5 Pantai Unik dan Populer di Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Mendengar nama Alas Purwo, tentu membuat sedikit begidik tentang mitos di dalamnya dan juga hutan yang angker. Ya... nama alas purwo memang identik dengan hal mistik, tetapi hal ini juga tidak salah. Alas Purwo memiliki arti hutan pertama atau hutan tertua di pulau Jawa, sehingga penduduk sekitar percaya jika Alas Purwo adalah tempat tinggal Jin di Pulau jawa. Namun, Alas Purwo ternyata menyembunyikan banyak tempat memukau di balik hutan lebatnya. 


Sebagai tempat wisata alam bahari yang cukup populer, Banyuwangi dikenal dengan julukan Sunrise of Java karena letaknya yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Ada berbagai wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang menawan dan telah dikenal hingga mancanegara. Jika turis asing sudah sangat akrab dengan keindahan pantai-pantai dibalik Taman Nasional Alas Purwo, bagaimana dengan turis domestik?. Berikut adalah beberapa wisata pantai indah yang sangat terkenal di Taman Nasional Alas Purwo.


1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan pantai di Taman Nasional Alas Purwo yang paling terkenal di kalangan turis mancanegara. Pantai yang dikenal dengan nama G-Land ini terkenal karena ombak besarnya yang tinggi dan berjajar tiga lapis. Merupakan tempat terbaik di Banyuwangi untuk selancar, Pantai Plengkung sempat beberapa kali dijadikan event selancar tingkat dunia. So, ready to try surfing?.
Pantai Plengkung

2. Pantai Trianggulasi

Pantai teduh dan memiliki formasi hutan pantai yang masih lengkap merupakan tujuan para wisatawan untuk bersantai di pasir putihnya. Suasana yang sepi, pasir putih menawan dan deburan ombak selatan akan memanjakan siapapun yang datang untuk bersantai lebih lama. Meski pantai Trianggulasi tidak aman untuk berenang, pantai ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. You must try enjoyed the sunset here!.

Pantai Trianggulasi

 

3. Pantai Ngagelan

Tempat wisata pantai di Taman Nasional Alas Purwo yang menarik selanjutnya adalah Pantai Ngagelan. Seperti Pantai Sukamade di Banyuwangi, Pantai Ngagelan merupakan tempat yang tepat jika ingin menyaksikan penyu bertelur di malam hari. Ada sekitar 4 jenis penyu yang biasanya mendarat di Pantai Ngagelan yaitu penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Selain melihat penyu bertelur, melihat proses pelepasan anak penyu di Pantai Ngagelan adalah hal yang sangat menarik. Waktu yang terbaik untuk menyaksikannya adalah antara bulan Mei - September.

Penyu Pantai Ngagelan

 

4. Pantai Cungur

Jika penyu bisa disaksikan di Pantai Ngagelan, burung-burung bisa disaksikan di Pantai Cungur. Area hutan lebat dan luas merupakan habitat yang cocok bagi hewan liar. Pantai Cungur merupakan habitat sekitar 39 jenis burung liar yang kadang berada di tepi pantai pada waktu-waktu tertentu. Kapan lagi bisa melihat tingkah burung-burung liar ketika menepi di pantai? 

Pantai Cungur

 

5. Pantai Pancur

Seperti keempat pantai lain yang memiliki keunikan. Di Pantai Pancur terdapat sumber air tawar yang mengalir menembus batuan cadas. Pantai berpasir putih ini  tidak kalah indahnya dengan Pantai Trianggulasi untuk menikmati pesona sunset, karena letak kedua pantai tersebut juga tidak terpaut jauh. Pesona sunset yang menarik bisa dilihat dari atas tebing dekat pondok pengamatan Hilal. Namun, seiring bertambahnya aktivitas, pantai ini terkesan kotor. 

Pantai Pancur
Itu adalah 5 pantai unik dan populer yang ada di Taman Nasional Alas Purwo. Selain kelima pantai tersebut, Alas Purwo masih menyimpan berbagai wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungiSedikit perjuangan denga akses jalan yang cukup sulit, akan membawa anda melihat hidden paradise Taman Nasional Alas Purwo. 

Loading...

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "5 Pantai Unik dan Populer di Taman Nasional Alas Purwo"

Post a Comment