>

Pantai Modangan - Eksotisme Tak Berujung Dari Bukit Waung

Pantai Modangan Malang. Malang selatan memang dikenal memiliki banyak wisata pantai yang indah. Disamping beberapa pantai yang sudah populer, kini ada beberapa wisata pantai di Malang yang sudah jadi bahan perbincangan para traveler, salah satunya adalah Pantai Modangan. Bagaimana tidak, pantai yang memiliki keindahan alam serta fasilitas olahraga ini mulai dilirik tidak hanya dari kalangan pecinta pantai tapi juga penggemar olah raga paralayang.
Pantai Modangan Malang
Pantai Modangan

Pantai Modangan berada di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Jawa Timur. Berada sekitar 65 kilometer sebelah barat daya kota Malang. Pantai Modangan berada di ujung barat Kabupaten Malang, berbatasan dengan Kabupaten Blitar. Masih tergolong tempat wisata baru di Malang, belum ada transportasi umum ke Pantai Modangan. Untuk ke Pantai Modangan, dari kota Malang bisa menggunakan dua rute alternatif :
  1. Kepanjen - Pagak - Donomulyo
  2. Kepanjen - Sumberpucung - Karangkates - Donomulyo
Akses jalan yang dilalui tidak jauh berbeda dengan wisata pantai selatan di Kabupaten Malang lainnya. Didominasi perbukitan naik turun dengan jalan yang penuh tikungan, jalan akan berubah menjadi makadam mendekati tempat wisata Pantai Modangan dan Bukit Waung. Sebelum tanjakan curam ke Bukit Waung, arah ke Pantai Modangan masuk ke jalan setapak di kanan jalan. Jalan setapak sempit ini cukup curam dan licin. Namun, hanya jalan ini yang umum digunakan wisatawan lain untuk ke Pantai Modangan. 

Pantai Modangan ada di perbatasan antara Malang dan Blitar. Pantai ini adalah tempat bermuaranya Sungai Modangan dan menjadi pemisah kedua wilayah di Jawa Timur tersebut. Pantai Modangan terbilang unik, batuan yang ada di lokasi ini adalah jenis batuan andesit berlapis yang terbentuk dari lelehan gunung berapi yang membeku. Selain itu, Pantai Modangan juga menjadi tempat landing olahraga Paralayang dari Bukit Waung
Pantai Modangan Malang
Sisi Kiri Pantai Modangan
Bibir Pantai Modangan cukup panjang dengan area pasir putih yang luas. Di area kiri pantai merupakan area pasir putih yang lembut dan indah. Sedangkan di area kanan pantai didominasi batuan hitam yang indah dan sebuah muara yang airnya jernih. Pantai Modangan memiliki ombak yang keras dan indah. Belum banyak fasilitas penunjang yang ada di Pantai Modangan, tetapi kini mulai dilakukan pengembangan wisata.
Pantai Modangan Malang
Pesisir Pantai Modangan
Pantai Modangan dikenal bersejarah karena berhubungan dengan pasukan Diponegoro. Konon, pada tahun 1850'an setelah perang berakhir, sebagian besar pasukan Diponegoro menyembunyikan diri di sepanjang selatan Pulau Jawa, salah satunya di pantai ini. Mereka melakukan makan bersama di dekat hutan tersebut. Nama Modangan'pun tercipta dari madang yang berarti makan bersama.

Bercengkerama di tepian pantai sambil menikmati ganasnya ombak Pantai Modangan maupun memancing di tepi pantai merupakan hal menarik yang bisa dilakukan. Namun, jangan lewatkan momen sunset di pantai ini. Pantai Modangan cukup ideal pagi pemburu keindahan matahari terbenam. 
Pantai Modangan Malang
Cheers...

Tips wisata Pantai Modangan Malang :

  1. Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalur makadam dan sempit. Pastikan kondisi kendaraan baik karena tanjakan cukup curam.
  2. Ada jasa ojek yang mengantar dari Bukit Waung ke Pantai Modangan.
  3. Saat musim hujan, jalur ke Pantai Modangan cukup licin, jadi wajib berhati-hati. 
  4. Selain tempat parkir, belum ada fasilitas lain karena masih dalam ttahap pengembangan. Untuk makanan dan minuman tersedia di warung Bukit Waung yang terdekat.
  5. Tidak disarankan untuk berenang.
  6. Jangan mengotori area pantai dengan sampah ataupun melakukan vandalisme. 


Related

Pantai 5392316788112531081

Post a Comment

emo-but-icon

Wajib Dibaca

Recent

Comments

Artikel Terbaru

About Me

My photo

Traveler | IG : @traveladdict_ce
item