5 Spot Keren Menikmati Sunset di Labuan Bajo Flores

Labuan Bajo Flores. Siapa yang  tidak tahu bahwa Flores menyimpan banyak tempat wisata menarik?. Selain Bali dan Lombok, pulau yang dijuluki sebagai 'surga yang jatuh ke bumi' ini menjadi tujuan banyak wisatawan dari berbagai penjuru khususnya wisatawan asing. Pulau-pulau indah di sekitarnya'pun menjadi destinasi favorit yang membuat siapapun tergiur. Tak heran jika Labuan Bajo menjadi pusat pariwisata ketika menginjakkan kaki di Flores, karena sebagian besar jalur wisata bahari dimulai dari pelabuhan cantik ini.
Labuan Bajo Flores
Labuan Bajo
Labuan Bajo berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sebelum menjadi kota Labuan Bajo, dulunya Labuan Bajo merupakan ibukota Kecamatan Komodo. Kota kecil di pinggir barat Pulau Flores ini memiliki banyak fungsi seperti pusat pemerintahan, pusat pendidikan, pusat perdagangan dan pusat pariwisata.

Tentang tempat wisata di Flores, hampir semuanya dimulai dari Labuan Bajo. Mulai dari Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, dan sebagainya. Selain sebagai tempat singgah wisatawan dengan berbagai fasilitas yang menunjang pariwisata, Labuan Bajo juga menawarkan pesona pesisir pantainya yang luar biasa dan siapapun pasti tidak ingin singgah hanya sebentar saja. 

Lokasi Labuan Bajo yang strategis yaitu di ujung barat Pulau Flores, jangan heran jika disini juga memiliki view sunset yang istimewa. Bukan pusat pariwisata namanya jika sunset hanya bisa disaksikan di pinggir pelabuhan - meski pemandangan juga tak kalah indahnya. Tanpa menyeberang ke pulau lain, ada beberapa spot menarik di Labuan Bajo yang menawarkan keindahan sunset sempurna ala Pulau Flores. 

Berikut 3 spot paling populer untuk menikmati sunset di Labuan Bajo :


1. Dermaga Putih

Dermaga putih merupakan salah satu spot menarik yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Labuan Bajo Flores. Seperti namanya dermaga kayu ini berwarna putih dan menjorok ke tengah laut. Meski terbuat dari kayu dermaga putih sangat kokoh, dan tidak goyang hingga di ujung. Dermaga Putih cukup lebar dengan meja-kursi tersedia di sepanjang sisinya. Memang tepat jika dermaga putih memang disediakan untuk bersantai menikmati pesona pesisir Labuan Bajo.
Dermaga putih
Dermaga Putih
Saat senja menjelang lampu-lampu di sepanjang dermaga menyala redup seiring dengan sinar matahari yang mulai redup di ufuk barat menciptakan kesan romantis di sepanjang jembatan. Hm.... Dermaga Putih seakan memberi pesan bahwa siapapun pasti ingin kembali ke pulau cantik ini. 

2. Bukit Cinta

Bukit cinta akan membuat siapapun jatuh cinta. Ya... tak heran jika tempat ini banyak dimanfaatkan oleh pasangan muda-mudi untuk menikmati romantic sunset bersama. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan ke Bukit Cinta, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki ke puncak bukit.
bukit cinta
View Bukit Cinta
Menjelang senja, banyak wisatawan yang mengabadikan momen sunset di Bukit Cinta. Laut yang biru dengan kapal lalu lalang, perbukitan hijau serta pemandangan dari berbagai sisi bukit sangat memanjakan mata. Dinikmati sendirian atau sekedar kencan romantis, find your love on Love Hill. 

3. Bukit Sylvia

Tidak jauh besa dengan Bukit Cinta, Bukit Sylvia lebih dekat dengan pelabuhan sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor sampai kaki bukit. Kemudian dilanjutkan naik ke puncak bukit sekitar 10 menit. Dari puncak bukit, tampak pesisir pelabuhan, panorama lautan biru dan perbukitan hijau layaknya bukit teletubbies.
bukit sylvia
View Bukit Sylvia

Dari sekitar Bukit Sylvia, ada bukit lainnya yang bisa didaki dengan ketinggian yang berbeda. Cukup melelahkan memang, tapi semua akan terbayar ketika berada di puncak. Menikmati senja sambil duduk santai di atas bukit dengan panorama perbukitan pasti menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

4. Pantai Waecicu

Pantai Waecicu disebut-sebut sebagai titik terbaik untuk melihat sunset. Bentangan pasir putihnya yang landai cocok untuk berjalan-jalan sembari menunggu senja. Air laut yang jernih dengan bentangan pasir putih sekitar 1 kilometer, menikmati pantai dengan berenang tak kalah mengasyikkan. Merasakan gelombang pantai yang pelan menjadikan tempat ini cukup tenang, sehingga nuansa romantis akan tercipta saat senja menjelang.

pantai waecicu
Pantai Waecicu

5. Paradise Bar

Paradise Bar merupakan tempat sempurna yang pas untuk menikmati senja. Tempat yang berada di bibir tebing ini tepat menghadap ke laut, dengan view sunset di depan mata, alunan musik di pojok ruangan dengan segelas minuman dingin di meja.. Hm... perfect!. Berbagai obrolan dari berbagai bahasa, riuhnya para pengunjung yang bertepuk tangan maupun bernyanyi, menjadi bukti bahwa Labuan Bajo begitu International.
paradise bar
Paradise Bar
Menikmati suasana sunset yang berbeda, paradise bar namanya. Suasana elite, indah dan adanya berbagai wisatawan dari penjuru dunia kadang bisa membuat lupa bahwa kita masih di Indonesia. 

Labuan Bajo menjadi destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara, menyusul pulau di sebelahnya - Bali dan Lombok. Panorama khas Pulau Flores berupa perbukitan hijau dan padang rumput, serta lokasi strategis yang berada paling di ujung barat Pulau Flores, menjadikan Labuan Bajo layaknya surganya matahari terbenam. So, ready for waiting sunset on there?.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "5 Spot Keren Menikmati Sunset di Labuan Bajo Flores"

Post a Comment