Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Barat - Manusia Lembah

Mengenal 10 Gunung Tertinggi di Jawa Barat

10 Gunung Tertinggi di Jawa Barat. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki kontur tanah lebih tinggi dibandingkan daerah lain di Pulau Jawa. Selain dikenal sebagai tempat jalan-jalan, Jawa Barat dikenal memiliki pegunungan yang akrab dengan para pendaki. 

Gunung di Jawa Barat rata-rata memiliki ketinggian antara 1000 - 2000 mdpl dan banyak dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Itulah kenapa gunung di Jawa Barat juga banyak menjadi sasaran para pendaki.

Wisata alam berupa pegunungan dan pendakian di Jawa Barat cukup ramai. Setidaknya ada sekitar 364 gunung dan bukit yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Sebagai daerah cincin api, Jawa Barat juga memiliki gunung berapi yang tentunya dengan trek yang cukup menantang bagi para petualang. 

Berikut daftar 10 gunung tertinggi di Jawa Barat :

1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Gunung Ciremai berada di wilayah Kabupaten Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl dan merupakan gunung berapi yang masih aktif. Puncak Gunung Ciremai berupa bibir kawah yang landai dan cukup lebar. 

Gunung Ciremai memiliki empat jalur pendakian resmi dengan trek yang tidak mudah. Trek yang paling terkenal di Gunung Ciremai adalah Tanjakan Bapa Tere yang masuk daftar Tanjakan Unik Pegunungan di JawaBaca : Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati

2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango
Gunung Pangrango berada di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung Pangrango berketinggian 3.019 mdpl dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede - Pangrango. Di Gunung Pangrango terdapat Lembah Mandalawangi yang menyajikan hamparan edelweis indah dan selalu menjadi lokasi tujuan para pendaki.

Selain keindahan pesonanya, Gunung Pangrango juga menyimpan cerita sosok Soe Hok Gie, seorang aktivis demonstran yang abunya ditebar di Lembah Mandalawangi, bahkan beberapa tulisannya sangat memotivasi para pecinta alam. Baca : Pendakian Gunung Pangrango via Cibodas

3. Gunung Gede

Gunung Gede
Gunung Gede masuk di dalam kawasan Taman Nasional Gede - Pangrango. Gunung Gede berketinggian 2.958 mdpl dan berseberangan dengan Gunung Pangrango. Gunung Gede memiliki kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang dan Kawah Baru. 

Jika di Gunung Pangrango ada Lembah Mandalawangi, maka di Gunung Gede ada Alun-alun Surya Kencana. Area ini banyak ditemukan edelweis dan sering dijasikan tempat camping para pendaki. Baca : Cara Boking Online Pendakian Gunung Gede - Pangrango

4. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray berada di wilayah Kecamatan Cikajang, Dayeuh Manggung dan Bayongbong. Gunung berketinggian 2.821 mdpl ini merupakan gunung kerucut yang tidak aktif. Puncaknya berupa area datar tidak terlalu luas yang terdapat sebuah pos bangunan. 

Sunrise di puncak Gunung Cikuray lumayan indah dengan pesona Gunung Papandayan di sebelahnya. Sayangnya di puncak Gunung Cikuray dikotori oleh coretan-coretan vandalisme. Baca : Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Gunung berapi ini berketinggian 2.665 mdpl dan menjadi salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Garut. Bukan hanya untuk pendakian, tapi juga eksotisme alamnya yang menarik.

Gunung Papandayan dikenal dengan Hutan Mati yang tersisa dari letusan yang pernah terjadi. Ladang hutan mati dan Alun-alun Tegal Alun merupakan spot paling menarik di Gunung Papandayan yang menyajikan pesona unik dan luar biasa indahnya. Baca : Menelisik 3 Pesona Gunung Papandayan yang Eksotis


6 Gunung Kendang

Gunung Kendang

Gunung Kendang berada di Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Gunung Kendang berketinggian 2.617 mdpl dan merupakan Gunung Berapi stratovolcano. Puncak gunung yang disebut juga dengan tanah tertinggi di Bandung ini menyajikan hamparan teh hijau di jalur pendakiannya.

7. Gunung Patuha

Gunung Patuha
Gunung Patuha berada di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian 2.440 mdpl. Gunung Patuha atau Gunung Sepuh memiliki kawah yang sangat eksotis bernama Kawah Putih.  Kawah ini berwarna putih akibat campuran unsur belerang, sehingga bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, faktor suhu dan cuaca. 

8. Gunung Guha

Gunung Guha
Gunung Guha merupakan gunung berapi yang bersebelahan dengan Gunung Kendang. Gunung ini memiliki ketinggian 2.397 mdpl. Tidak ada catatan sejarah mengenai meletusnya gunung ini. Diduga harimau jawa masih hidup di gunung ini. 

9. Gunung Malabar

Gunung malabar
Gunung Malabar berada di Banjaran, Kabupaten Bandung. Gunung berapi ini berketinggian 2.329 mdpl dan memiliki banyak puncak yaitu Puncak Malabar, Puncak Mega, Puncak Puntang dan Puncak Haruman. Gunung ini adalah inspirasi dari nama kereta api Malabar yang melayani rute Bandung-Malang.

10. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Gunung Guntur berada di Sirnajaya, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Gunung berapi tipe stratovolcano ini memiliki ketinggian 2.249 mdpl dan pernah menjadi gunung paling aktif di Pulau Jawa pada tahun 1.800an. Gunung Guntur memiliki kaldera besar dan dalam yang berasal dari bekas letusan. 

Itu adalah 10 Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang selain memiliki keindahan alam yang berbeda, juga menyajikan trek pendakian yang cukup menantang. Meski dikenal sebagai gunung yang ramah pendaki, untuk melakukan pendakian ke gunung-gunung tersebut tetap harus memerlukan stamina yang baik. So, where to go?