Pendakian Gunung Kelud 1.731 mdpl via Laharpang, Puncu, Kediri - Manusia Lembah

Pendakian Gunung Kelud 1.731 mdpl via Laharpang, Puncu, Kediri

Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif yang menjadi destinasi wisata populer bagi para pendaki dan penggemar petualangan. Terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa, Gunung Kelud menawarkan pengalaman pendakian seru untuk dicoba. Ada tiga jalur pendakian yang bisa dicoba, tetapi jalur yang paling menantang dan berat adalah pendakian Gunung Kelud via Laharpang, Puncu, Kediri. 

Panorama yang indah dan kawah tosca yang menakjubkan telah mengundang banyak wisatawan dan para petualang. Setelah Gunung Kelud meletus tahun 2014, jalur-jalur pendakian dibuka untuk menikmati pesonanya. Meski terbilang sulit, tidak sedikit para pendaki yang selalu mencoba tantangan baru di setiap jalur pendakiannya.

Gunung Kelud Kediri

Keindahan kawah Gunung Kelud bisa dinikmati dari tempat wisata yang ada di Kediri, maupun dengan menembus hutan mendaki gunung. Ada tiga jalur pendakian Gunung Kelud, yaitu :
  1. Pendakian via Tulungrejo
  2. Pendakian via Karangrejo
  3. Pendakian via Laharpang

Dua jalur sebelumnya sangat populer di kalangan pendaki. Dibanding dua jalur yang lain, jalur Laharpang hadir dengan trek yang lebih menantang dan melelahkan. Bagaimana tidak?, untuk ke tiap Pos'nya wajib summit ke puncak bukit!.

Rute ke Basecamp Laharpang


Jalur pendakian Gunung Kelud berada di Laharpang, Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Rute ke basecamp sangat mudah diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ada beberapa alternatif cara ke basecampLaharpang, yaitu :
  • Dari Blitar : Bisa melalui Jl. Raya Penataran - Jl Jendral Sudirman atau lewat Wates. Jika lewat Wates lanjutkan ke arah Pasar Dermo Kabupaten Kediri, lalu belok kanan dan ikuti jalur hingga ke Desa Puncu. Lalu cari gapura wisata Laharpang dan masuklah kesana hingga basecamp di kiri jalan.
  • Dari Surabaya : BIsa melalui jalur tol Mojokerto Krian - tol Mojokerto Kertosono - Pasar Desa Kepung atau lewat Mojokerto - Trowulan - Pasar Ngoro - Wonoredjo - Pasar Desa Ngepung. Dari pertigaan pasar ke selatan menuju Desa Asmorobangun dan lanjut ke selatan hingga Puncu.

Basecamp Laharpang

Lokasi basecamp masih minim petunjuk arah. Jadi, selain menggunakan GPS, sebaiknya bertanya kepada msayarakat sekitar agar tidak tersesat.

Info & Tips :
  1. Tidak ada transportasi umum ke basecamp. Jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk kesana.
  2. Jika datang pagi, pos perijinan mungkin masih tutup. Sebaiknya menghubungi pihak basecamp H-1 sebelum pendakian.
  3. Ada jasa ojek dari basecamp ke Titik Nol pendakian yang lumayan jauh jika jalan kaki. Menggunakan ojek bisa ditempuh sekitar 10 menit. Tarif ojek Rp. 25.000 (siang) dan Rp. 30.000 (malam).

Peta Pendakian Gunung Kelud via Laharpang


Peta Pendakian Gunung Kelud

Jalur awal pendakian Gunung Kelud dimulai dari Titik Nol hingga empat pos selanjutnya yang masing-masing berada di atas bukit. Sedangkan pendakian akan melewati enam bukit sebelum tiba di Puncak Kawah. Meski harus naik-turun, pesona yang disajikan benar-benar luar biasa.


Pendakian Gunung Kelud

 

Basecamp - Pos 1


Basecamp pendakian Gunung Kelud via Laharpang berupa warung kopi dan gardu pos yang ada di kanan dan kiri jalan. Disana wajib mengurus registrasi terlebih dahulu, tetapi untuk mengisi logistik harus turun ke toko atau warung terdekat. Jadi sebaiknya siapkan logistik sebelum memulai pendakian.

Ojek dari basecamp akan melewati perkebunan penduduk dan melipir jalan setapak ke atas, arah Titik Nol. Jalannya sempit, berliku dan rimbun. Jalur berdebu yang naik-turun ala motocross akan mengantar hingga tanjakan terakhir di Titik Nol.  

titik nol pendakian
Titik Nol

Titik Nol merupakan area terbuka dengan gardu yang cukup lebar. Disana tampak Gunung Cilik atau lokasi Pos 1, yang akan menjadi tujuan pendakian awal. Awal pendakian, harus summit ke puncak bukit yang cukup curam. 

Dari Titik Nol pendakian menanjak ringan hanya beberapa meter saja, karena setelah itu trek menanjak curam dan rimbun hingga Pos 1. Tidak ada area datar untuk beristirahat sebelum sampai di puncak bukit di dekat area Pos 1.

Pos 1 Gunung Kelud
Pos 1 - Gunung Cilik
 

Puncak Gunung Cilik merupakan area datar yang sedikit terbuka menampakkan pemandangan perbukitan. Tak jauh dari sana, tiba di Pos 1 - Gunung Cilik, yang lumayan lapang untuk beristirahat.

Pos 1 - Pos 2


Dari Pos 1 - Gunung Cilik, pendakian Gunung Kelud via Laharpang dilanjutkan menembus rerumputan panjang, melipir lereng hingga ke ujung. Di ujung puncak sebelum turunan, area terbuka dan menampakkan panorama perbukitan yang indah.

Panorama bukit hijau seperti piramida serta perbukitan hijau di sekitarnya membentang indah di depan. Jalur pendakian kemudian menuruni punggungan Gunung Cilik untuk kembali menanjak ke bukit selanjutnya menuju Pos 2. Turunan lumayan curam dan wajib berhati-hati.

Pos 2 Laharpang
Pos 2 - Pondok Klakah
 

Sampai di bawah, hutan lebat dengan pepohonan tinggi kembali menyapa. Jalur kembali menanjak bukit hingga Pos 2. Pos 2 - Pondok Klakah, merupakan area yang lumayan lebar dan cocok untuk beristirahat. Areanya tidak terbuka, jadi tidak ada yang bisa dinikmti kecuali pepohonan yang menangkupinya.

Pos 2 - Pos 3


Selepas Pos 2, jalur pendakian Gunung Kelud via Laharpang kembali menuruni bukit menembus rerumputan dan perdu liar. Di beberapa titik hutan rapat ini, ada papan bertuliskan "Awas kanan kiri jurang". Jalur pendakian masih berupa jalan setapak sempit yang kembali menanjak menuju Pos 3.

Jalur pendakian akan melewat jalur terbuka di sebelah kanan, menyajikan panorama perbukitan hijau yang indah. Trek akan berlanjut ke hutan dengan tanjakan curam. Bahkan, ada satu titik yang dipasang tali untuk membantu naik dan turun para pendaki, mengingatkan akan Tanjakan Bapa Tere di Gunung Ciremai.

Pos 3 Laharpang
Pos 3 - Anggrungan
 
Jalur pendakian Gunung Kelud via Laharpang dari Pos 2 ke Pos 3 memang panjang. Ini adalah jalur yang mempertemukan lutut dan dagu, Baru setelah mendekati Pos 3, treknya melandai. Pos 3 - Anggrungan, merupakan area agak lebar di jalur pendakian yang bisa untuk beristirahat sejenak.

Pos 3 - Pos 4


Jarak Pos 3 dan Pos 4 tidak terpaut jauh. Dari Pos - 3, trek jalan setapak berupa tanah padat mulai bercampur dengan bebatuan kecil. Trek kembali menanjak hingga di Pos 4. Pos 4 - Gemplakan merupakan area lapang dengan tanah kerikil yang tidak terlalu teduh.

Pos 4 Gunung Kelud
Pos 4 - Gemplakan
 

Pos 4 - Puncak Gajah Mungkur


Dari Pos 4, ada plang peringatan "Awas kanan kiri jurang" yang harus diperhatikan. Di area ini akan kembali turun dan naik ke bukit di depan. Jalur pendakian Gunung Kelud via Laharpang dari Pos 4 lumayan terbuka, kembali menampakkan perbukitan hijau yang indah.

wisata gunung kelud 

Trek berupa tanah kerikil. Mendekati puncak bukit, area terbuka. Perbukitan hijau dan puncak-puncak Gunung Kelud yang gersang tampak dari kejauhan. Bahkan, jalur pendakian ke Puncak Kelud juga tampak tidak jauh lagi, meski faktanya masih cukup jauh.

Puncak Gajah Mungkur merupakan area yang pas untuk camping, karena area ini luas dan lapang. Kerikil menutupi area ini dan hanya sedikit rumput dan pepohonan yang tumbuh. Untuk ke Puncak Kelud, ada satu bukit lagi yang harus dilewati.

Gajah Mungkur
Puncak Gajah Mungkur

Puncak Gajah Mungkur - Puncak Kawah


Dari Gajah Mungkur trek kembali menurun landai untuk melewati satu bukit hijau di depan. Jalur pendakian Gunung Kelud di area ini sudah terbuka, menyikan rumput panjang dan pohon perdu liar. Pemandangan perbukitan di sekitarnya sangat indah, apalagi sampai di puncak bukit.

Puncak Gunung Kelud 

Trek kembali menurun, menampakkan jalur pendakian ke puncak Kelud yang tampak jauh di depan. Di bawah bukit, pemandangan sekitarnya sangat indah. Sejauh mata memandang, perbukitan Gunung Kelud benar-benar memanjakan mata. Ini adalah batas vegetasi, dimana satu tanjakan lagi akan sampai puncak.


Setelah melintasi jalur kerikil dan batuan cukup panjang, Pendakian Gunung Kelud via Laharpang tiba di puncak kawah dengan ketinggian 1.607 mdpl. Dari puncak tampak kawah hijau kebiruan, jalur wisata dari Kediri, hingga puncak dari dua jalur pendakian yang lain. Meski gersang dan panas, panorama perbukitan hijau yang berpadu dengan kawah cantiknya mampu menyejukkan mata dan menghapus semua kelelahan.

Tips :

 
  1. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan. Untuk jalur Laharpang bawalah trecking pole.
  2. Tidak ada sumber air di jalur pendakian Gunung Kelud via Laharpang. Jadi lengkapi logistik, khususnya air sebelum tiba di basecamp
  3. Sangat direkomendasikan menyewa jasa ojek PP, karena trek pendakian sangat beras dan menguras tenaga. Jarak dari basecampke Titik Nol juga sangat jauh dan bercabang.
  4. Pakailah pelindung kepala, karena selepas vegetasi sangat terik saat cuaca cerah.
  5. Lokasi yang bisa untuk camp di Gajah Mungkur.
  6. Jika ingin tektok sebaiknya mulai di bawah jam 8 pagi.
  7. Jangan membuang sampah sembarangan di sepanjang jalur pendakian Gunung Kelud dan jangan vandalisme.
  8. Jalur mendaki ke puncak sama lelahnya dengan jalur turun. Berhati-hatilah saat turun karena jalur terbilang curam dan cukup licin.
  9. Cobalah kenikmatan kopi Laharpang yang dijual di basecamp Ada beragam jenis kopi khas yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh atau dinikmati di tempat.

Kawah Gunung Kelud
Cheers...

Vidio Pendakian Gunung Kelud via Laharpang : Klik DISINI

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Kelud via Laharpang :

  • Basecamp - Titik Nol : 10 menit (ojek)
  • Titik Nol - Pos 1 : 50 menit
  • Pos 1 - Pos 2 : 50 menit
  • Pos 2 - Pos 3 : 1 jam 55 menit
  • Pos 3 - Pos 4 : 45 menit
  • Pos 4 - Puncak Gajah Mungkur : 25 menit
  • Puncak Gajah Mungkur - Puncak Kelud : 45 menit

Informasi Pendakian Gunung Kelud via Laharpang :

 
  • Tinggi : 1.731 mdpl
  • Tipe : Stratovolcano tipe A
  • Wilayah : Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang.
  • Letusan Terakhir : Februari 2014
  • Puncak : Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kawah
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Gajah Mungkur
  • Durasi Pendakian Normal : 1 hari.
  • View Gunung : Kawah Gunung Kelud
  • Lokasi Basecamp Laharpang : Laharpang, Puncu, Kec. Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp Laharpang : 0822-2824-9321 (Pak Eko)
  • Simaksi : Rp. 15.000
  • Wisata Sekitar : Kebun Anggrek Nusa Orchid, Bukit Ongakan Kediri, Wisata Waduk, Wisata Goa Nippon.