlalu ekstrem, sehingga cocok untuk pemula maupun atlet profesional. Tarif untuk paralayang yaitu Rp. 350.000 (2018) dengan pemandu. Namun, untuk terbang, tetap harus memperhatikan kondisi cuaca. 
Bukit Waung Modangan
Atraksi Paralayang
Selain mempertontonkan pesona alam pantai selatan dari ketinggian dan atraksi paralayang, Bukit Waung juga menyediakan ruang bagi penggemar selfie. Ada area tak jauh dari lokasi take off yang memang disediakan untuk selfie dengan adanya bebapa atribut buatan yang sengaja dipasang dengan latar belakang lautan Samudera Indonesia serta kawasan hutan jati yang menawan. 

Tempat wisata Bukit Waung Modangan terus dikembangkan dengan adanya fasilitas yang sudah tersedia seperti tempat parkir luas, mushola, warung kuliner, gazebo dan homestay. Kebersihan tempat wisata di Malang ini juga masih sangat terjaga. Menikmati pesona alam dan aksi atlet parlayang'pun bisa dinikmati sambil bersantai di hadapan Samudra Indonesia yang membentang.
Bukit Waung Modangan
I Love You... Bukit Waung

Tips Wisata di Bukit Waung :

  1. Sebaiknya gunakan kendaraan roda dua karena kondisi jalan makadam yang cukup susah.
  2. Usahakan kendaraan dalam kondisi fit karena ada mendekati lokasi puncak Bukit Waung, jalan makadam cukup menanjak curam. Wajib berhati-hati ketika naik maupun turun dengan kendaraan. 
  3. Perhitungkan cuaca ketika hendak melakukan paralayan. 
  4. Bulan Oktober - April adalah bulan saat sangin mendukung untuk paralayang.
  5. Ada ojek yang disediakan untuk ke lokasi landing di Pantai Modangan
  6. Saat musim hujan, jalan ke Bukit Waung cukup licin, jadi wajib berhati-hati. Selain itu di area wisata juga becek, gunakan sandal anti selip.
  7. Jangan mengotori area wisata maupun melakukan vandalisme. 

Related

Lintas Kota 5010134053928993096

Post a Comment

emo-but-icon

Wajib Dibaca

Recent

Comments

Artikel Terbaru

About Me

My photo

Traveler | IG : @traveladdict_ce
item