Pesona Pulau Menjangan – Wall Diving Terbaik Bali Barat - Manusia Lembah

Manusia Lembah

Catatan perjalanan, Info Pendakian Gunung dan Tempat Wisata di Indonesia

Pesona Pulau Menjangan – Wall Diving Terbaik Bali Barat

Pulau Menjangan Bali Barat. Ingin wisata menikmati keindahan pantai yang memanjakan mata? ditambah pesona bawah laut yang tak kalah indahnya? dan semua itu berbaur dengan adat budaya yang juga bisa disaksikan? Welcome to Menjangan Island!. 

Pulau Menjangan merupakan tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi untuk pecinta diving. Pulau yang dikenal sebagai wall diving terbaik di Bali Barat ini memiliki taman bawah laut penuh warna yang akan membius para penyelam.


Pulau Menjangan Bali
Pulau Menjangan terletak di Taman Nasional Bali Barat, perbatasan antara Jembrana dan Buleleng. Pulau ini bisa ditempuh dari Bali ataupun dari Jawa, tepatnya di pesisir Banyuwangi.


Transportasi ke Pulau Menjangan

Ada beberapa alternatif transportasi ke Pulau Menjangan, tergantung dari mana berangkatnya, dari Bali atau Banyuwangi. 
  1. Dari Bali : Bisa menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat di pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Teluk Terima, atau naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang. 
  2. Dari Banyuwangi : Bisa ditempuh dari Pantai Watu Dodol, Pantai Bangsring dan Pantai Kampe. 



Info & Tips :
  • Speedboat dari Pelabuhan Lalang ditempuh sekitar 20 menit ke Pulau Menjangan. Ada yang memasang tarif sharing boat Rp. 450.000/orang untuk minimal 2 orang. Termasuk dermaga, tiket masuk, perahu, guide, peralatan snorkeling, minuman ringan dan makan siang. 
  • Speedboat dari Teluk Banyuwedang ditempuh sekitar 30 menit dari Gilimanuk atau 2 jam dari Singaraja. 
  • Bagi yang naik transportasi umum dari jalan utama Gilimanuk - Singaraja, harus naik ojek ke Pelabuhan Banyuwedang.
  • Speedboat dari Pantai Watu Dodol ditempuh sekitar 45 menit dengan tarif sekitar Rp.225.000/orang, termasuk sewa kapal, peralatan snorkeling dan tiket masuk. 
  • Jika dari Grand Watu Dodol, harga paket open trip Pulau Menjangan sekitar Rp.250.000/ orang, minimal 2 peserta. Termasuk alat snorkeling, pelampung, tiket lokal, makan 2x dan air mineral.
  • Batas sewa perahu dari Banyuwangi lebih panjang, tidak seperti jika melalui Bali. Sehingga lebih puas wisata di Pulau Menjangan. Selain itu bisa mengunjungi wisata lain seperti Pulau Tabuhan dan Pantai Bangsring
  • Dari Pantai Bangsring, ada pilihan paket yang bisa dipilih untuk ke Pulau Menjangan dengan fasilitas lengkap dengan tarif Rp. 1,3 - 2 juta, dengan kapasitas kapal 4 - 10 orang. 
  • Jika dari Pantai Kampe memang sedikit rumit, tetap cukup ekonomis. Rutenya mengikuti jalan di sebelah kanan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Pesawaran. Dari Pantai Kampe ada pilihan paket ke Pulau Tabuhan, Pulau Menjangan atau keduanya. 
  • Tarif ke Pulau Menjangan sekitar Rp. 1 juta PP/perahu, biasanya termasuk alat snorkling dan life jacket. Jika datang berdua, sebaiknya menunggu barengan agar bisa sharing cost

Dari Banyuwangi, wisata ke Pulau Menjangan dengan speedboat membutuhkan waktu sekitar 40 menit sampai dengan 1 jam tergantung cuaca dan berat muatan. 


Pesisir Taman Nasional Bali Barat

Pulau Menjangan Bali

Berlayar menuju Pulau Menjangan, beberapa spot menarik akan nampak, mulai karang laut hingga megahnya pura Ganesha di atas tebing Pulau Menjangan Bali. 

Taman Nasional Bali Barat memiliki luas sekitar 190 kilometer persegi dan merupakan titik paling utara di bagian barat Pulau Bali. Sesuai namanya, di pulau ini banyak terdapat menjangan - sejenis rusa, yang biasanya keluar di musim panas. Namun, itu dulu sampai akhirnya pulau ini dijadikan Taman Nasional untuk melindungi habitat mereka. 

Hal itu tentu juga mempengaruhi wisatawan yang datang ke pulau indah di Bali ini. Wisatawan hanya diperbolehkan di pesisir Menjangan, agar tidak merusak ekosistem yang ada. Hm... tidak merugikan juga, karena bawah laut Pulau Menjangan ini disebut-sebut sebagai yang terindah di Bali!


Pesona Wisata Pulau Menjangan Bali

Bali memang tak ada habisnya jika membicarakan tentang pantai, adat budaya dan bawah laut. Pulau Menjangan tak hanya menyimpan keindahan di darat dan laut saja, tetapi di pulau ini juga terdapat pura yang ditandai dengan patung Ganesha di tepi tebing yang menjadi ciri khas berlibur di Pulau Menjangan. 



Laut di Pulau Menjangan terbilang bersih dan bening. Air lautnya berwarna biru menampakkan daratan bawah lautnya yang berpasir putih dan berbagai biota laut cantik yang siap menyapa. Dengan latar belakang barisan gunung di Pulau Jawa, panorama memikat ini tentu saja memanjakan siapapun yang datang.

Sangat jelas bahwa pulau yang dijaga keasliannya ini selalu ramai wisatawan, mulai dari wisatawan domestik hingga mancanegara. Berbagai fasilitas pendukung pun sudah ada di area dermaga pulau. Menikmati indahnya pulau dan adat budaya Bali yang selalu menarik perhatian, ah... pasti menjadi liburan impian!.


Spot Diving Pulau Menjangan

Pulau Menjangan Bali

Hal terkeren di Pulau Menjangan adalah bawah lautnya. Tentu saja!. Mungkin hampir tidak ada wisatawan yang berlibur di Pulau Menjangan tanpa mengintip langsung bawah lautnya yang begitu indah. 

Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang sepanjang 10 km. Menurut News Discovery, pulau indah di Bali ini masuk dalam 10 tempat penyelaman terbaik di dunia!. Ingin mencoba snorkeling ataupun diving, selalu ada tempat yang memuaskan di pulau ini. 

Berikut 3 spot diving terkenal di Pulau Menjangan :


1. Eel Gardens 
Berada di kedalaman 40 meter dan disebut-sebut spot terbaik. Letaknya berada di sebelah barat Pulau Menjangan. Spot ini kaya akan gorgonia, kumpulan garden eel, sea fans dan biota laut lain yang pastinya sangat cantik. 

2. Secret Bay
Cocok untuk penggemar macro diving, karena cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dan pasir berlumpur di dalam laut. Tempatnya masih sangat alami.

3. Anchor Wreck
Ingin mencari harta karun seperti di film?, jadilah penyelam profesional dan jelajahi Anchor Wreck!. Lokasi ini khusus penyelam berpengalaman dan profesional. Itu berarti, tak semua yang datang ke Menjangan bisa ke spot  ini.  

Disini terdapat bangkai kapal yang tenggelam pada abad-19, lengkap dengan jangkar dan peti-peti berisi perabot keramik. . Diduga, kapal ini dulunya digunakan Belanda untuk mengangkut budak dari Bali ke Jakarta. 

Pulau Menjangan Bali

Snorkeling?, Why Not!

Sedangkan untuk snorkeling, menceburkan diri dan berenang menjauh sedikit dari dermaga saja sudah tampak taman bawah laut yang indah. Terumbu karang dan palung laut bisa terlihat jelas dari permukaan. Biota laut berupa ikan-ikan yang ada di dekat dermaga juga lebih berwarna. 

Jika kurang puas, langsung saja mencari spot dengan perahu yang ada, seperti spot di dekat gua kelelawar ataupun di dekat Patung Ganesha.



Snorkeling ataupun diving di Pulau Menjangan Bali sangat mengasyikkan karena tenangnya gelombang dan suhu air laut yang tidak terlalu dingin, jadi meski berlama-lama tidak akan jadi masalah. 

Beberapa penghuni bawah laut seperti ikan nemo, bulu babi, bintang laut dan biota laut lainnya. Melihat ikan nemo dengan warna khasnya bersembunyi di balik anemon hingga warna warni ikan kecil hilir mudik keluar masuk karang, menjadi pemandangan yang sangat menarik. 

Siapapun bisa memberi makan ikan secara langsung sekaligus merasakan sensasi asyiknya ketika ikan-ikan kecil berwarna warni berlalu lalang di sekitar anda untuk mengambil makanan. Ini menjadi pengalaman menarik wisata di Pulau Menjangan Bali yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk penikmat adrenalin, spot di dekat dermaga Pulau Menjangan Bali yang tidak terlalu dalam ini berbatasan langsung dengan palung laut. Mengapung di atas palung sambil merasakan sensasi berada di atas jurang, amazing.

Jika beruntung, bisa melihat langsung hiu, penyu laut dan gerombolan jackfish. Masih kurang?, cobalah menelusuri goa-goa dengan diving.

Pura Agung Pingit Klenting Sari

Pulau Menjangan Bali

Selain menikmati keindahan alam bawah laut Bali, ada juga wisata spiritual yang bisa dikunjungi yaitu pura di pinggir tebing dengan patung Ganesha yang sangat mencolok dan pasti terlihat ketika berkunjung di Pulau Menjangan.

Pura Agung Pingit Klenting Sari dengan Patung Sang Hyang Ganesha setinggi 15 meter berdiri kokoh di ujung pulau, dimana terdapat juga Pagoda Agung Dewi Kwan Im. Patung Ganesha dipercaya sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan asri. 

Setiap hari purnama atau hari raya Hindu lainnya, warga di Desa Pejarakan yang tinggal di sekitar Pulau Menjangan Bali selalu melakukan sembahyang di pura. 

Untuk ke pura, perahu akan berhenti di dermaga, kemudian berjalan kaki naik ke lokasi pura. Kini, dermaga sudah tidak bisa digunakan dan untuk ke pura melewati dermaga di sisi bukit yang lain. Jika ingin memasuki area pura, maka harus menggunakan sarung khas Bali.

Ada sekitar 8 pura di Pulau Menjangan. Salah satu yang paling mencolok adalah Pura Ganesha dengan dominan warna putih yang menjadi ikon Pulau Menjangan. Tertarik kesana? ketahui dulu kapan masa peribadatan umat Hindu. 

Sebagai pulau tidak berpenghuni dan minim akomodasi,tidak banyak fasilitas yang ada karena tempat wisata ini juga masih dalam tahap pengembangan. Rahasia lain yang ada di Pulau Menjangan yaitu, they're waiting for you guys !

Pulau Menjangan Bali
Cheers...


Tips Mengunjungi Pulau Menjangan :

  1. Pilih bulan April sampai November jika ingin berkunjung ke Pulau Menjangan. Pada bulan tersebut biasanya cuaca sedang baik.
  2. Bawalah bekal makanan dan minuman untuk keperluan logistik. 
  3. Bawalah perlengkapan obat – obatan pribadi dan krim tabir surya.
  4. Siapkan alat snorkeling atau diving yang bisa disewa di resort terdekat atau membawa sendiri.
  5. Karena belum ada penginapan, bawalah tenda jika ingin bermalam di Pulau Menjangan. 
  6. Taati peraturan yang ada di Pura Agung Pingit Klenting Sari, seperti tidak membuat gaduh di area Pura dan berpakaian sopan jika masuk ke salam. 
  7. Merupakan pulau tak berpenghuni, jagalah kebersihan di area wisata, jangan merusak terumbu karang dan jangan melakukan vandalisme. 

Informasi Wisata Pulau Menjangan : 

  • Lokasi : Taman Nasional Bali Barat, Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali (Map : Klik Disini)
  • Kawasan : Taman Nasional Bali Barat.
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : -
  • Aktivitas : Diving, snorkeling, camping, bersantai, bermain pasir, susur goa, memancing, sembahyang.
  • Fasilitas : Gazebo
  • Penginapan : Watu Dodol Hotel (BWI), Bangsring Breeze (BWI), The Menjangan (Bali), Plataran Menjangan Resort & Spa (Bali).
  • Wisata Sekitar : Pulau Tabuhan, Watu Dodol, Pantai Bangsring

Baca Juga : 
>