Blog Tentang Catatan Perjalanan, Pendakian Gunung dan Tempat-Tempat Indah di Indonesia

Bukit Sylvia - Spot Sunset Spesial di Labuan Bajo

Bukit Sylvia Labuan Bajo. Sebutan 'Surga yang Jatuh ke Bumi' sepertinya memang cocok ditujukan untuk Flores. Bagaimana tidak?, salah satu pulau di Indonesia ini memiliki pesona alam luar biasa yang selalu menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara. Labuan Bajo menjadi pusat pariwisata ketika menginjakkan kaki di Flores, karena sebagian besar jalur wisata bahari dimulai dari pelabuhan cantik ini. Labuan Bajo berada di ujung barat Pulau Flores. Tak heran jika banyak tempat menarik di Labuan Bajo yang bisa dikunjungi untuk menanti senja, salah satunya adalah Bukit Sylvia. 
Bukit Sylvia Labuan Bajo
Sunset Bukit Sylvia
Bukan pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo saja yang perlu dicoba untuk dikunjungi. Singgah di Bukit Sylvia adalah salah satu hal menarik ketika senja tiba di Labuan Bajo. Bukit Sylvia berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Lokasi Bukit Sylvia tidak terlalu jauh dari pusat kota dan untuk mencapainya sangat mudah karena jalan sudah berupa aspal mulus hingga di area parkir, tepatnya di bawah bukit. Bukit Sylvia bisa diakses dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari Labuan Bajo. Bisa juga menggunakan ojek atau  angkot dengan waktu sekitar 5 menit.

Bukit Sylvia mungkin tidak cukup asing untuk didengar karena memang baru tenar dalam beberapa tahun terakhir. Seperti namanya yang unik, bukit ini dinamakan Sylvia karena di kawasan ini berdiri sebuah resort bernama Sylvia. 

Bukit ini adalah salah satu dari 5 Spot Keren Menikmati Sunset di Labuan Bajo dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Ketika senja menjelang, banyak wisatawan dan sengaja datang untuk melihat langsung panorama sunset yang mempesona. Semakin banyak wisatawan yang datang ke bukit ini, warga setempat sering menyebutnya Bukit Sylvia. Bukit Sylvia tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu susah untuk didaki. Sudah ada jalur setapak yang bisa diikuti hingga sampai di puncak bukit. 
Bukit Sylvia Labuan Bajo
View Bukit Sylvia
Bukit ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Jadi, silahkan pilih mau dimana lokasi yang pas untuk menikmati sunset. Puncak Bukit Sylvia menyuguhkan hamparan lautan luas di kawasan Labuan Bajo. Pulau-pulau kecil di sekitarnya dan perahu yang hilir mudik ke pelabuhan semakin mempercantik lautan biru yang sangat mengagumkan ini. Di sisi yang lain juga terbentang hamparan laut dikelilingi gundukan perbukitan hijau kekuningan yang memanjang di tepi laut hingga ke ujung. Lekukan pulau yang berundak-undah membuat panorama yang sangat mempesona.
Bukit Sylvia Labuan Bajo
Sisi Lain Bukit Sylvia
Pemandangan lain yang ditawarkan Bukit Sylvia  tentu saja momen sunset yang akan membuat siapapun berdecak kagum. Momen ketika senja mewarnai langit menciptakan perpaduan warna biru, ungu, jingga dan kuning. Warna cantik itu menghiasi perbukitan hijau dan lautan biru di bawah. Benar-benar momen sunset yang sangat megah. Sekedar duduk-duduk di puncak bukit sambil menikmati sunset akan menjadi sajian spesial dari bukit cantik ini. 
Bukit Sylvia Labuan Bajo
Cheers...

Tips Wisata di Bukit Sylvia Labuan Bajo :


  1. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalan sudah bagus karena sudah berupa aspal mulus. 
  2. Gunakan sandal anti selip atau sandal gunung agar nyaman ketika mendaki ke puncak bukit. 
  3. Banyak bukit di area Bukit Sylvia yang bisa dipilih untuk menikmati sunset. Jangan kawatir kehabisan spot istimewa.
  4. Bawalah pelindung kepala jika datang sebelum sore karena di atas bukit sangat panas. 
  5. Jangan mengotori area Bukit Sylvia dan jangan melakukan vandalisme. 

Loading...
0 Comments