Pantai Midodaren Tulungagung, Cantik dengan Resort Eksotik - Manusia Lembah

Pantai Midodaren Tulungagung, Cantik dengan Resort Eksotik

Tulungagung merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal dengan pesona alamnya yang memukau. Dikelilingi perbukitan, hamparan sawah dan pantai cantik di bagian selatan, menciptakan landscape yang cocok untuk liburan. Adanya Jalur Lintas Selatan membuat pantai selatan Tulungagung menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya Pantai Midodaren.

Wisata Tulungagung ini bersebelahan dengan Pantai Gemah dan menjadi tujuan banyak wisatawan. Pengelolaan yang baik, fasilitas memadai dan kawasan yang luas, membuat siapapun bakal betah berlama-lama di pantai. Tidak hanya sebatas tempat bersantai saja, berbagai aktivitas seru bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu.

Pantai Midodaren Tulungagung

Lokasi & Rute


Pantai Midodaren berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju kesana sangat mudah dan bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Langsung arahkan kendaraan ke JLS melintasi jalur Pacitan - Trenggalek - Tulungagung.

pantai selatan 

Sudah ada petunjuk arah yang sangat jelas untuk sampai ke pantai. Jika kurang jelas, bisa menggunakan GPS atau bertanya penduduk sekitar. Dari terminal Tulungagung, perjalanan hingga ke pantai bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Sedangkan dari Blitar bisa ditempuh sekitar 2 - 2,5 jam perjalanan.

Akses ke area masuk kawasan wisata pantai aksesnya sangat mudah, tetapi untuk sampai ke bibir pantai, hanya kendaraan tertentu yang diijinkan. Di dekat pos ada area parkir untuk kendaraan besar seperti bus dan sudah disediakan shuttle untuk kebibir pantai. Hal ini dilakukan karena mendekati bibir pantai tanjangannya sangat curam yang mungkin menyulitkan bagi kendaraan yang kurang prima.

Daya Tarik Pantai Midodaren


pantai di tulungagung

Berada di sebelah Pantai Gemah yang sudah populer, Pantai Midodaren hadir dalam desain yang lebih modern dengan fasilitas menarik di dalamnya. Penataan area wisatanya terbilang baik dan indah dengan fasilitas lengkap seperti penginapan, cottage hingga kolam renang. Pantai yang memiliki garis panjang ini tak hanya sekedar pantai, tetapi juga taman rekreasi yang cantik dan menarik.

Aktivitas bersantai, berenang, bermain hingga olah raga bisa dengan leluasa dilakukan di area yang luas. Pepohonan teduh dan pasir putih yang panas menjadi dua area santai yang bisa dinikmati sesuka hati. Adanya wahana modern seperti kolam renang, air mancur dan sarana olah raga lainnya membuat kawasannya menjadi tempat yang asyik untuk liburan keluarga.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

 

1. Bersantai di Taman dan Berfoto


wisata tulungagung

Wisata Tulungagung ini sangat cocok untuk semua kalangan karena tempat teduh untuk bersantai sangat luas dan bisa memilih dimana ingin duduk bersantai. Kawasan bersantai ada di Taman Merah Putih dan Taman Bhayangkara. Kedua taman tersebut berada di tepi beach walk dan sangat teduh yang dilengkapi berbagai wahana permainan anak-anak.

Sedangkan di area tepian Pantai Midodaren, tepatnya di tepi beach walk, juga ada beberapa ikon menarik untuk berfoto salah satunya patung Gajah Mada. Di atas pantainya, ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sembari memandang laut biru.

2. Berenang & Bermain


wisata jawa timur

Tak hanya bisa berenang di pantai, ada juga fasilitas kolam renang anak dan dewasa yang menghadap ke pantai. Kolam renang cukup luas dan dilengkapi perosotan untuk bermain anak-anak. Di tepiannya, ada kursi santai dan payung yang bisa digunakan untuk bersantai atau mengeringkan diri. Kolam renang ini berada di sebelah cafe, sehingga menjadi spot favorit untuk menghabiskan waktu.

Pantai Midodaren Tulungagung 

Selain kolam renang ada area pancuran menari yang menjadi tempat bermain favorit anak-anak di Pantai Midodaren. Ada banyak permainan yang bisa dicoba, seperti ayunan tepi pantai, scotter listrik, playground, air mancur dan sebagainya. Bagi yang ingin suasana tradisional, ewalah delman untuk keliling pantai.

3. Mencoba Permainan & Wahana


Pantai Midodaren Tulungagung

Area Pantai Midodaren yang luas membuat pantai ini juga cocok untuk bermain ATV (All Terrain Vehicle) dan mini trail. Bahkan, di sepanjang bibir pantainya sudah banyak penyewaan ATV yang bisa dipilih. Tarif sewa sekitar 100 ribu/jam tergantung cc motor dan lokasi sewa.

Namun, perlu diingat bahwa meski garis pantainya panjang hingga Pantai Gemah, tidak diperkenankan bermain ATV dan mini trail melebihi batas wilayah pantai masing-masing. Sudah ada penjaga pantai yang siap menegur siapapun yang bermain melewati perbatasan dengan pantai sebelah.

4. Paralayang


Kegiatan satu ini sangat menguji adrenalin dan menjadi wahana seru yang bisa kamu lakukan. Berawal dari Bukit Paralayang, pendaratan biasanya ada di dekat jembatan perbatasan antara Pantai Midodaren dan Pantai Gemah. Kapan lagi menikmati indahnya pantai dari udara?.

5. Camping & Menginap di Resort


semilir resort

Aktivitas ini banyak disukai anak muda meski faktanya banyak penginapan di Pantai Midodaren. Areanya yang luas memungkinkan siapapun bisa camping di tempat terbaik sesuai selera. Tidak perlu takut juga untuk logistik karena di kawasan wisata sudah ada minimarket.

Bagi kamu yang ingin liburan lebih eksklusif, bisa juga menyewa resort yang ada disana. Ada banyak pilihan kamar di Semilir Resort  yang bisa dipilih untuk pasangan maupun keluarga. Fasilitasnya juga sangat lengkap dan tersedia mulai harga Rp. 950.000 per malam!.

Fasilitas Pantai Midodaren


Menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang populer, fasilitas di Pantai Midodaren sangat lengkap. Beberapa fasilitas umumnya yaitu area parkir luas, shuttle, warung, resto, cafe, kolam renang, air mancur, playground, penyewaan ATV, scotter listrik, sepeda listrik, mini trail dan tenda, paralayang, kamar mandi & toilet, minimarket, mushola, taman, gazebo dan penginapan.

semilir resort 

Ada berbagai jenis penginapan Pantai Midodaren dengan fasilitas yang tidak kalah menarik untuk menghabiskan banyak waktu di pantai cantik ini. Berikut tarif Semilir Resort :
 
  • Standart Room : 1 queen bed, AC, internet, tv kabel, amenities, guess supply, mini refrigerator, shower panas-dingin, sarapan 2 pax, 1 scotter set up, SDB (safe deposit box), free kolam renang & tiket masuk wisata.
  • Superior Room : 1 queen bed, set sofa, sarapan 2 pax, AC, wifi, shower panas-dingin, kulkas mini, tv kabel, amenities, guest supply, SDB (safe deposit box), free kolam renang & tiket masuk wisata.
  • Delux Room : 1 queen bed, 1 single bed di lantai 2, set sofa, sarapan, AC, wifi, shower panas-dingin, kulkas mini, tv kabel, amenities, guest supply, SDB (safe deposit box), free kolam renang & tiket masuk wisata.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional


Pantai Midodaren Tulungagung

Harga tiket Pantai Midodaren dibanderol sekitar Rp. 20.000/ orang, belum termasuk parkir. Berikut beberapa tarif yang ada di kawasan wisata pantai :
  • Kolam renang anak Rp. 15.000
  • Kolam renang dewasa Rp. 80.000
  • Sewa ATV besar (matic) : Rp. 150.000/jam.
  • Sewa ATV Kecil (manual) : Rp. 100.000/jam.

Tempat wisata di Tulungagung ini buka untuk umum setiap hari dengan jam operasional mulai 08.00 - 20.00. Untuk yang menginap di lokasi bisa sepuasnya 24 jam.


Tips :

 
  1. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi dan sore hari menjelang sunset.
  2. Bawalah uang yang cukup jika ingin mencoba berbagai wahana yang ada di pantai.
  3. Bawalah baju ganti jika ingin basah-basahan.
  4. Jangan lupa membawa penutup kepala dan sunblock untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari.
  5. Termasuk pantai selatan, disarankan tidak berenang di Pantai Midodaren Tulungagung.
  6. Berhati-hatilah saat mencoba aneka wahana dan utamakan safety.
  7. Jika ingin menikmati waktu lebih lama, bisa menyewa penginapan di Tulungagung atau menginap di Semilir Resort Pantai Midodarean.
  8. Jangan mengotori area wisata dengan membuang sampah sembarangan dan vandalisme.
  9. Jika keluar atau pulang melalui Pantai Gemah, ada biaya tambahan masuk kawasan.

Informasi Wisata Pantai Midodaren Tulungagung :

 
  • Lokasi : Besuki, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Buka / Tutup : 24 jam
  • HTM : Rp. 10.000 - Rp. 20.000
  • Aktivitas : Bersantai, berfoto, camping, bermain wahana, menyusuri pantai.
  • Fasilitas : Area parkir, shuttle, warung, resto, cafe, kolam renang, air mancur, playground, penyewaan ATV, scotter listrik, sepeda listrik, mini trail dan tenda, paralayang, kamar mandi & toilet, minimarket, mushola, taman, gazebo dan penginapan.
  • Wahana : ATV, minitrail, delman, scotter listrik, sepeda listrik, paralayang.
  • Wisata Terdekat :Pantai Gemah, Pantai Klatak, Pantai Niyama.