Top 8 Wisata Bali Populer yang Cocok Untuk Para Petualang - Manusia Lembah

Top 8 Wisata Bali Populer yang Cocok Untuk Para Petualang

Bali memang tak pernah kehilangan daya tarik pagi para wisatawan. Terkenal sebagai surga tropis di Indonesia, beragam keindahan wisata Bali bisa dinikmati mulai dari pantai eksotis hingga pegunungan yang menawarkan trekking menantang. Selain menjadi tempat bersantai, pulau dewata ini juga menjadi destinasi impian para petualang!.

Tak hanya terkenal akan pesona pantai yang menawarkan pengalaman snorkeling dan surfing yang menantang, masih ada taman nasional dan berbagai gunung di Bali yang menawarkan tantangan alam seru. Kegiatan menyusuri hutan, lembah, sungai hingga menyaksikan flora fauna langka menjadi aktivitas menarik yang banyak diminati. Bali memang destinasi yang tidak boleh dilewatkan karena berbagai aktivitas seru selalu menunggu wisatawan.

Wisata Bali untuk Para Petualang

 

1. Bali Butterfly Park


Bali Butterfly Park

Lokasi : Br.Sandan Lebah, Jl. Batukaru, Sedandan, Kabupaten Tabanan (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 08.00 - 17.00
HTM : Rp. 100.000


Kawasan wisata Bali ini tidak begitu luas tetapi sejuk dan memiliki daya tarik edukasi. Sesuai namanya, Bali Butterfly park didesain nyaman sebagai habitat kupu-kupu. Menariknya, ada tempat penetasan dimana kupu-kupu menetas setiap harinya.

Selain itu ada serangga lain berupa kumbang badak, belalang kayu raksasa, serangga daun dan berbagai ngengat lainnya. Beberapa ngengat bisa didekati, menjadikannya tempat yang cocok bagi pecinta alam dan serangga yang ingin menjelajahi kekayaan biologis menakjubkan di Bali.

2. Desa Trunyan


Desa Trunyan


Lokasi : Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 08.00 - 17.30


Ingin mengunjungi hal yang berbeda di Bali?, kunjungi saja Kuburan Trunyan di Desa Trunyan. Untuk kesana, bisa menyewa speedboat melintasi Danau Batur. Ritual pemakaman desa ini sangat unik, karena jenazah hanya ditempatkan di dalam bambu terbuka dan dibiarkan membusuk di bawah pohon beringin besar.

Meski begitu, aroma pohon beringin mampu menutupi bau tubuh yang telah membusuk. Tradisi pemakaman di Desa Trunyan ini banyak menarik wisatawan. Sebaiknya menyewa jasa guide atau ikut paket wisata Bali untuk menghindari pungli yang banyak dikeluhkan wisatawan.

3. Gunung Agung




Lokasi : Jungutan, Kec. Bebandem, Kabupaten Karangasem (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 24 jam


Suka mendaki gunung?, cobalah tantangan di Gunung Agung!. Gunung berapi tertinggi di Bali ini dipercaya sebagai gunung suci, sehingga untuk pendakian wajib menyewa jasa guide. Di kaki Gunung Agung ada Pura Besakih, yaitu kompleks pura terbesar di Bali.

Ada tiga jalur pendakian yaitu Pura Besakih, Pura Pasar Agung dan Budakeling, tetapi Pura Besakih menjadi yang paling populer karena akan mengantar ke puncak tertingginya 3.142 mdpl. Membutuhkan waktu sekitar 10 jam pendakian dari Pura Besakih hingga ke puncak tertinggi, dan tentunya dibutuhkan perjuangan ekstra karena trek yang sangat curam.

4. Gunung Batur


Gunung Batur


Lokasi : Batur Sel., Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 10.000


Gunung Batur merupakan wisata Bali yang sangat populer dengan panorama sunrise spektakulernya. Memiliki trek yang tidak terlalu berat, gunung cantik ini menjadi favorit wisatawan dengan pemandangan eksotis serta sejarahnya sebagai gunung berapi purba. Ada lima jalur pendakian Gunung Batur, yaitu via Pasar Agung, Toya Bungkah, Serongga, Bukit Mentik dan Black Lava.

Setiap jalurnya memiliki tantangan yang berbeda, dan jalur Toya Bungkah bisa dicoba untuk pendaki pemula dengan lama pendakian sekitar 2-3 jam. Sudah banyak jasa guide yang bisa dicari untuk mengantar ke gunung ini dan tidak perlu camping untuk dapat menikmati pesona alamnya. Banyak spot menakjubkan yang bisa dinikmati dari puncaknya!.

5. Nusa Dua Tanjung Benoa


Tanjung Benoa


Lokasi : Jl. Segara Kidul No.3x, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 24 jam


Ingin seru-seruan di pantai?, cobalah beragam wahana seru di Pantai Tanjung Benoa. Wisata Bali terpopuler ini menawarkan watersport menantang , seperti banana boat, jet sky, parasailing, flying fish, fly board, rolling donut, sea walker dan sebagainya. Tentu harus membawa budget yang cukup jika ingin mencoba semua keseruannya.

Biaya wahana air Tanjung Benoa sekitar Rp. 80.000 - Rp. 600.000 tergantung aktivitas apa yang diinginkan. Jika ingin mencoba semuanya, mungkin waktu sehari kurang untuk seru-seruan disana. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang selalu siap menantang nyali terbang di atas laut hingga berjalan di dasar lautan.

6. Pulau Menjangan


Pulau Menjangan


Lokasi : Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng (Map : Klik Disini)

Area sekitar Pulau Menjangan merupakan spot snorkeling terbaik di Bali Barat yang sangat digemari wisatawan mancanegara. Menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat, kawasannya sangat asri, bersih dan indah. Banyak spot snorkeling yang bisa dicoba untuk melihat taman bawah laut yang begitu mempesona.

Ada tiga spot terkenal di pulau cantik ini, yaitu Eel Gardens, Secret Bay dan Anchor Wreck. Masing-masing menawarkan keunikan tersendiri, mulai biota laut yang unik hingga bangkai kapal yang tenggelam pada abad-19. Ada berbagai paket wisata Pulau Menjangan yang disediakan yang menawarkan snorkeling hingga diving untuk penyelam berpengalaman.

7. Sungai Ayung


Rafting Sungai Ayung

Lokasi : Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar (Map : Klik Disini)

Sungai Ayung merupakan sungai terpanjang di Bali (62 km) yang menawarkan aktivitas rafting. Sehingga ada beberapa titik start yang bisa dicoba untuk menantang arus sungai. Harga rafting juga berbeda-beda tergantung pengelola masing-masing titik, yaitu sekitar Rp. 175.000 - 1,7 juta rupiah!.

Dari berbagai medan, titik yang paling asyik ada di Ubud. Perjalanan menyusuri sungai memakan waktu 3-4 jam dan akan menjumpai tebing kecil, pepohonan, curug, dan bendungan. Arung jeram di tengah latar belakang hutan belantara akan membuat pengalaman semakin seru dan menantang!.

8. Ubud Monkey Forest


Ubud Monkey Forest Bali


Lokasi : Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar (Map : Klik Disini)
Buka / Tutup : 08.30 - 18.00
HTM : Rp. 20.000 - Rp. 60.000


Mandala Suci Wenara merupakan kawasan cagar alam dan komplek candi yang menarik untuk dikunjungi. Memiliki luas sekitar 27 Ha, ini adalah wisata di Ubud yang paling populer. Ada sekitar 300 lebih kera ekor panjang yang terdiri dari empat kelompok dan masing-masing menghuni kawasan berbeda.

Kegiatan trekking di tengah hutan adalah aktivitas yang banyak digemari karena menawarkan suasana tenang nan asri. Menikmati suasana sambil melihat tingkah monyet ekor panjang sangat menarik untuk dilakukan. Namun, tetap waspada dengan barang bawaan ya!.

Tips :


  1. Pertimbangkan waktu kunjungan. Saat high season atau musim liburan, tempat wisata pasti ramai dan untuk menikmati mungkin kurang nyaman karena harus antri.
  2. Bawa pakaian yang sesuai untuk melakukan aktivitas outdoor.
  3. Siapkan anggaran lebih jika berencana menyewa guide dan mencoba wahana-wahana seru. Pertimbangkan budget untuk menyeberang Danau Batur jika ingin ke Desa Trunyan.
  4. Hormati buday dan adat istiadat lokal. Beberapa wisata Bali mewajibkan wisatawan mengikuti tata tertib setempat, misalnya menyewa guide, tidak merusak, mencemari area wisata dan sebagainya.
  5. Jika berencana sewa motor di Bali, maka cari rental mobil & motor yang terpercaya dan pilih sesuai budget.
  6. Jika kamu berencana menginap di area wisata bersama keluarga, cari penginapan murah di Bali, sesuaikan dengan budget.
  7. Untuk liburan yang lebih praktis dan menyenangkan bisa ikut paket tour Bali dengan beragam destinasi.
  8. Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Bali yang unik di masing-masing tempat wisata.
  9. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan vandaslisme.